COVER PIALA RATU KALINYAMAT

PIALA RATU KALINYAMAT 1 JEPARA, #1

Bentuk Apresiasi Kepada Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional, PBI Cabang Jepara Sukses Gelar Lomba Burung Berkicau

Event perdana PBI Cabang Jepara yang bertajuk Piala Ratu Kalinyamat 1 sukses digelar pada Minggu, 14 Januari 2024 di Gantangan Tiara BC (Waterboom Tiara Park), Jepara. Apa alasan panitia memakai tajuk Piala Ratu Kalinyamat 1 di event kali ini?

Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, Gantangan Tiara BC yang berlokasi di area parkir Waterboom Tiara Park, Kalinyamatan, Jepara dipenuhi oleh kicaumania dari dalam dan luar kota pada Minggu, 14 Januari 2024 guna mengikuti lomba burung berkicau yang bertajuk Piala Ratu Kalinyamat 1.

 

 

SUASANA LOMBA PIALA RATU KALINYAMAT

 

Meski dibatasi hanya 24-G dan 36-G, kurang lebih 612 peserta ambil bagian di lomba kali ini. Apabila dikalkulasi secara garis besar, kurang lebih ada 20 kelas yang terisi penuh peserta. Hal ini merupakan bukti betapa besarnya animo dan semangat kicaumania untuk berpartisipasi di event kali ini.

 

Hati-hati, makin gencar beredar produk PALSU! Pastikan anda mendapatkan produk SUPER-N asli. Jangan ragu memastikan kepada kios/toko, minta ditunjukkan kardus yang ASLI adalah seperti di bawah ini. Perhatikan juga warna, bentuk, dan ciri BOTOL SUPER-N yang asli.

 

Kesuksesan event kali ini juga dapat dilihat dari tertib dan kondusifnya lomba dari awal sampai akhir, nyaris tanpa protes sama sekali. Sebagai event yang baru pertama kali digelar, Piala Ratu Kalinyamat 1 telah memberikan pengalaman yang berkesan bagi para peserta.

 

H. M. NICO BERSAMA PENGURUS BARU PBI CABANG JEPARA

 

Dalam sambutannya di awal gelaran, H. M. Nico selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk para peserta yang sudah ambil bagian di even kali ini. Keberanian dan semangat persaingan yang ditunjukkan oleh para peserta merupakan inspirasi untuk kita semua.

“Lomba burung berkicau kali ini merupakan wujud kebanggaan kita kepada Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Sebagaimana kita ketahui, Ratu Kalinyamat merupakan salah satu dari tiga tokoh pejuang wanita yang berasal dari kecamatan Kalinyamatan, tempat kita berdiri sekarang. Oleh sebab itu hendaknya kita tidak melupakan jasa-jasanya. Dengan adanya lomba burung berkicau ini kita ikut serta dalam melestarikan seni budaya di Jepara pada umumnya dan Kalinyamatan pada khususnya,” ungkapnya.

 

Sekilas Tentang Ratu Kalinyamat

 

Ratu Kalinyamat adalah pejuang perempuan dari Jepara yang hidup pada masa awal perkembangan Islam di Nusantara (1549-1579). Selama menjadi penguasa Jepara, ia dikenal sebagai seorang patriot, pemberani, dan ahli strategi perang yang berhasil membangun kekuatan maritim yang ditakuti oleh penjajah.

Di bawah kekuasannya, Jepara menjadi kerajaan bahari di mana rakyat hidup aman tentram dengan mengandalkan laut sebagai sumber utama penghidupan. Ratu Kalinyamat juga berhasil membangun kekuatan Angkatan laut yang besar dan kuat.

Meski daerah kekuasaannya kurang subur, Ratu Kalinyamat mempunyai empat kota pelabuhan yakni Jepara, Juana, Rembang, dan Lasem. Pelabuhan itu tidak hanya berfungsi sebagai tempat transit saja tetapi juga menjadi pengekspor gula, madu, kayu, kelapa, palawija, dan komoditas penting lain antar pulau dan antar bangsa.

Ratu Kalinyamat sangat disegani dan dicintai rakyat berkat jasanya membawa Jepara mencapai masa keemasan dengan menjadi kota pelabuhan yang maju dan dilengkapi armada yang kuat.

Diego de Conto, seorang penulis berkebangsaan Portugis menjuluki Ratu Kalinyamat sebagai "Rainha de Jepara senhora Poderosa e ride" artinya: Ratu Jepara seorang perempuan kaya dengan kekuasaan besar. Selain itu ada pula yang menyebut "De Kranige Dame" artinya: perempuan tangguh dan gagah berani yang tidak kenal takut.

 

“Lomba burung berkicau merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap keindahan alam dan suara merdu yang dihasilkan oleh burung yang merupakan bukti nyata keajaiban ciptaan Allah SWT. Dalam lomba burung kali ini, kita akan melihat berbagai macam jenis burung berkicau yang akan bertanding satu sama lain. Masing-masing burung selalu memiliki keunikan dan karakteristik suara yang berbeda sehingga kita bisa menyaksikan keragaman yang luar biasa dalam dunia burung berkicau,” lanjutnya.

 

SAMBUTAN DARI H. BAGYA RAHMADI, KETUA PBI PUSAT

 

Hal senada juga diungkapkan oleh H. Bagya Rahmadi, ketua PBI Pusat. “Hari ini ada tiga momen yang sangat penting dan menjadi catatan bagi kita semua. Pertama, Ratu Kalinyamat sudah resmi menjadi pahlawan nasional. Kedua, PBI Cabang Jepara memiliki agenda baru dan launchingnya dilakukan hari ini dengan tajuk Piala Ratu Kalinyamat. Ketiga, hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun saya. Jadi, saya minta hadiah istimewa buat kami-kami ini, agar lomba berjalan dengan baik, tertib, sesuai yang juara harus juara, jangan merekayasa, lakukan seuasi dengan juknis yang kita buat bersama,” terang H. Bagya dalam sambutannya.

 

 

Dalam kesempatan ini, H. Bagya Rahmadi juga memberikan pesan kepada generasi muda pengurus PBI Cabang Jepara agar tetap berfokus ke pelestarian dan penangkaran. “Saya pesan pada generasi muda PBI Cabang Jepara agar memegang teguh prinsip lomba hanyalah bagian untuk mengenalkan hasil dan produk. Visi misi utama kita adalah pelestarian dan penangkaran. Jangan dilupakan, kalau penangkaran dan pelestarian itu targetnya setiap tahun bertambah. Jadi setelah tahun ini kita launching kacer ring, kita akan dorong para penangkar untuk mencoba mengembangbiakkan cucak hijau yang masih masuk dalam burung yang dilindungi. Kita buktikan cucak hijau dapat ditangkarkan dan kita buktikan penangkar-penangkarnya sudah banyak. Nanti kalau hasilnya bagus kita daftarkan untuk dikeluarkan dari burung yang dilindungi,” tandasnya.

Salam lestari…

 

 

TOPSONG dengan bangga memperkenalkan TOPSONG PREMIUM kemasan baru dengan botol, dengan tambahan pengaman. Infomasi, hubungi 0813.2941.0510.

 

 

BROSUR GANGGA CUP SUKOHARJO

 

KATA KUNCI: piala ratu kalinyamat

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp