DONA (TENGAH) BERSAMA ANAS DAN IMRON

DONA BF MALANG

Sebagian Hasil Penjualan Trotolan Disisihkan untuk Panti Asuhan

Sebelum memulai breeding murai batu, Dona Bird Farm sebenarnya aktif bermain pleci, yang sepak terjangnya di luar kota hingga Kota Garut, Jawa Barat. Dona BF juga pernah menangkarkan anis merah dan anis kembang. Sempat berhasil menetaskan, namun kemudian banyak yang dimakan semut. Ternak anis merah dan aniskembang, tampak kurang berpihak kepada Dona.

Berlokasi di Kelurahan Bandulan, Gang 8, Sukun, Malang, Dona BF dengan terus terang mengaku jika baru saja mencoba berternak murai batu. Indukan yang masuk kandang breeding, awalnya pun menjadi gacoan yang saat itu diberi nama Pluto.

 

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493, 0857.3383.888 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

“Awalnya beternak murai batu ya dari teman-temannya, mulai yang datang langsung hingga via media visual youtube,” ucap Dona.

Dona mengungkapkan jika ia sebelumnya juga berencana berternak Kenari jenis F1 dan F2, namun tidak terealisasi. Dona pun mulai mengumpulkan bahan untuk membuat kandang breedingnya dengan menjual semua sangkar kotak Love bird yang semula dipersiapkan untuk beternak kenari.

 

KANDANG DONA BF YANG CUKUP SEDERHANA

 

“Untuk membuat kandang ini saya menjual sangkar kotak besi yang semula saya mau bikin ternak kenari," kata Dona.

Dona memulai membuat kandang dengan dibantu istrinya hingga usai. Kandang Dona BF nampak sederhana sekali, bahkan kalau dibandingkan dengan kandang pada umumnya sangat jauh perbedaannya.

 

PLUTO  PEJANTAN ANDALAN DONA BF

 

Dona pun mencari betina yang benar-benar siap kepada temannya untuk dipasangkan dengan Pluto. Begitu mendapatkan pasangan, Dona melewati proses penjodohan yang tidak gampang. Ia dan istrinya rela bergantian untuk menjaga proses penjodohan, untuk menjaga supaya tidak terjadi perkelahian yang bisa berakibat fatal.

“Saat proses penjodohan saya dan istri bergantian menjaga seharian, karena saya khawatir kalau tidak bisa akur," kata Dona.

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

Begitu Pluto dirasa sudah cocok dengan betinanya, Dona mulai bisa bernafas lega. Ia pun mulai menambah satu pasangan dikandangnya. Dona yang pernah bernazar bahwa jika suatu saat ternakan berhasil, untuk berbagi kepada teman dan panti asuhan yang ada didaerah Pakis, Malang.

“Dulu saya memang pernah berjanji jika menetas semua, saya akan sisihkan sebagian hasil penjualan trotolan untuk berbagi kepada teman dan panti asuhan," ungkap Dona.

 

ANAKAN TROTOL PLUTO JR

 

Pucuk dicinta ulam pun tiba akhirnya betina yang dipasangkan dengan gaco kesayangannya bernama Pluto berhasil menetaskan empat anakan tuntas. Selama proses meloloh anaknya pun Dona masih berkonsultasi dengan para tetangga yang dulunya pernah beternak murai batu.

Dengan menetasnya dari indukan yang berprestasi, Dona berharap dalam waktu dekat bisa menambah satu kandang lagi. “Semoga saja ini menjadi awal yang baik untuk Dona BF, dan saya senantiasa selalu berdoa serta berusaha agar menjadi lebih baik,” tutup Dona. [MULYADI]

 

RING DONA  BF

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: dona bf malang

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp