BUDIHARDJO BERSAMA CAK PARNO DAN ANDRE KARTOSURO


BUDIHARDJO YOGYAKARTA

Makin Eksis Bersama ASL Grub, Siap Tarik Sahabat Lama Lebih Aktif Turun ke Lomba

Budihardjo dari Yogyakarta adalah pemain kicauan beken pada jamannya. Jagoannya dari jenis anis merah dan hwamey sering merebut juara. Ia juga tercatat jadi ketua PBI Bantul yang pertama, penggede di ABC Team, serta salah satu penggagas awal Piala Raja.

ABC Team adalah team atau Bird Club yang begitu disegani pada jaman itu. Kerap lomba sampai jauh seperti Jakarta, Bandung, hingga Surabaya, Malang dengan menggunakan bus besar. Selain Budihardjo, sejumlah tokoh lain yang ada di dalamnya ada nama Bambang Wisnu, H. Bagya Rakhmadi (sekarang Ketua Umum PBI Pusat), Yr. Handoko, Surono, dan lainnya.

Juara Umum di laga-laga akbar, prestis, dan penting sudah sangat sering, poinnya murni didapat dari burung anggotanya (jaman itu belum trend pinjam atau nyewa poin dari burung orang lain, kalau pun satu dua ada yang melakukannya, dianggap kurang fairplay, merasa malu kalau sampai melakukan dan jadi bahan gunjingan).

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk anis merah, hwamey, murai batu, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

Bersama sejumlah tokoh lainnya di Jogja, Budihardjo sempat lama menepi dari peredaran lomba burung berkicau. Ia baru mulai tampak lagi ketika kelas hwamey kembali diperkenalkan dalam beberapa tahun terakhir.

Kehadirannya di lapangan sering bersama-sama dengan kolega lawasnya, seperti Drg. Agung Sugiarto, yang saat ini masih lebih mengkhususkan diri pada jenis hwamey. Nama pemain lawas lainnya yang kembali bermunculan bersamaan dengan diramaikannya hwamey antara lain Esnawan, SH, mantan Ketua PBI Sleman paling awal, yang kemudian didapuk menjadi Ketua PBI Kota Yogyakarta.

 

BUDIHARDJO DAN KRU ASL GRUB. MAKIN NYAMAN, MAKIN SEMANGAT

 

Budihardjo tampak di gelaran Launching KHI Gunung Kidul, Minggu 30 Mei yang lalu. Ia tidak sendirian. Selain didampingi salah satu pemain lawas Andre dari Kartasura, juga sejumlah kru mekanik yang kini tergabung dalam bendera ASL Grub.

Dua kelas anis merah di event ini disapu oleh jagoan milik Budihardjo, Atlanta dan Pekik. Satu lagi jagoan anis merahnya yang diberi nama Ratu Toba, meraih posisi runner up. Peserta anis merah cukup ramai, hampir separuh gantangan terisi.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

“Jago lain yang sudah saya siapkan adalah cucak hijau dan murai batu. Hwamey sebenarnya juga siap, malah termasuk jago yang saya koleksi di awal-awal come back, tapi sekarang lomba yang buka kelas hwamey malah makin jarang,” jelasnya kepada burungnews.com.

Nah, ngomong-ngomong soal cucak hijau, Pak Budihardjo juga pernah punya jago yang benar-benar fenomenal dan legendaris. Burung itu kemudian di-take over oleh Kiki Hoki, nilainya juga paling fantastis untuk ukuran waktu itu.

 

 

Namanya berganti menjadi Hoki. Hoki nyaris juara terus selama beberapa tahun, rekornya sejak masih dipegang Budihardjo dengan mekaniknya Wahono waktu itu hingga di tangan Kiki Hoki, belum ada yang menyamai bahkan mendekatinya hingga kini.

ASL Grub, begitu alamat yang tertulis pada burung-burung milik Budihardjo, diambil dari nama usaha milik Budihardjo saat ini, yaitu Anugerah Surya Lintang. “Sebenarnya itu anak-anak yang kasih nama nulis alamat itu, tapi ya tidak apa-apa.”

Prestasi di KHI Gunung Kidul, baik dari anis merah maupun murai batu (Warok meraih juara 2, dengan jumlah peserta full 60), diakuinya membuat dirinya kian semangat meramaikan gantangan-gantangan dan event berikutnya.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

“Teman-teman lama juga mau saya tarik lebih kuat supaya lebih aktif lagi main ke lomba. Main burung bagi kami memang salah satu hiburan yang tak tergantikan. Menarik juga berbaur dengan banyak pemain muda milenial yang saat dulu kami lagi ngotot-ngototnya mungkin belum atau baru lahir.”

Sebagai tokoh lawas yang pernah ikut membesarkan PBI, Budihardjo dan kawan-kawan juga diharapkan bisa kembali hadir, ikut meramaikan sekaligus memberikan suntikan semangat dalam salah satu event unggulan PBI di blok barat, yaitu Piala Cisadane 2.

Event ini digawangi oleh para pegiat PBI muda dari Tangerang Raya. Sesuai jadwal yang sudah banyak di-share, akan berlangsung pada 22 Agustus 2021.

 

 

Sementara itu, Cak Parno sebagai bagian dari panitia Launching KHI Gunung Kidul bersama Abah Sholeh sang Ketua Cabang, mengaku sangat bangga event perdananya bisa dirawuhi tokoh lawas yang sangat disegani seperti Budihardjo.

“Terima kasih sekali, maturnuwun, sudah kerso rawuh ke lomba kami. Mohon maaf kalau masih ada kekurangan di sana-sini, ditunggu juga kritik dan masukan dari para sesepuh. Kami juga mengundang lagi kehadiran para kicaumania semunya, baik para tokoh lawas hingga para pemain-pemain muda milenial untuk meramaikan salah satu event unggulan KHI, yaitu Anniversary KHI Istimewa besuk Minggu 20 Juni 2021 di Yogyakarta. Kami menyiapkan hadiah utama mobil. Di luar hadiah persentase, semua kelas hadiah utuh tanpa potongan.” [maltimbus]

 

DATA JUARA LAUNCHING KHI GUNUNG KIDUL, KLIK DI SINI

BROSUR ANNIVERSARY KHI ISTIMEWA, KLIK DI SINI

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: budihardjo yogyakarta

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp