BURUNG KEPODANG, BERUBAH WARNA FISIK SEIRING DENGAN UMUR


BURUNG KEPODANG

Hanya Ada Satu Jenis, Tiga Kali Ganti Warna, Beda Harga Pasaran

Burung kepodang (Oriolus chinensis) sering disebut sebagai burung pesolek sebab penampilannya selalu bersih dan apik. Masyarakat mengenal ada beberapa macam jenis kepodang, padahal hanya ada satu jenis, hanya tiap fase berganti warna fisiknya, selain suara.

Burung yang dijadikan maskot Jawa Tengah ini pada tubuhnya berwarna hitam dan kuning dengan strip hitam melewati mata dan tengkuk. Pada sayapnya hampir didominasi warna hitam dengan kaki yang berwarna hitam pula.

 

 

Bagian bawah tubuhnya berwarna keputih-putihan dengan burik hitam dan iris mata berwarna merah. Adapun karena habitat alami burung ini ada di dataran tinggi dan dataran rendah, serta hutan-hutan tropis, maka burung kepodang pun bisa ditemukan di daerah dekat pantai ataupun mangrove.

Di Indonesia, persebarannya cukup lupas juga, mencakup wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Sebuah mitos pun berkembang di kalangan masyarakat Jawa mengenai burung ini. Daging burung kepodang digunakan sebagai salah satu syarat tradisi adat Jawa Tengah “Mitoni Tujuh Bulan”. Ada sebuah kepercayaan leluhur bahwa jika ada calon Ibu yang mengkonsumsi daging burung ini akan mendapatkan keturunan yang cantik dan tampan.

Beda lagi di Jawa Barat. Burung kepodang dipercaya mampu menangkal segala malapetaka.

 

WASPADA dengan produk yang logonya MIRIP, dibaca/dilafalkan dengan cara yang SAMA, tetapi BUKAN produk yang dikeluarkan TOPSONG. Lihat selengkapnya DI SINI.

 

Terlepas dari semua mitos yang ada tentang burung ini, burung kepodang memiliki harga jual yang tinggi. Namun, untuk mencapai harga jual burung kepodang tertinggi, anda perlu memahami bahwa terdapat 3 fase pergantian warna bulunya yang berpengaruh terhadap harga jualnya.

Apa saja itu? Simak uraian pada artikel kiriman dari Diah Sulung Syafitri berikut ini.

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Fase Kepodang Batu

Pada fase ini, usia burung Kepodang kurang dari 6 bulan (banyan juga yang menyebut trotolan) dan berwarna lebih gelap. Harga burung Kepodang Batu mulai dari 100 ribu rupiah. Ciri-ciri lebih detail burung Kepodang Batu antara lain:

  • Bulu berwarna kuning pucat
  • Bunyinya baru sebatas “pyek-pyek-pyek”
  • Di bagian dada ada bulu garis-garis hitam
  • Paruh berwarna hitam kelam
  • Kelopak mata berwarna hitam total

 

KEPODANG BATU

 

Fase Kepodang Kapur

Fase berikutnya, saat usianya menginjak 1 tahun. Bulu-bulu gelap ini akan rontok dan berganti menjadi bulu berwarna kuning yang semakin jelas dan terang saat dewasa.

Karena warnanya menyerupai kapur, maka fase ini dinamakan Kepodang Kapur dengan harga jual berkisar 200 ribu hingga 300.000 ribu rupiah. Dibandingkan dengan fase kepodang batu, ciri-ciri fisik fase Kepodang Kapur terlihat berbeda, antara lain:

  • Bulu sudah mulai beranjak ke warna kuning lebih terang
  • Bunyinya juga sudah mulai mriwik dengan aneka suara
  • Warna paruh pun mengalami perubahan menjadi hitam abu-abu dengan selingan warna pink. Ini menandakan sebuah proses menuju ke warna merah total (tanda dewasa).
  • Kelopak mata pun mulai terlihat ada lingkaran merahnya

 

KEPODANG KAPUR

 

Fase Kepodang Emas

Harga jual burung Kepodang tertinggi ada di tahap ini! Burung Kepodang dewasa yang cantik, yakni ketika bulunya kembali mengalami perubahan mendekati warna keemasan pada saat usianya lebih dari 1,5 tahun.

Burung Kepodang Emas bisa dihargai hingga 1,5 juta rupiah. Paruhnya berwarna merah muda, dengan bulu berwarna keemasan dengan hiasan hitam tegas di kepala, sayap, dan ekor. Tak lupa, tanda kedewasaannya juga bisa dilihat dari warna kelopak matanya yang merah.

 

 

Kesimpulannya, burung Kepodang hanya memiliki 1 jenis saja. Hanya burung kepodang emas. Namun, dengan fase pergantian bulu yang menjadi bagian dari pertumbuhan yang ia alami, ia seolah-olah memiliki banyak jenis.

Menariknya juga, fase pergantian bulu ini pun sangat menentukan harga jual burung Kepodang di pasaran. Jadi, jangan bingung lagi ya mengapa harga jual burung kepodang bisa berbeda-beda.

[artikel ini kiriman dari Diah Sulung Syafitri, 0857.3148.2817, foto-foto diambil redaksi burungnews.com dari google].

 

KATA KUNCI: kepodang warna kepodang

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp