H. SWD. TRAH BEGAL MULAI MONCER

BR CUP 1 AT NEW JOLENO EXPRESS KLATEN: Begal Jr Menangi Kelas Utama, Basudewo Borong Juara

H. SWD Bongkar Kunci Moncernya Murai Batu Trah Begal

Murai batu Begal Jr milik H. SWD Begal SF meraih podium pertama kelas utama BR Cup 1 At New Joleno Express Klaten. Basudewo, amunisi milik Mbah Gito,  memborong sejumlah gelar juara.

Lomba burung berkicau BR Cup 1 yang diadakan pada Minggu, 11 Desember 2022 di Gantangan New Joleno Express (Trucuk, Klaten) berlangsung tertib dan kondusif. Meski sempat diguyur hujan lebat di pertengahan lomba, peserta tetap bertahan sampai akhir perlombaan.

 

 

BEGAL SF. PASTOL BOCIL JUARA 1 DAN 3

 

Salah satu pemain dan spesialis murai batu senior, H. SWD ikut ambil bagian di event kali ini, menurunkan murai batu Bocil dan Begal Jr. Bocil, salah satu amunisi baru yang masih berusia muda, diturunkan di kelas Murai Batu Pastol.

Meski baru datang dan langsung digantangkan, penampilan cukup menjanjikan langsung ditunjukkan Bocil di kelas Murai Batu Pastol Express. Memang belum maksimal, mungkin karena kurang persiapan, namun burung hasil kandang sendiri ini mampu menduduki posisi ketiga.

Menurut Yudha, sang mekanik, kurang siapnya Bocil dikarenakan pergeseran jadwal yang mendadak. 

 

 

Di kelas Murai Batu Pastol Joleno, Bocil tampil menghentak dan benar-benar menunjukkan performa terbaiknya dengan membongkar semua materi isian. Materi lagu berubah-ubah yang diakhiri dengan tembakan panjang yang diulang-ulang berhasil mencuri perhatian juri sehingga diganjar koncer A.

 

BEGAL SF. BEGAL Jr. MENANGI KELAS UTAMA

 

Ada pun Begal Jr yang diturunkan di kelas utama Murai Batu BR, H. SWD juga berhasil merebut podium pertama. Pesaingnya gaco-gaco mapan dan berumur, Begal Jr. yang beberapa minggu lalu menang di Piala Kapolda Jateng tampil mencolok.

Materi lagu panjang dan variatif digelontorkan nyaris tanpa jeda. Penampilan Begal Jr. ini pun langsung diganjar bendera koncer A mutlak.

Ditemui di pedok, H. SWD mengungkapkan, kedua gaco tersebut hasil dari kandang sendiri. “Dua-duanya anakan Begal. Bocil baru 2 kali digantang, Begal Jr. baru 4 kali digantang. Semua butuh proses biar bisa moncer. Proses mastering dari netas sampai uji kelayakan di rumah dengan di trek selama 45 menit. Nanti kita lihat bagaimana performanya, kuat atau tidak? Kalau kuat, lanjut ke tahap melatih di gantangan,” bebernya.

 

 

“Perjuangan sampai tahap ke gantangan butuh kesabaran. Dengan kesabaran dan ketlatenan dalam merawat burung dari kecil, tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kayaknya kita nggak akan sampai akhir lomba. Kondisi hujan begini, kasihan burungnya. Apalagi ini lagi jaga stamina buat main di Piala Pradana dan Akaratu Cup,” imbuhnya.

Di Piala Pradana, H. SWD hanya akan menurunkan Begal Jr. sekali saja di kelas utama. "Kelas lainnya tidak kebagian tiket. Kita lihat saja nanti, kalau dapat tiket cancel bisa juga turun dua kali, atau geser ke gelaran lainnya."

 

SARITEM SF. MB BASUDEWA NYARIS HATRIK

 

Basudewa, amunisi milik Mbah Gito Saritem SF, memborong sejumlah gelar juara di even kali ini setelah tampil stabil dan konsisten di tiga kelas yang diikuti. Setelah menduduki posisi kedua kelas utama, Basudewa tampil menggila dan berhasil meraih juara pertama di dua kelas selanjutnya.

“Basudewa ini biasanya kerja bagus pas sesi pertama. Sesi kedua biasanya agak drop, nggak sebagus sesi pertama. Baru kali ini, sesi kedua lebih bagus dari sesi pertama. Pas sesi kedua tadi, benar-benar maksimal, enak banget mainnya. Pas sesi ketiga, Basudewa yang cuma dicolok jangkrik terus dibawa lagi ke lapangan masih mau nampil dan jadi juara,” terang Mbah Gito.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Meski kondisi bulu tua, masih dilombakannya Basudewa bukan tanpa alasan. “Antara tega dan nggak tega sih. Kalau diistirahatkan sambil nunggu ambrol kok ya nggak ambrol-ambrol bulunya. Jadi yaw is kita tetap gas saja biar birahinya tersalurkan di gantangan,” lanjutnya.

 

PUTRA MANGUN BF. MB PANGLIMA SAKTI RAIH RUNNER UP

 

Panglima Sakti, amunisi andalan Putra Mangun BF berhasil menduduki podium kedua di kelas Murai Batu Express. Meski hanya ikut kelas terakhir, tim yang bermarkas di Marangan, Jimbung, Kalikotes, Klaten ini akhirnya dapat tersenyum lega setelah amunisi andalannya meraih juara kedua.

“Kita tadi main ke Jogja dulu baru mampir ke sini. Di Jogja, Panglima Sakti belum menjadi pilihan juri meski kerjanya lumayan maksimal. Langsung balik, meluncur ke sini. Meski hanya kebagian satu sesi, kita puas dan bisa jadi tombo gelo karena Panglima Sakti kebagian juara dua,” ungkap Adi, salah satu punggawa Putra Mangun BF.

 

SERAH TERIMA HASIL DONASI YANG AKAN DISUMBANGKAN

 

Dalam lomba kali ini, panitia berkolaborasi dengan Komunitas KKB juga menggelar Liga Amal Kenari. Total perolehan sumbangan Rp. 2.130.000 dengan rincian Rp. 1.560.000 dari Komunitas KKB dan Rp. 570.000 dari Panitia BR Cup 1 New Joleno Express. “Hasil sumbangan ini, nanti akan kita salurkan ke korban gempa Cianjur,” ungkap Ji Haris selaku perwakilan KKB.

 

 

Selain menjadi motor pengerak Liga Amal Kenari, Haris juga berhasil membawa pulang banyak gelar juara di kelas kenari melalui Bonex. Berkat penampilan maksimalnya, kenari kuning ini menang nyeri dan berhasil menggondol thropy juara bergilir Kenari Ghoib.

 

JI HARIS. KENARI BONEX MENANG NYERI

 

Mbending Yonk, perawat Bonex mengungkapkan apabila dirinya sudah empat kali meraih juara satu di kelas Kenari Ghoib tapi baru kali ini bisa membawa pulang tropi bergilir. “Sebenernya sudah 4 kali dapat juara di kelas Kenari Ghoib tapi baru kali ini bisa bawa pulang thropi bergilirnya,” ungkapnya.

Sebagai penutup lomba, panitia mengundi doorprise berupa tiga buah sangkar BR dan aksesoris lain. Salah satu peserta yang beruntung adalah Yudha yang berhak membawa pulang sangkar BR. “Rejeki anak sholeh, datang awal ambil pesenan tiket, pulang terakhir dapat doorprize sangkar” ungkapnya.

 

TRI HANDOYO. SUKSES GELAR BR CUP 1

 

Tri Handoyo selaku ketua panitia BR CUP 1 At New Joleno Express mengaku puas karena even kali ini berjalan sukses meski persiapannya hanya tiga minggu. “Terima kasih kepada kicaumania yang telah hadir dalam gelaran kali ini dan tak lupa juga terima kasih buat para sponsor utama kita. Sangkar BR, Bima Arva dan El Cargo yang telah mensupport acara hari ini. Sebagai informasi, even kali ini sebuah awal, menurut rencana akan ada even-even lain yang lebih menarik. [JULUS]

 

PANITIA DAN JURI BR CUP 1

 

YUDHA. PEMENANG DOORPRISE SANGKAR BR

 

TRIAD KIBARKAN BENDERA DUTA PIALA PRADANA

 

K2K. GAMAKICHI DOMINASI KELAS CENDET

 

KIDS KAITO. KENARI PREMIERE MASUK TIGA BESAR

 

PEMENANG MURAI BATU EL CARGO

 

PEMENANG PASTOL EXPRESS

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: br cup 1

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp