RAKA NGEKEK DURASI SUPER PANJANG.

KONTES PRESTASI GARDA BC JOMBANG

Tambah Durasi Love Bird Pasca Mabung

Sebelum mabung, durasi ketawa Raka di atas gantangan sekitar 50 detik. Pasca mabung, durasinya melejit di atas 70 detik. Ini dibuktikan di Kontes Garda BC Sabtu, 19 Maret, Raka terpantau ngekek super panjang dua dan disambung super panjang satu. Rahasianya?

Raka yang baru saja tuntas mabung, diturunkan di Kontes Prestasi Garda BC di Desa Nglele, Sumobito Jombang, Sabtu Sore kemarin. Menempati gantangan nomor 59, durasi Ngekek Raka jauh meninggalkan rival.

Begitu digantang, Raka langsung nembak dengan durasi masih tiga (M3) dan dilanjut dengan durasi super panjang dua (SP 2) atau sekitar70 detik up. Tidak sampai jeda lima detik, Raka kembali nembak dengan durasi super panjang satu (SP 1). Di arena ini, Raka hanya ngekek empat kali. Durasi M3, SP 2, SP 1 dan M2.

 

 

JAWARA KELAS BABY A.

 

Sebelum mabung, Durasi ketawa Raka memang sudah dahsyat. Saat turun di Launching gantangan Panji 14 di Pagu, Kediri, Raka meraih juara I dengan durasi super atau sekitar 50 detik up. Namun kali ini penampilannya sungguh luar biasa. Setelah nembak dengan durasi 70 detik up, langsung disambung dengan ketawa berdurasi 60 detik up.

Amunisi Kocar Kacer BC ini baru berumur sepuluh bulanan, namun talentanya sudah bersinar. Apa yang membuat gaco love bird warna hijau standar atau josan ini begitu dahsyat? "Saat mabung adalah saat penentuan. Kalau kita merawatnya benar, maka gaco akan tampil lebih baik. Tapi sebaliknya kalau perawatan kita salah, bukan tidak mungkin gaco kita akan terpuruk," kata Mifroul Huda atau lebih dikenal dengan nama Akang Prabu kepada Burungnews.

 

JAWARA KELAS BALIBU A.

 

Menyinggung perawatan Raka yang ternyata berjenis kelamin jantan ini, Akang Prabu mengatakan, tidak ada yang istimewa. Pakan cuma milet putih beli kiloan dari pasar. Tanpa jagung ataupun kangkung karena menurutnya, kalau jenis jantan riskan gespang. "Kalau terlalu birahi, love bird jantan bisa gestang kalau tidak segera dikawinkan," ungkapnya.

Sementara soal perawatan saat mabung, Roul mengungkapkan, saat mabung Raka dikerodong total. Kerodong dibuka hanya dua hari sekali, sekalian membersihkan kotoran dan mengganti pakan dan air minum. "Saat membersihkan sangkar, Raka saya angin-anginkan sekitar satu jam pada pagi hari, tanpa jemur. Setelah itu dikerodong lagi dan dua hari lagi baru dibuka," katanya.

 

PANITIA DAN TIM JURI GARDA BC.

 

Agar istirahatnya bisa tenang, Raka dijauhkan dari burung lain dan hanya bisa mendengar suara burung lain yang ada di luar rumah. "Raka ini tipe burung fighter. Begitu lihat love bird lain langsung ngekek. Padahal waktiu mabung harus istirahat total agar tidak rusak, jadi harus dijauhkan dari love bird lain," lanjut Ketua Kocar Kacer BC.

Soal pakan harian, Raka hanya diberi milet putih, karena kalau diberi kangkung atau jagung, birahinya mudah meledak. Setelah tuntas mabung, untuk meredam birahi, setiap hari Raka dimasukkan kandang umbaran, memanfaatkan kandang bekas ternak murai batu yang tidak terpakai. "Raka tidak pernah saya mandikan, sama sekali. Karena setiap habis mandi pasti cabut bulu. Satu-satunya solusi untuk meredam birahi ya pakai kandang umbaran. Kalau mau tampil, pada malam hari saya beri biji kwaci lima biji dan kenari sit," ungkapnya.

 

PARA PEMBURU GACO.

 

Rival Raka di even ini adalah Sakti andalan Gembiera dari Gembiera Mojoagung yang mencatat durasi maksimal lanjut meraih podium dua. Podium tiga diraih Bang JW dari Begejek Team yang menurunkan Gendis. Gendis bersaing dengan Sutra yang juga amunisi Bang JW yang pernah menjadi kandidat gaco terbaik Liga Kebokicak BC.

Di kelas Baby, Sopo andalan Agus Ketro termasuk gaco fighter yang tak kenal lelah. Meski digenjot turun di berbagi kontes di Jombang Raya, di Kontes Prestasi Garda ini masih tetap fighter. Sopo mencatat 28 poin pendek dan 7 kali medium. Di garda, khusus kelas Baby ditetapkan sistim poin. Poin ngekek pendek adalah satu dan poin medium nilainya tiga.  Dengan begitu, poin yang diraih Sopo adalah 49. Kitty orbitan Jefry dari Serut SF dan Lambada oebitan Munip dari Netral SF tak mau kalah dengan Sopo. Keuda gaco ini meraih podium dua dan tiga.

 

JAWARA KELAS CUCAK HIJAU A.

 

Di kelas Baby B, Dhanang KRL dari Pulo SF berhasil memetik prestasi emas setelah Berlin orbitanya berhasil mengungguli poin yang diraih Mahania milik Wawan dari Mancar BC dan Picmen debutan Mendet juga dari Mancar BC.

Alteco andalan Barokah EL BF dari KLI Jombang berhasil meraih podium puncak kelas Paud A mengalahkan Narkoba debutan Ary Yusuf dari Ploso Geneng BC dan Kejora milik Yudhi dari Peterongan.

Enam kelas di Kontes Garda BC ini berlangsung saat matahari lagi terik, namun pada saat penilaian kelas love bird paud selesai, hujan deras mengguyur arena Garda. Kondisi ini ternyata tidak menyurutkan nyali para pemain. Menurut panitia, hanya ada dua pemain yang mengembalikan tiket.

 

 

Namun kondisi ini mneyulitkan Kapten Samsul dan dua temannya dari Bali yang datang ke arena ini untuk berburu gaco. "Karena kondisi cuaca lagi hujan, saya jadi tidak konsen memantau gaco," katanya.

Kapten Samsul sempat memantau gaco di kelas Cuak Hijau A. Di kelas ini, Bayu Setro andalan Harmoko Teguh dari Setro SF Jombang yang ada di gantangan 17 berhasil meraih juara I mengalahkan Bonex 53 andalan Tholib dari Sumobito dan Bawor andalan Pendik dari Jungkir. Kapten Samsul tertaik dengan penampilan Bawor yang ada di nomor 23. Sayang, gaco ini belum dilepas oleh pemiliknya.

 

JAWARA KELAS KENARI A.

 

Laga di kelas kenari dikuasai Jr andalan Syahrul 03, Calon Wakil Bupati Jombang nomor yang juga menjadi Duta Sumber Indah Cup I. Gaco jenis F1 ini tampil nagen dan menajdi pusat perharian karena cengkok lagunya yang merwah dan volume suaranya yang tembus sampai keluar lapang. JR naik podium didampingi Revo Silver andalan Dombik dari Bali Elok SF dan Gayus andalan Bagus P dari Pinkey SF.

"Selamat atas prestasi yang diraih. Jangan luopa, Sabtu depan tanggal 17 Maret Garda BC akan menggelar Latpres Super, karena kebetulan hari libur nasional. Amankan tiketnya, pemesanan tiket dilayani dari sekarang," kata H Malik, Ketua Pelaksana even Garda BC. 

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: kontes prestasi garda bc jombang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp