BANG BOY BERBINCANG DENGAN TRIYANTO DAN FAJAR OWEN, TERKAIT KRITERIA 70-30

BOLANG CUP 2, #2

Bang Boy Puji Nomor 25 Hebat dan Sudah Penuhi Unsur 70-30, Milik Siapa? Tonton Vidio Aksinya

Dalam sehari ini, media sosial ramai tanggapan terhadap postingan aksi murai batu di Bolang Cup 2 (27/12). Soal kombinasi aksi dengan 70% ngerol dan 30% tembakan. Anda juga bisa menonton Vidio yang telah di-share oleh Triyanto, salah satu maestro sekaligus pencetak murai batu berkualitas asal Karawang.

Triyanto, pemilik Bintang Arwana Bird Farm Karawang, salah satu yang hadir menjadi peserta di event ini. Ia membawa jagoannya, diambilkan dari salah satu dari sekian banyak pejantan indukan yang ia beri nama Athena.

 

 

 

Athena  diturunkan di kelas Murai Batu Ring Nusantara tiket 525 ribu, dengan lawan-lawannya burung-burung mapan dari seputar ibu kota yang sudah punya nama besar. Bagi Athena, ini adalah partai debut mengikuti lomba di luar kota.

Aksinya yang memukau benar-benar menjadi tontonan puluhan pasang mata baik para peserta kelas ini maupun kicaumania lain yang menyukai murai batu. Salah satu yang ikut memantau langsung adalah BnR Satoe, Bang Boy.

 

ATHENA MENDAPATKAN KONCER MUTLAK DARI JURI

 

Awalnya Bang Boy tidak tahu punya siapa burung dengan nomor gantangan 25. “Prediksi saya nomor 25, gak ada lawan lagi. Penampilannya bagus, mainnya rapi. Nanti kita lihat tebakan saya sama gak dengan pilihan para juri,” ucap Bang Boy menjelang akhir penilaian saat burungnews.com membisikkan pertanyaan.

Athena yang tampil nyaris sempurna saat itu, memang pantas bila kemudian memancing perhatian. Tidak hanya roll tembak saja, gayanya menawan, irama lagunya tertata rapi, volumnya yang tembus, menjadi pembuktian kualitas Athena.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Setelah Triyanto menghampiri Bang Boy, keduanya tampak berbincang, di situlah beliau mengetahui bahwa nomor gantangan 25 adalah milik Triyanto.

Para juri tak ragu menancapkan semua bendera koncer A merah ke gantangan 25 yang ditempati oleh Athena. Triyanto pun berhasil mengangkat tropi juara 1 kelas Murai Batu Ring Nusantara Bolang Cup 2.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Vidio yang di halaman judul menyebutkan penampilan dengan 70% ngerol 30% tembakan memang semakin menunjukkan dan menegaskan fakta yang ada. Athena bahkan membuktikannya lebih dari itu.

Di luar Athena, bila mengulik pada prestasi-prestasi jagoan lain di event-event sebelumnya, Triyanto juga membuktikan mayoritas burung yang berada di markas BABF Karawang memang jago pilihan dengan kualitas standar lomba nasional.

 

SUASANA KELAS MURAI BATU NUSANTARA

 

“Puji Tuhan, Athena bisa diakui kualitasnya oleh semua yang menyaksikan. Sesungguhnya itu belum sampai pada top performnya. Ada beberapa jago lain yang siap yang sudah cukup dikenal, tapi saya sengaja pilih Athena, biar gak bosan juga, bawa yang itu-itu aja. Mudah-mudahan tahun depan bisa mencetak berbagai prestasi lainnya,” pungkas Triyanto

Hasil tersebut menjadi hadiah manis bagi Triyanto BABF Karawang di penghujung tahun. Triyanto pun siap kembali berpartisipasi di event-event penting tahun 2021, dengan sejumlah jagoannya. Tingga pilih yang siap, selain juga menyesuaikan dengan kebutuhan atau pakem dari tiap EO yang akan diikutinya.

Paduan tentang 70 persen ngerol (irama lagu) dan 30 persen tembakan, adalah pakem yang berlaku di BnR, sebagaimana pernah diposting sebelumnya oleh Bang Boy pada 17 Februari 2016, yang kemudian diperjelas lagi dan diperbaharui lagi dalam format video pada 24 November 2020. Ditegaskan oleh Boy, pakem ini tidak pernah berubah sejak BnR berdiri.

 

SALAM SATU HATI SATU HOBBY.... PAKEM penilaian untuk burung Murai Batu dilomba BnR... 1.Durasi... yg dimaksud Durasi ini...

Dikirim oleh Boy BnR pada Rabu, 17 Februari 2016

 

Dengan dasar pakem tersebut, maka burung yang layak juara di BnR, seperti halnya di Bolang Cup 2, adalah yang paling mendekati pakem tersebut.

Banyak komentar atas postingan Bang Boy, terutama setelah postingan vidionya tayang, termasuk yang mengkritisi, bahkan juga “panas”, terutama yang berharap agar pakem itu tidak semata teori saja, tetapi juga ada semacam petunjuk dan batas teknis yang jelas. Seperti apa sih contohnya burung yang memenuhi kriteria tersebut.

 

 

Vidio aksi Athena, barangkali bisa menjadi salah satu pembanding atau contoh murai batu yang memenuhi unsur 70-30, pakem idealnya BnR saat ini. Bang Boy yang memantau langsung jalannya lomba, juga mengakui dan mengkonfirmasi bila aksi Athena di event tersebut, memang paling layak juara karena paling sesuai dengan pakem 70-30.

Nah buat yang masih bingung membedakan apa itu ngerol dan tembakan, bisa tonton video di chanel burungnews.com ini. Semoga bermanfaat. [denny, maltimbus]

 

VIDIO AKSI ATHENA DI BOLANG CUP 2

 

VIDIO BANG BOY YANG MENJELASKAN PAKEM 70-30

 

DATA JUARA BOLANG CUP 2 TANGSEL, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: bolang cup 2 bang boy

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp