ARI KRUPUK. SAMBER NYOWO SIAP JADI PELAPIS SUROPATI

PUTRO MATARAM YOGYAKARTA + DATA JUARA

6 Kelas Murai Meriah, Pendatang Baru Samber Nyowo Unjuk Gigi

Gantangan Singosaren, adalah salah satu yang tertua di Kota Yogyakarta, masih tetap eksis. Gelaran Selasa, 13 Desember, ramai dikunjungi kicau mania dari penjuru kota Yogyakarta dan sejumlah perwakilan dari luar kota seperi Muntilan, Magelang, Klaten.

Enam kalas Murai Batu yang dibuka ramai peserta. Dua di antaranya kelas tantangan, tiket sudah habis terjual sebelum hari H. Kelas lainnya, cucak hijau, kenari juga mengeliat, dari 21 kelas yang digelar, nyaris ramai semua dari awal hingga selesai.

“Tiket kelas Murai Batu tantangan semua sudah terpesan sebelum hari H. Kita utamakan buat yang sudah pesan dulu, kecuali ada yang membatalkan baru kita berikan pada yang lain,” jelas Pandu dan Bowo sesepuh Putro Mataro Mataram.

 

SUASANA KENARI MERIAH

 

Sudah empat tahun lebih, Gantangaan Putro Mataram dipegang anak muda melenial. Bayu Arogon selaku ketua panitia berani memberikan terobosan baru, memasang juri-juri muda PBI.

Hasilnya cukup menggembirakan, nyaris selama lomba selalu berjalan lancar tanpa menuai protes berarti. “4 tahun lebih kita menggunakan juri-juri muda PBI. Alhamdulillah gelaran rutin Selasa Minggu ke-2 selalu lancar dan ramai tanpa menuai protes yang berarti. Terimakasih atas semua dukungan kawan-kawan, mohon maaf bila masih ada kekurangan, “ jelas Bayu Aragon bersama Damar.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Penampilan mengesankan diperlhatkan murai batu Samber Nyowo milik Cahyo Bengkulu. Samber Nyowo menempati gantangan pojok pinggir, tampil dengan suara keras dan lantang. Ditunjang gaya tarung sangar dengan kepala naik turun, aksi ini spontan mengundang decak kagum banyak orang, tak terkecuali para juri.

Samber Nyowo sengaja diturunkan sekali oleh Ari Krupuk di kelas utama, lansung merebut juara 1. Ari Krupuk mengungkapkan, Samber Nyowo burung baru, dipegang tiga bulan dan pertama dicoba lapangan.

Belakangan ini Ari Krupuk lebih sering lomba ke luar kota, membawa murai batu Suropati, yang juga milik Cahyo Bengkulu. “Samber Nyowo punya bos Cahyo Bengkulu, dipegang saya baru tiga bulan. Melihat penampilan tadi volume keras, gaya juga dapat, optimis bisa jadi pelapis Suropati,” jelas Ari Krupuk kepada burungnews.

 

 

Sigit Del nampak hadir menggantang murai batu Teka-Teki, yang diakui masih sedang mencari setingan yang pas. Teka-Teki diakui Sigit Del di rumah kalau bunyi vulumenya keras dan banter, hanya saja beberapa kali dicoba belum tampil maksimal.

Teka Teki sempat meraih koncer A 1 dan beberapa koncer B. “Teka-Teki kalau di rumah suaranya banter dan keras, tapi di lapangan belum mau tampil maksimal. Masih cari-cari setingan yang pas,” ungkap Sigit Del yang pernah punya jagoan handal murai batu Ojo Dumeh.

 

YUSUF AFANDI. BAGOR PASKA MABUNG REBUT JUARA 2

 

M. Yusuf dari Jalimbar SF membawa pulang juara, lewat murai batu Bagor yang menerobos barisan 2 di kelas Murai Batu C. Bagor perdana turun paska mabung, sebelum mabung Bagor menjadi salah satu jago andalan M.Yusuf.

Bagor burung yang mudah dan gampang kerja, tak heran sebelum mabung dalam satu pekan bisa turun lebih dari 5 kali di Latpresan. “Bagor sebelum mabung burung gampang banget, mudah kerja. Dulu hampir tiap hari tak bawa Latberan dan Latpresan mesti juara,” jelas M. Yusuf yang sering mengorbitkan cendet.

 

HERMAN. SIAPKAN KENARI BUAT PRES CUP

 

Kelas kenari juga meriah. Herman, spesialis kenari, di pinggir lapangan nampak serius memperhatikan jagonya setelah menggantang. “Saya coba beberapa burung bahan, saya harus perhatian dengan serius kira-kira bisa dibawa ke Prescup apa ndak,” jelas Herman yang merasa galau, belum memiliki gaco yang fix buat diturunkan ke Prescup VI.

Di kelas Cucak Hijau, ada Petir milik Agung Seturan meroket atas di kelas A. Petir terlihat tampil dominan sejak awal, diikuti Gevin Sung milik Alim Kaboe dan Marvel kepunyaan BMBS Produck.

Minggu 18 Desember, sejumlah event sudah menanti. Di Jogja ada KMS Srowolan, geser ke Magelang ada event yang diyakini bakal banjir peserta, Nona Kicau Cup 2. Di Klaten, juga berlangsung event prestisius Piala Pradana 2, menggunakan dua lapangan dan penjurian terbuka. Geser ke timur, ada Sriwedari Berkicau – Solo Peduli di Taman Sriwedari yang rencananya akan dibuka langsung oleh Walikota Solo. [busro]

 

 

DATA JUARA PUTRO MATARAM 13 DES:

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

SIGIT DEL. TEKA-TEKI MASIH DICARI SETTINGAN YANG PAS

 

JUARA 1 MURAI BATU

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

BROSUR NONA KICAU CUP 2 MAGELANG:

 

BROSUR PIALA PRADANA 2:

 

 

BROSUR SRIWEDARI BERKICAU – SOLO PEDULI:

 

BROSUR SAMURAI:

 

BROSUR TUGU MUDA CUP SEMARANG: 

 

KATA KUNCI: putro mataram yogyakarta samber nyowo

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp