Mr JOMBANG DAN KRU MANDALIKA

KHANZA CUP PURWOREJO, #2

Dua Pekan Berturut-Turut Borong Juara, Kacer Mandalika Siap Naik Level ke “Kelas Berat”, + VIDIO

Kacer Mandalika sedang jadi buah bibir. Vidionya banyak tersebar sejak meraih kuatrik di Pesta Kacer Mania Yogyakarta (KMY) di gantangan BKM Bantul Yogyakarta (Sabtu, 1 Mei 2021), berlanjut memborong 3 kali juara 1 di Khanza Cup Purworejo.

Burung yang tercatat milik Dwi Sampit dari Kalimantan Barat ini, keseharian dan lombanya diurus oleh Mr. Jombang dan para krunya di Yogyakarta. Di Khanza Cup Purworejo (9/5), penampilannya memang terlihat menonjol, ngotot, langsung menghentak sejak awal digantang hingga akhir penilaian.

 

 

 

“Kalau lihat aksinya, meski gantangan ini penuh, memang terlihat paling menonjol, harusnya sih juara, secara pengamatan saya cukup jauh berselisih dengan yang lain,” bisik Hendra Jepang dari Gombong, pemilik kacer Taxi yang kini masuk kandang penangkaran dan anakannya berbandrol fantastis.

Kekaguman yang sama juga disampaikan oleh Benz Wira, salah satu tokoh kicaumania Purworejo yang ikut hadir dan memantau jalannya lomba dari awal sampai rampung. “Tanpa mengurangi rasa hormat pada lawan-lawannya yang juga bagus-bagus, kalau juri kemudian memilih burung itu (Mandalika, red.), saya kira tidak keliru.”

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Menurut Benz Wira, di Purworejo penggemar kacer kebetulan cukup banyak, dibandingkan daerah lain, makanya semua kelas kacer kan ramai, bahkan nyaris penuh. “Apalagi kedatangan tamu dari luar kota yang tentunya juga bawa gaco bagus-bagus. Saya harus angkat topi pada team juri kali ini. Dari awal sampai akhir bisa dikatakan tidak membuat kesalahan. Padahal beberapa teman luar kota awalnya juga menyampaikan keraguan, karena sebagian besar para juri dari BnR itu masih jarang terlihat tugas di luar kota.”

Komentar kritis datang dari Panji Wiguna, youtuber yang bisa dikatakan mulai jadi spesialis kacer. Panji banyak mempopulerkan kacer-kacer pinggiran hingga dikenal secara nasional, bahkan seringkali berujung transaksi fenomenal.

 

DWI SAMPIT, KALIMANTAN BARAT

 

“Burung bagus, tapi menurut saya masih belum pada top perfomanya. Maksudnya begini, kalau diibaratkan dengan pertarungan di dunia tinju, Mandalika itu baru memulai level profesional, baru naik jenjang dari amatir. Di level profesional masih terhitung junior, ia mesti merangkak dari awal, dari kelas ringan atau kelas bulu dulu. Nah, ketika lawan-lawannya juga masih satu level, Mandalika memang masih tampak menonjol dan berpeluang memborong juara.”

Meski begitu, Panji yang mengklaim mengikuti perkembangan Mandalika dari awal, melihat Mandalika punya sisi lebih lainnya. “Ini untuk sekarang termasuk burung yang aman. Dia kuat main berkali-kali. Di BKM misalnya, main 4 kali juga kuat dan semua juara 1. Di sini kebetulan kelasnya dibuka 3 kali, misalnya dibuka sapai 5 kali pun, saya kira Mandalika masih kuat bermain dengan perfoma stabil.”

 

MR DARSONO BERSAMA BANG MAIL (KIRI), KETUA INDEPENDEN PURWOREJO

 

Bagimana kans Mandalika bisa naik level ke “kelas berat”. “Ya itu sangat mungkin, sangat terbuka peluangnya. Syaratnya ya rutin dan rajin latihan terus, jam terbang ditambah, sering ketemu lawan atau sparing partner yang seimbang atau bahkan di atasnya. Dengan cara itu, kemampuannya akan terus terasah dan saya kira dalam beberapa bulan ke depan bisa bersaing di level kelas berat.”

Sementara itu, Mr. Jombang menjelaskan, burung ini sebenarnya baru saja ganti pemiliik ke Dwi Sampit. “Belum genap dua pekan. Jadi begitu dibeli, terus turun di Pesta Kacer Mania Yogyakarta di BKM, langsung borong 4 kali juara 1, kemudian bawa ke sini kembali borong 3 kali juara 1. Salah satu kelebihan Mandalika memang sangat aman mainnya, ibarat diturunkan 10 kali juga berani.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Sementara itu, sesama jago milik orang Kalimantan Barat yang kesehariannya di Jogja dan kali ini juga turun di Khanza Cup adalah Kutang Hitam. Jago H. Wahid Yusuf Palangkaraya yang dalam pengawalan Teddy Jogja ini dua kali terus berusaha membuntututi dan mengimbangi Mandalika.

Kutang Hitam, masing-masing masih kebagian 2 bendera koncer Merah dan 3 bendera koncer Merah, sehingga dua kali meraih runner up. “Secara penampilan saya puas," tegas Teddy.

 

TEDDY JOGJA DAN KACER KUTANG HITAM, MASIH BISA DAPAT BENDERA MERAH

 

Pada satu kelas lainnya, Kutang Hitam sesungguhnya tampil lebih ngotot dan bagus, tapi di awal sempat turun ke tebok. "Sebentar saja sebenarnya, turun beberapa detik langsung naik lagi. Aturan atau pakem di sini sekali saja turun ke lantai kena bendera kuning, ya sudah itu harus kita terima,” ujar Teddy. 

Secara umum, Teddy mengaku sangat bisa menikmati gelaran di sini. “Tempatnya memang di tengah kampung, tapi peserta bisa sangat ramai. Yang bikin kagum adalah, para pesertanya sangat tertib dan sopan, tidak terbiasa teriak. Saya ngobrol dengan teman-teman luar kota yang terbiasa teriak pun, kali ini harus ikut terbawa arus di sini, kalau maksa teriak sendirian dan jadi perhatian kan malu juga.”

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk hwamey, murai batu, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

Ada pun Mr. Darsono, selaku yang punya hajat menyampaikan terimakasih atas dukungan semua kicaumania baik dari Purworejo maupun para tamu dari luar daerah. Dia merasa bangga, karena event di kampung tapi didatangi kicaumania luar daerah.

"Banyak yang kemudian bilang, suasanya serasa lomba nasional. Kebanggaan juga makin bertambah karena lomba bisa tetap terkondisi tertib, non teriak, tanpa protes, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mohon maaf bilamana masih ada kekurangan, tak lupa selamat menunikan ibadah puasa, juga Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Sampai ketemu di event-event berikutnya.”

Setelah lebaran Idul Fitri, sejumlah event yang cukup prestis juga sudah menunggu para kicaumania. Mulai dari Halalbihal Pradana BC Klaten (23/5), Launching Puma BC Wonogiri (23/5), Walikota Cup Malang (30/5), Piala Canting 6 Pekalongan (6/6), Murai Batu Bird Champion koloborasi BnR dan Ebod Jaya di Cibubur (6/6).

 

DATA JUARA KHANZA  CUP PURWOREJO, KLIK DI SINI

AGENDA, BROSUR, DAN JADWAL LOMBA TERDEKAT, KLIK DI SINI

 

 

VIDIO AKSI KACER MANDALIKA DI PESTA KACER MANIA – BKM JOGJA:

 

 

VIDIO AKSI KACER MANDALIKA DI KHANZA CUP PURWOREJO:

 


KATA KUNCI: khanza cup kacer mandalika mr. darsono khanza bf benz wira panji wiguna

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp