CHAS WHAMEY SISTEM GANTUNG

NGETREK HWAMEY DI RUMAH

Chas Betina Gantung Lebih Efektif + Vidio

Burung hwamey jamak dichas sebelum digantang atau dilombakan. Umumnya, dichas dengan betina dengan posisi burung ditaruh di atas tanah, sebelum digantung. Menempel betina saat burung sudah digantang, sekarang sudah tidak perkenankan.

Jangankan menempelkan, memperlihatkan betina saat burung sudah pada digantang, atau bahkan sekadar membunyikan peluit suara betina, sekarang juga banyak lomba sudah tidak membolehkannya. Bisa mengganggu burung lawan yang sudah “ngancing”.

 

 

DERIK ROYAL MERAPI

 

Tetapi, bagaimana memperlakukan saat mencoba di rumah dalam rawatan harian, tentu hal yang berbeda. Itulah yang dilakukan Derik dan kru lainnya di kandang Royal Merapi Klaten.

Dengan koleksi hwamey yang lumayan bejibun, Derik mesti putar otak bagaimana ngechas calon jago dan jago-jagonya supaya bisa efisien dan efektif. “Betina kan jumlahnya lebih sedikit, karena tidak semua betina juga bisa buat ngechas dengan baik. Tidak mungkin kalau ada puluhan burung lantas dichas satu persatu, terus kapan ngetreknya, he he he,” ujarnya kepada burungnews.

 

 

Yang dilakukan adalah dengan mencoba ngechas dengan cara digantung. Jadi satu atau dua betina, buat ngechas beberapa burung dalam waktu yang sama.

“Satu atau dua betina kita gantung, terus beberapa jago kita taruh di depannya. Semua posisi di gantung. Saat ini ada sekitar 4 jago lapang, dan 6 jago muda. Lainnya lagi pada mabung. Itu kita trek terpisah,” jelasnya.

Setelah waktu ngechas dianggap cukup, betina pun ditarik atau diturunkan. Tinggalah para calon jago atau jago yang ditrek dengan suasana seperti di lomba beneran.

 

 

“Jadi ritual dibiasakan kayak waktu lomba. Biar bunyi semaunya, biar kita tahu top trek durasi berapa menit sebelum dia oncling. Untuk jago muda, ini sambil kita pantau dan seleksi juga.”

Namun sebelum itu dilakukan, pagi-pagi burung mesti diembunkan, dijemur, dianginkan, lantas mandi. Setelahnya diberi makan, barulah dichas, hingga kemudian ditrek.

Proses memandikan bisa bersamaan antara yang muda dengan yang sesama muda, yang sudah dewasa juga dengan yang dewasa. “Kalau fasilitas keramba buat mandi sih memungkinkan dilakukan hampir bersamaan.”

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

Pakan utama, Derick menggunakan Topsong Hwamey, sementara untuk EF tidak sama antara yang muda dengan yang dewasa. “Kalau yang muda sambil nyari setingan, kalau yang sudah burung lapang setingan suda ada, ya kita sesuaikan, antara satu jago dengan yang lain tidak sama.”

Jago milik Royal Merapi Klaten turun terakhir adalah di Kagum Cup Bandung, 8 Maret 2020. Salah satu jagoannya, Kyoto, merebut juara 1 di kelas Zodiak. Sebelumnya Liga Hwamey, putaran ke-1 Boyolali juara 2, putaran ke-2 Magelang juara 1.

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Setelah itu, full libur karena memang belum ada lagi lomba yang dibuka, terutama event besar yang membuka kelas hwamey. “Jadi, buat jaga konfidi dan feeling fighternya, ya kita trek secara teratur di rumah, dengan burung-burung milik sendiri dulu,” tandas Derik lagi. [maltimbus]

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: derik royal merapi tips hwamey

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp