AJUAN TERBUKA PUTRA LAWU DAN BOSS SRAGEN

PIALA KEMERDEKAAN PUTRA LAWU FEAT BOSS SRAGEN

Sukses Terapkan Ajuan Terbuka, Super Hero, Cikal dan Ciung Wanara Naik Podium

Menyambut HUT RI ke-77, gantangan Putra Lawu feat BOSS Sragen menggelar lomba Piala Kemerdekaan, Minggu 21 Agustus 2022. Lomba yang sukses menerapkan sistem ajuan terbuka ini mengorbitkan beberapa jagoan lokal Sragen seperti murai batu Cikal dan cucak hijau Ciung Wanara di podium juara.

Gantangan Putra Lawu pada dua bulan terakhir memang semakin diminati semenjak menggunakan sistem ajuan terbuka di setiap latber dan gelaran spesialnya. Selain disukai oleh para peserta dan dirasa lebih fair, hampir tidak terdengar celetuk keluh kesah dan protes peserta setelah penilaian berakhir.

 

MBAH JAROT, TERIMA KASIH, TUNGGU GELARAN KAMI SELANJUTNYA

 

“Ajuan terbuka sangat menuntut kejelian dan kualitas juri yang bertugas. Saat juri melakukan penilaian di lembar tugas dan mencari beberapa burung kerja terbaik sesuai kuota jumlah peserta dengan nilai pentokan, setelah penilaian selesai dituliskan di lembar kerja sesuai nomor gantangan pilihan juri (nilai pentokan) yang kemudian ditancapkan sebagai bendera kecil di nomer gantangan, kemudian ditulis dua ajuan burung terbaik di papan yang akhirnya ditunjukkan kepada kicaumania yang hadir, dan terakhir setelah ajuan dua terbaik diperlihatkan ke penonton yang selanjutnya dilakukan eksekusi penancapan bendera koncer sesuai ajuan dua terbaik yang di tulis oleh masing-masing juri di papan tadi,” jelas Mbah Jarot.

Diakui, untuk berani menerapkan ajuan terbuka memang harus didukung skill juri dalam memantau, mendengarkan volume, materi burung, tonjolan tonjolan, durasi kerja mulai awal, tengah, akhir dan tentunya gaya sebagai pembandingnya.

 

 U-MY ASHA SOLO. MB SUPER HERO NYARIS NYERI

 

Berbekal materi yang mewah, intens bongkar lagu roll tembak dan performa stabil, murai batu Super Hero besutan U-My Asha Solo sukses merebut juara kelas utama di kelas Murai Batu Merdeka 24 G. Sebelumnya saat turun di sesi pertama Murai Batu 17 an, Super Hero harus puas berada di posisi runner up.

Meskipun bisa dibilang amunisi baru dan beberapa kali turun lapangan, penampilan Super Hero memang langsung mencuri perhatian kicaumania yang hadir. Selain karena yang membawa team dari U-My Asha Solo, beberapa peserta menyangka Super Hero adalah Barracuda, amunisi mapan lainnya milik Mr Supri Asha Solo.

“Nyoba burung baru, namanya Super Hero. Sepertinya belum sepenuhnya maksimal penampilannya, mesti dipoles lagi dan ditambah jam terbangnya,” ucap Mr Supri Asha.

 

TEAM BIROE BF. MB CIKAL HASIL BREEDING SENDIRI TERUS TUAI PRESTASI

 

Mengulang kembali prestasi saat turun di gelaran Kopdar KBBC Gondang Sragen (6/8), murai batu Cikal amunisi Biroe BF Sragen kembali meraih double winner. Kali ini tidak langsung di kawal oleh empunya Mr Suprat, didampingi oleh Iwan dan Awang ternyata Cikal kembali meraih prestasi terbaik. Turun dua sesi karena terlambat hadir, Cikal mampu memberikan tontonan yang menarik bagi para pecinta ekor panjang yang hadir di gantangan Boss Arena Sragen.

Saat turun di kelas Murai Batu Agustus, Cikal langsung tampil menggebrak dengan gelontoran materi andalan kenari, kapas tembak, cucak jenggot, cililin, prenjak tir dan cucak cungkok, sekali tembakan bisa tiga lagu. Performa Cikal langsung diganjar koncer A oleh dewan juri yang bertugas. Di sesi berikutnya yaitu di kelas Murai batu Koramil, penampilan Cikal lebih aman dengan gaya roll tembak dan kembali memperoleh kemenangan di akhir penjurian.

“Tadi datangnya terburu-buru tanpa persiapan, penampilan Cikal kurang maksimal namun masih bisa menjadi yang terbaik di dua sesi,” ujar Iwan yang didampingi juga oleh Awang.

 

 

 WIDI BALOK. MB BLACK HOLE BIKIN GEGER WARUNG SASTRO

 

Kiprah Widi Balok dari Wiwid Putra Sragen terus meroket setelah beberapa kali mengorbitkan murai batu berprestasi hasil breeding sendiri. Setelah sukses bersama Gajah Oling, Don Juan, Bolo Dewo, Dragon Ball, dan Super Boy, kini Widi Balok kembali sukses mengorbitkan jagoan anyar murai batu Black Hole di tangga juara.

Black Hole tampil menjadi yang terbaik setelah memenangi kelas Murai Batu Boss, burung yang memiliki tonjolan dominan isian kenari, love bird dan ciblek ini mampu menghipnotis penonton di pinggir gantangan.

“Edan, tadi suara tembakannya pedes sampai terdengar di warungnya Sastro, bawa lagunya lonjoran panjang-panjang, mantep banget burung yang di bawa Balok,” cetus Lucky yang kebetulan sedang berada di warung milik Sastro.

 

SAPU JAGAD BF. MB JAGUAR COMEBACK & TEBAR ANCAMAN

 

Murai batu Jaguar besutan Pandu Aji dari Sapu Jagad BF langsung mencuri perhatian tim juri sejak digantangkan di sesi pertama kelas Murai Batu 17 an. Tampil menawan dengan membawakan materi lagu rancak dengan gaya roll sujud-sujud membuatnya menjadi pemenang.

Kembali berlaga di kelas utama Murai Batu Kemerdekaan, Jaguar masih tampil menawan dan berada di posisi tiga besar. Lalu di sesi terakhir kelas Murai Batu Agustus penampilannya juga cukup bagus walaupun terlihat kelelahan dan masuk posisi empat besar.

“Alhamdulillah, Jaguar comeback di jalur juara setelah sempat lama vakum lomba. Hari ini kembali bisa bersaing di gelaran Piala Kemerdekaan, pemanasan buat ke Anniversary 3 Radja Klaten Bersinar pekan depan, semoga bisa maksimal,” terang Pandu Aji.

 

ARTHA & CANG HERI. CH CIUNG WANARA MAKIN BERTAJI

 

Performa cucak hijau Ciung Wanara semakin mapan dan stabil di tangan Artha AK 47 SF. Setelah beberapa pekan yang lalu moncer di gelaran Kopdar KBBC Gondang, dan beberapa kali di even kota Solo, kini Ciung Wanara kembali mengoleksi tropi juara 1 dan 3 di even Piala Kemerdekaan feat Putra Lawu, Boss Sragen.

“Kalo pas di bawah burung ini jarang bunyi, tapi kalo udah di gantang dan ketemu lawan pasti langsung respon. Sebelum naik cukup dipanasi sebentar, di trek dengan burung lain langsung bisa gas. Kalo ketemu lawan fighter perform Ciung Wanara makin ganas. Keistimewaan burung ini selalu tampil ngentrok, njegrik dan rajin bongkar suara besetan serta tembakan. Ngerollnya juga panjang,” jelas Artha mengurai kedahsyatan Ciung Wanara.

 

TRI VINDY. CH TIREX JR MONCER DI 2 GANTANGAN

 

Tidak kalah mewah, cucak hijau Tirex Jr milik Tri Menyeng juga meraih prestasi terbaiknya di gelaran Piala Kemerdekaan, Putra Lawu Boss Sragen. Burung yang memiliki stamina diatas rata-rata ini  berhasil mengunci juara di kelas Cucak Hijau Koramil dan unggul dari Kopling milik Faisal FBC di posisi runner up.

“Tirex Jr hari sebelum ke gantangan Boss main 3 sesi dulu di Latber BnR, tadi dapat juara 1,2,1. Setelah main di gantangan PGRI Sragen ternyata masih mau kerja bagus di Piala Kemerdekaan feat Putra Lawu. Semoga kedepan semakin stabil,” ujar Tri Menyeng.

 

SINAR MANDIRI SF. KACER BELCOTE NYERI

 

Kelas kacer walaupun kurang ramai peserta cukup menarik disimak karena yang tampil semuanya burung kerja. Belcote milik Koh Vino Sinar Mandiri SF menjadi primadona gantangan setelah meraih double winner.

Kelas kenari ramai peserta, hadirnya komunitas kenari KKSA semakin menambah semarak gelaran. Marchioddie Bayu dan kenari Jorch kembali menorehkan prestasi terbaik setelah memenangi kelas Kenari STD Bebas Putra Lawu dan runner up di kelas Kenari STD Bebas Koramil.

 

MARCHIODDIE BAYU. TORCH CIAMIK, STABIL DI JALUR JUARA

 

Galih sukses mengawal kenari Kitaro milik Nanang setelah hampir meraih double winner. Abimanyu milik Endar K3B setelah memungkasi masa mabung berhasil mencuri gelar juara di kelas Kenari STD Bebas Boss disusul oleh Sahara amunisi anyar Mabes Kamulyan yang finish pada posisi runner up dan tiga besar.

Hadirnya komunitas prenjak dan konin semakin meramaikan gelaran Piala Kemerdekaan di gantangan Boss Arena Sragen. Tiga sesi kelas Konin ramai terisi peserta, Jendral milik Gus Melik KNI Solo Raya berhasil meraih dua kali kemenangan. Sementara Oda Obunaga milik Dimas Komatsu Boyolali menjadi yang terbaik saat memenangi kelas Conin Putra Lawu B.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Kelas Prenjak di gantangan Boss Sragen juga semakin diminati peserta, pada gelaran kali ini Si Phone milik Maida dari Raja Ngalun berhasil menjadi primadona prenjak mania setelah meraih double winner.

Secara keseluruhan, gelaran Piala Kemerdekaan feat Putra Lawu dan Boss Sragen berjalan lancar dan sukses. Ajuan terbuka pada even kali ini terbukti berhasil dan memuaskan peserta yang hadir. Kepada Burungnews, beberapa peserta mengaku senang dengan sistem penjurian yang berlangsung di gantangan Boss Arena Sragen, dan berharap kedepan semakin lebih baik lagi pada kemasan lombanya.[Hery]

 

GALIH SUKSES KAWAL KENARI KITARO

 

 ENDAR K3B CREW. KENARI ABIMANYU COMEBACK PASKA MABUNG

 

MABES KAMULYAN. ORBITKAN KENARI SAHARA

 

 

TEAM JURI PUTRA LAWU

 

KOMUNITAS KENARI NGLURUG GELARAN

 

 PRENJAK MAKIN RAME PEMINAT

 

 KOMUNITAS KONIN DARI BERBAGAI DAERAH

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: putra lawu feat boss sragen

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp