PUTRI SALJU SERING TURUN BERSAMA PASANGANNYA.

Rahasia Rawatan Putri Salju, Tampil Garang Bila Berpasangan

Lovebird Putri Salju milik Multi Jaya BF mirip atlet bulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir, yang saling mengisi satu sama lain sehingga sulit dikalahkan. Inilah rahasia garang Putri Salju yang selalu tampil berpasangan.

Lovebird paud Putri Salju milik Multi Jaya BF sejatinya dua ekor. Keduanya terdiri jantan dan betina, yang usianya baru 4 bulanan. Warna dan ukuran tubuhnya juga sama persis, sehingga sulit membedakannya.

Kedua lovebird hasil ternakan sendiri itu selalu dalam satu sangkar. Jika keduanya dipisahkan sangkar, maka tidak lama kemudian keduanya akan ngekek, yang boleh dibilang bunyi ngekeknya cukup panjang.

 

 

LUPYANTO. LEBIH AHLI MERAWAT LOVE BIRD PAUD.

 

“Ini lovebird masih belajaran, tapi kerjanya cukup lumayan. Dalam beberapa latber di gantangan Mojokerto sudah beberapa kali meraih juara satu. Bahkan, belum lama ini di Ismail Cup I Wringinanom, Gresik, Putri Salu menyabet juara dua dan satu,” jelas Lupiyanto selaku pemilik Multi Jaya BF, yang nama bird farmnya tersebut diambil dari nama usaha kontraktornya.   

Lupiyanto mengaku sebenarnya tidak sengaja menampilkan lovebirdnya  berpasangan. Waktu itu, saat hendak dinaikkan ke gantangan, salah satu lovebirdnya dalam kondisi kurang fit, sementara satunya terlihat over birahi sehingga ngekeknya bagus. Karena warnanya sama persis, Lupiyanto tidak merubah nama burungnya, tetap Putri Salju. Dan ternyata hasilnya lumayan, ia bisa menyabet juara 1 di Markaz BC.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Kedua burung itu seperti saling mengisi, jika satunya tidak bagus, maka yang satunya terlihat bagus. Jika kondisinya bagus dua-duanya, bahkan Lupiyanto sering menaikkan keduanya di gantangan. Hanya saja jaraknya tidak boleh terlihat jelas dengan pasangannya, sebab bisa nabrak-nabrak sangkar saking inginnya bertemu dengan pasangannnya.

 Jika salah satu menyabet juara 1, pasangannya biasa juara 4 ke bawah. Tidak pernah keduanya menyabet juara berurutan 1 dan 2 dalam satu kelas. Tampil bareng menurut Lupiyanto membuat Putri Salju dan pasangannya makin garang dan itu membuat lelaki empat anak ini makin percaya diri dengan materi hasil breedingnya sendiri.  

 

MULTI JAYA BF DENGAN SEGUDANG PIALA YANG DIPEROLEHNYA DIBERBAGAI LOMBA.

 

Di rumahnya ada ratusan ekor burung peliharaan Lupiyanto. Dari semua jenis burungnya, lovebird memang yang paling banyak.  Di lovebird dewasa ia mempunyai Begal dan Nusantara yang tropinya banyak sekali.

Hobi memelihara burung sebenarnya sudah lama dilakoni Lupiyanto. Cucak ijo, murai batu, dan palek, memenuhi hampir seluruh sudut rumahnya yang berada di Dusun Glongongan, Desa Sumbertebu, Kecamatan Bangsal, Mojokerto.  

 

PIYIKAN LOVE BIRD HASIL TANGKARAN SENDIRI, LEBIH PERCAYA DIRI.

 

Di bawah bendera Multi Jaya BF, ia aktif mengikuti lomba tidak hanya di Mojokerto, namun juga ke Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Gresik, dan Lamongan. Jika pekerjaannya sebagai kontraktor bisa diserahkan ke anak buah, ia memilih akan turun sendiri mengawal burung kesayangannya. Tapi, jika memang pekerjaannya tidak bisa ditinggalkan,  perawat burungnya yang akan mengawal.

Meski tidak terlalu memikirkan bisnis burung yang ia ternakkan, namun Lupiyanto mengaku beberapa orang datang ke rumahnya untuk mencari bakalan lovebird yang bagus untuk dibentuk menjadi burung lomba. Beberapa permintaan lovebird dari luar daerah juga datang kepadanya. Belum lama ini, ia bahkan ada permintaan dari Jakarta untuk burung hias palegnya dan lovebird untuk penghobi Kalimantan.

 

 

Di awal Mei  2018 yang banyak agenda kontes burung berskala besar, Lupiyanto mengaku sudah menyiapkan beberapa burung gaconya. Cendet dan murai batu, Begal dan Nusantara, serta Putri Salju sudah disiapkan untuk event menjelang liburan itu.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: putri salju multi jaya bf mojokerto lupiyanto

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp