SEBAGIAN PENGURUS CABANG DAN PENGDA JATENG – DIY

RAKERDA PBI JATENG – DIY

Pembagian Jadwal Lomba 2021 dan Kewajiban Memakai Ring PBI dan Ring BF-nya Untuk Breeder Binaan

Pada Jumat 4 Desember 2020, PBI Pengda Jawa Tengah – DIY menggelar Rakerda di hotel Crystal Lotus, Yogyakarta. Rakerda dimulai jam 15.00 dan selesai sekitar jam 22.00.

Rakerda dipimpin langsung oleh Ketua Pengda Ir. H. M. Agus Munadi atau lebih dikenal sebagai H. Agus Gamping selaku Ketua Pengda, dengan moderator Samuel Adi Nugroho, SE selaku Sekretaris Umum Pengda

“Alhamdulillah, 12 dan 14 pengurus cabang bisa hadir, semua 40 orang pengurus, yang ijin tidak hadir Tegal dan Grobogan. Termasuk para senior seperti pak Hartono Sragen yang dengan pengalamannya bisa berbagi pengalaman dan masukan untuk para pengurus yang sekarang banyak dimotori oleh generasi muda,” ujar H. Agus Gamping.

 

 

PENGURUS HARIAN PENGDA JATENG-DIY MEMIMPIN RAKERDA

 

Dalam sambutan pembukaan, H. Agus Gamping mengajak pada semua pengurus agar bisa bangga menjadi anggota PBI. “Dengan adanya rasa bangga, akan lahir loyalitas secara alamiah pada PBI.”

Ketua Umum PBI H. Bagiya Rakhmadi, SH, MH., juga berkenan hadir. Beliau juga memberikan suntikan semangat kepada para peserta Rakerda, selain mengucapkan terimakasih atas semua dukungan pada program-program PBI.

 

 

PENGHARGAAN UNTUK PENANGKAR BINAAN

 

Tak mau ketinggalan, H. Samsulhadi dari Humas PBI Pusat. H. Samsul bahkan ikut mendampingi jalannya Rakerda dari awal sampai selesai. "Kami senang sekali melihat pengurus yang didominasi generasi muda, penuh semangat. Jadi optimis PBI bakal semakin maju dan berkembang."

Rakerda berlangsung santai, penuh keakraban, namun tak kehilangan keseriusan dalam membahas berbagai permasalahan berikut mencari solusi dan kesepakatan. Salah satu contohnya, forum Rakerda ini ini juga memilih dan memberikan penghargaan kepada Fungsional dengan kategori Fungsional Pengayom, Fungsional Terinovatif, Fungsional Tegas, Fungsional Terdisiplin, dan Fungsional Humoris.

 

 

Terdapat dua hal penting yang perlu digarisbawahi dalam Rakerda kali ini. Pertama, soal wajib pemakaian ring PBI dan ring BF-nya bagi bagi para breeder binaan yang ada di setiap cabang. Kedua, soal pembagian Jadwal Lomba bagi para cabang di lingkungan Pengda Jateng – DIY.

Hasil Rakerda yang sudah disetujui dan jadi keputusan, semua breeder binaan setiap cabang di Pengda Jateng – DIY, wajib memasang ring PBI dan ring BF-nya pada piyikan yang lahir/menetas tanggal 5 Desember (pasca Rakerda) dan seterusnya.

 

PENGHARGAAN UNTUK PENGURUS FUNGSIONAL

 

Regulasi ring juga tegas, satu kaki dipasang ring PBI, satu kaki lainnya dipasang ring Farm. "Mana yang di kaki kanan dan kiri, boleh dibolak-balik. Sekali lagi, kalau pengin bisa ikut kelas khusjs Ring PBI, syaratnya itu, satu kaki ada ring PBI, satu kaki lainnya ring BF-nya, tidak boleh ada yang lain," tegas Agus.

Semua lomba yang diselenggarakan PBI Cabang yang bernaung di Pengda Jateng DIY, pasca Rakerda 4 Desember 2020, wajib menyiapkan piagam lomba di kelas ring, dengan mencantumkan tulisan NAMA BF : ... (diisi sesuai ring yang ada di burung tersebut, saat masuk 10 besar).

Menurut Samuel, forum Rakerda juga menyepakati bila keputusan di Pengda Jateng – DIY terkait kewajiban memakai Ring PBI dan menyediakan Piagam untuk kelas Ring akan dibawa ke forum Rakernas/Munas.

“Akan kami ajukan sebagai usulan dari Pengda Jateng – DIY, semoga didukung oleh Pengda lainnya sehingga bisa dijadikan peraturan yang bisa mengikat secara nasional. Kami dari Pengda Jateng – DIY ingin menjadi inisiator dalam mendukung konservasi,” jelas Samuel.

 

 

Sebelum ini, juga ada sejumlah keputusan dari Rakerda Jateng – DIY yang kemudian disepakati menjadi peraturan secara nasional. Misalnya terkait kewajiban setiap lomba PBI yang harus memberikan hadiah utuh tanpa potongan, berapa pun peserta, juga penerapan Bendera Start.

Rakerda juga menyepakati regulasi yang mewajibkan setiap calon penangkar binaan yang mau masuk PBI wajib mengajukan pemohonan Rekomendasi ke Cabang tempat mereka bernaung. Selanjutnya, Cabang tersebut juga harus melakukan monitoring keberadaan farm binaannya, serta kepedulian farm tersebut terhadap organisasi khususnya dalam hal konservasi.

 

SUASANA RAKERDA, SANTAI, AKRAB, TAPI SERIUS

 

Lomba-lomba yang akan digelar oleh cabang PBI Jateng – DIY selama masa pandemi juga wajib mengikuti aturan dan arahan dari pemerintah di daerahnya masing-masing, terutama dalam hal menerapkan protokol kesehatan.

Dari pembagian Jadwal yang sudah disepakati, selama tahun 2021 akan digelar 14 lomba mulai skala Lokal Terkendali, Lokal, dan Nasional. Ada dua lomba Lokal Terkendali yang diajukan oleh PBI Cabang Sragen dan PBI Kota Yogyakarta, 9 Lomba Lokal, dan 3 lomba Nasional yang kesemuanya digelar oleh PBI Cabang Bantul.

Adapun 4 Cabang PBI belum mengajukan jadwal lomba, yaitu Kebumen, Jepara, Tegal, dan Grobogan. Berikut Rincian Jadwal Lomba di Lingkup PBI Pengda Jateng – DIY periode 2021. [maltimbus]

 

 

LOMBA PBI JATENG – DIY TAHUN 2021

14 Februari 2021 PBI Cab. Bantul Lomba Nasional
18 April 2021 PBI Cab. Kota Yogyakarta Lomba Lokal
23 Mei 2021 PBI Cab. Sragen Lomba Lokal Terkendali
30 Mei 2021 PBI Cab. Rembang Lomba Lokal
13 Juni 2021 PBI Cab. Bantul Lomba Nasional
25 Juli 2021 PBI Cab. Kulonprogo Lomba Lokal
15 Agustus 2021 PBI Cab. Sleman Lomba Lokal
22 Agustus 2021 PBI Cab. Klaten Lomba Lokal
12 September 2021 PBI Cab. Bantul Lomba Nasional
3 OKtober 2021 PBI Cab. Sukoharjo Lomba Lokal
10 Oktober 2021 PBI Cab. Kota Yogyakarta Lomba Lokal Terkendali
17 Oktober 2021 PBI Cab. Rembang Lomba Lokal
14 November 2021 PBI Cab. Solo Lomba Lokal
12 Desember 2021 PBI Cab. Semarang Lomba Lokal

 

Hari gini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

KATA KUNCI: rakerda pbi jateng-diy

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp