MR DILLA DEBLONG DAN PAK TRI, PEMILIK ANDI DEBLONG BF

PROGRAM PELIPUTAN MMM-ANDI DEBLONG BF MOJOKERTO

Trotolan Trah MB Deblong dan Kumbang, Banyak Dipesan Penggemar Murai Batu Hingga Luar Kota

Dari seekor murai batu jantan bernama Deblong yang banyak memenangkan lomba sekitar tiga tahun yang lalu, sedikit demi sedikit Andi Deblong BF akhirnya mempunyai 13 indukan yang produktif. Dari indukan itu, trotolan dari trah Deblong dan Kumbang adalah yang paling banyak dipesan para pengemar murai batu dari berbagai daerah

Kamis, 29 April 2021, bertepatan dengan acara buka bersama di kandang breeding milik Andi Deblong BF untuk anggota MMM, Burungnews.com berkesempatan mengunjungi penangkaran murai batu yang berada di Dusun Sambiroto, Desa Wonodadi, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto tersebut.

 

 

PARA ANGGOTA MMM DI BUKA BERSAMA ANDI DEBLONG BF

 

Kandang breeding Andi Deblong BF boleh dibilang cukup sederhana. Bahan-bahannya terbuat dari asbes yang dipakai sekat burung yang satu dengan yang lain, kawat ram, dan kardus yang digunakan untuk menutup sebagian kandang agar burung tidak bisa melihat aktivas di luar.  

“Hanya bagian atas dan bawah sekitar selutut yang tidak ditutup kardus, sedang sekelilingnya full ditutup kardus. Hal ini agar burung tidak terganggu dengan aktivitas di luar kandang, sementara untuk melihat burung ke dalam, hanya dibuat cela sedikit melalui kardus yang disobek,” ucap Agus Triono, yang merupakan mitra Mr Dilla Deblong dalam usaha Andi Deblong BF.

 

 

Agus Triono menjelaskan jika semua indukan berjumlah 13 pasang, sementara baru dibangun 3 kandang lagi, namun masih berisi betina. Dari 13 indukan itu, Andi Deblong BF boleh dibilang cukup produktif dalam menghasilkan trotolan.

Sedang menurut Mr Dilla Deblong, kandang yang sederhana atau pembangunan kandang yang tidak mahal, bukan halangan seseorang untuk berhasil dalam beternak murai batu. Kuncinya menurut Mr Dilla Deblong adalah sabar, telaten, dan menguasai ilmu beternak murai batu itu sendiri.

 

MR DILLA DEBLONG, KANDANGNYA SEDERHANA

 

Membuat burung senyaman mungkin di kandangnya adalah hal yang sangat perlu dalam breeding murai batu. Karena itu kebersihan kandang, sirkulasi udara, sinar  matahari yang masuk, hingga kebersihan air minum dan mandi adalah hal yang tidak boleh disepelekan.

Sinar matahari di kandang Andi Deblong BF memang tidak bisa masuk secara langsung, tapi di atasnya dipasangi genteng kaca. Air untuk minum dan mandi juga selalu berganti setiap saat, sebab mengunakan aerator seperti akuarium yang airnya selalu berputar. Bunyi air yang mengalir menurut Mr Dilla Deblong juga seperti terapi bagi burung agar nyaman.

 

DWI REOG DARI DOY BF BERSAMA DILLA DEBLONG DAN PAK TRI

 

Mr Dilla Deblong mengaku jika trotolan dari Andi Deblong BF tidaklah terlalu mahal, hanya berkisar 3 jutaan untuk jantannya. “Trotolan yang paling dicari di kami adalah yang berasal dari indukan Deblong dan Kumbang, yang pesan bahkan sampai inden-inden,” ungkap Mr Dilla Deblong.

Mr Dilla Deblong menjelaskan jika mereka yang membeli trotolan dari Andi Deblong BF selalu digaransi jantan. Jika betina, maka boleh ditukar dan diganti biaya pakannya. “Alhamdulillah, banyak trotolan dari Andi Deblong BF yang memuaskan pembelinya di luar sana,” ungkap Mr Dilla Deblong.

 

 

Menurut Mr Dilla Deblong, pejantan yang trah juara belum tentu menghasilkan keturunan yang juara atau baik, jika betinanya tidak babon cetak. Karena itu Andi Deblong BF juga sangat memperhatikan bobot dan bibit untuk betinanya. Dari semua itu maka dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan ketelatenan dalam menghasilkan keturunan yang bisa menjadi juara.

“Saya lebih senang dengan menyebutnya sebagai indukan yang fighter (petarung), maka akan menghasilkan anakkan yang diharapkan fighter juga,” pungkas Mr Dilla Deblong yang menjadi anggota MMM sejak awal pertama komunitas ini berdiri.

 

JOKO DC (KIRI), DILLA DEBLONG DAN DJAVID BF

 

Joko DC, Ketua MMM menambahkan jika program peliputan MMM akan terus berlanjut sampai semua anggota kebagian. Dalam waktu dekat MMM juga bakal nebas satu gantangan di even Mahkota Manja Cup 4. Yang minat terhadap trotolan Andy Deblong BF menurut Joko bisa menghubungi di kontak 081332474445. [RANTO]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

MR DILLA AKRAB DENGAN SEMUA ANGGOTA

 

 

 

KATA KUNCI: prandi deblong bf mojokerto trotolan mb deblong kumbang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp