REVISI ATURAN JURI. MUNAS DI JOGJA MEREVISI ATURAN TATA PENILAIAN

MUNAS P3SI XIX 2017 YOGYAKARTA

Raih Lima Warna Tak Perlu Tahapan

Hasil Munas P3SI di Yogyakarta menetapkan, perubahan nilai dalam lomba perkutut dari 4 warna naik ke 5 warna bisa langsung, tanpa tahapan. Pertimbangannya, burung yang sudah meraih 4 warna dianggap sudah memenuhi kualifikasi burung bagus.

Tantangan dalam setiap gelaran lomba perkutut adalah bagaimana juri bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, menentukan juara lomba dengan adil dan sesuai dengan haknya. Dalam aturan baru yang sudah direvisi, pasal yang menentukan perubahan nilai dari 4 warna untuk naik ke 5 warna tidak lagi melalui tahapan nilai seperempat (hitam) lagi.

 

 

HAK DEWAN JURI. BURUNG BISA NAIK 5 WARNA LANGSUNG, TANPA TAHAPAN

 

Setelah meraih nilai 4 warna, setiap burung jawara layak mempunyai haknya untuk langsung mendapatkan nilai 5 warna. Salah satu pertimbangan bahwa kelayakan burung yang sudah mencapai 4 warna adalah merupakan burung bagus dan untuk mencapai nilai berikutnya tidak perlu lagi melalui nilai tahapan untuk mencapai nilai 5 warna.

Kalau sudah mencapai nilai 4 warna, seekor burung jawara merupakan burung yang bagus, jadi sebaiknya langsung saja diberikan haknya 5 warna sebagai burung lomba yang benar-benar layak. Tentu harus tetap mengacu pada syarat dan ketentuan pencapaian nilai tersebut.

Perubahan keputusan ini juga untuk mempermudah juri merangking burung-burung jawara sebelum babak keempat ditutup. Di akhir babak, masing-masing dewan bisa langsung merekap posisi 5 besar kejuaraan.

KATA KUNCI: p3si munas p3si xix

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp