LB ALEXANDRO. PAKAI ISOLASI LEBAR CEGAH LOVE BIRD SUKA NGRUJI

KONTES PLOSO BC JOMBANG

Cara Mudah dan Murah Atasi Love Bird “Ngruji”

Alexandro, love bird andalan Sugeng dari Netral SF terlihat paling dominan saat digantang di arena Ploso BC Jombang. Gaco ini terlihat aktif, rajin ngekek sambil jalan dan putar badan. Dulu, gaco ini suka ”ngruji”. Tapi sekarang tidak lagi.

Durasi Love bird pastel kuning ini saat tampil di Kontes Ploso BC Jombang pada Minggu, 22 April 2018 memang tidak keluar durasi hebatnya. Tidak seperti saat turun di gantangan lain, yang bisa tembus istimewa.

 

 

ALEXANDRO RAIH PODIUM UTAMA DI KELAS LOVE BIRD VIP

 

Di kelas VIP, Alexandro sangat rajin ketawa. Durasi maksimalnya terpantau P2 dan dinobatkan sebagai peraih podium puncak. Di sesi berikutnya, kelas love bird dewasa A, lagi-lagi Alexandro rajin mencetak poin, dan kali ini membukukan durasi maksimal yang disebut super.

Kalau melihat penampilannya yang sangat aktif dan tipe fighternya, love bird lovers pasti akan senang melihat aksi Alexandro. Tapi siapa sangka, kalau gaco ini dulunya suka “ngruji”, ngekek sambil merambat di jeruji sangkar.

 

ALEXANDRO KEMBALI RAIH BENDERA KONCER A MUTLAK

 

Padahal, saat gaco ngekek sambil ngruji, akan diperlakukan sama seperti saat love bird ngekek di lantai sangkar atau “nebok”, tim juri tidak akan menilainya. Ini sudah jadi kesepakatan umum para juri dan even organizer (EO), meski antar EO tidak pernah duduk bersama untuk memakemkan penilaian love bird.

Sugeng sendiri sangat paham akan peraturan penilaian love bird. “Itulah mas, meskipun gaco kita ngekeknya panjang banget, tapi kalau sambil ngruji sama juga bohong. Gak ada artinya alias zonk,” ujarnya.

 

KOMPETISI DI KELAS LOVE BIRD BERLANGSUNG KETAT

 

Untuk mengatasi kebiasaan buruk gaco kesayangannya ini, sudah banyak cara yang dicoba. Mulai dari menambah kuantitas mandi, mengurangi ekstrafooding (EF), sampai dengan menambah jumlah tangkringan dan lainnya. Tapi semua kiat itu malah membuat Alexandro kurang maksi.

“Bagaimanapun juga, dengan mengubah pola perawatan, resikonya juga tidak kecil. Salah satu yang paling terlihat adalah perubahan performa saat digantang. Tampilnya jadi tidak maksimal akibat setingan yang tidak pas,” beber Sugeng.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Sampai ada cara mudah dan murah yang ditemukan Sugeng, hasil dari sharing dengan teman-teman pemain love bird. “Caranya mudah dan sangat murah. Jeruji sangkar cukup dikasih isolasi lebar. Dengan cara ini, Alexandro tidak ngruji lagi,” ungkapnya.

Burungnews pun melihat sendiri, di jeruji sangkar Alexandro memang ada isolasi di beberapa bagian. Dan saat tampil di kelas VIP maupun kelas A, Alexandro tidak pernah ngruji. Kalaupun sempat ngruji, tapi tidak pada saat ketawa.

 

JUARA DI KELAS BALIBU A

 

Sementara itu, hasil kompetisi di kelas love bird Balibu A, Zolam andalan Ismail dari Sentul terpantau paling rajin ketawa dan mencatat durasi terpanjang. Zolam berhasil mengungguli durasi Sule milik Sodik dari Alsa SF, Bruno milik Aadit dari MKM dan Mareta orbitan Gazebo SF.

Sayang, saat turun di kelas B, performa Zolam merosot. Gaco ini harus terpuruk ke peringkat empat. Sedangkan podium 1, 2 dan 3 diraih Rejeki orbitan Luqman dari Soewirek SF, Jasuke orbitan Johan dari Penyon SF dan Air orbitan Gazebo SF.

 

AS RAIH PENGHARGAAN THE BEST UNTUK KATEGORI MURAI BATU

 

Air milik Gazebo SF juga diturunkan di kelas Baby B. Gaco yang sempat mencatat durasi lanjut saat turun di kelas balibu ini, ternyata bisa membatasi durasinya saat turun di kelas baby. Air rajin mencetak poin dan durasi maksimal medium.

Di kelas Baby B, Air meraih podium kedua di atas Crazy orbitan Dayat dari MKM. Namun, Air memang harus rela berada di bawah Valery milik BM 378 dari Kendo Kenceng SF, yang saat turun di kelas A meraih juara ketiga.

Gaco paling sukses di even ini adalah AS, murai batu andalan Sinyo dari Arbro. Gaco ini berhasil nyeri juara 1 dari kelas murai batu VIP dan A, sekaligus memboyong tropi penghargaan The Best dari panitia Ploso BC karena mencatat poin tertinggi.

 

MLEHOY DAN JET LIAR KUASAI PODIUM CUCAK HIJAU VIP

 

Di kelas cucak hijau, Mlehoy andalan Yofi dari Kalak sebenarnya punya kesempatan untuk maju sebagai kandidat gaco The Best. Di kelas VIP, gaco ini berhasil meraih juara 1, unggul atas Jet Liar andalan Rofi dari Tapen dan PHP andalan Ozikgh dari CB Kicau.

Sayangnya, saat turun di sesi berikutnya, Mlehoy harus mengakui keunggulan Jaya andalan Catur dari Tembelang. “Ini saatnya bangkit. Saya mau berburu gaco untuk lomba keluar kota,” ungkap Catur, pemain kawak tahun 2000-an yang namanya meroket lewat gaco anis kembang Cendana 2000.

 

YANG LAIN SUDAH MENGGUNAKAN DAN MERASA COCOK, BAGAIMANA DENGAN ANDA? Segera Move On. Tweet Song, pakan kualitas terbaik dengan nutrisi seimbang, paling cocok untuk burung kesayangan Anda.

 

JUARA DI KELAS LB BABY B

 

PERTARUNGAN SENGIT DI KELAS MURAI BATU. AS, HERCULES DAN SATRIA RAIH PODIUM

 

JUARA DI KELAS CUCAK HIJAU A

 

Burung yang lelah karena perjalanan jauh, lebih mudah dihinggapi penyakit. Sediakan selalu LA KURUS, dari Super Kicau Grup yang terpercaya. Spektrum luasnya menjadikan mampu mengobati lebih banyak penyakit, dan lebih cepat sembuh.

 

KATA KUNCI: ploso bc love bird alexandro sugeng netral sf ngruji

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp