ROYAL MERAPI BF. MB LOWE RAIH PREDIKAT MURAI BATU TERBAIK

AYUMI CUP 2 KLATEN, #1

MB Raja Odeng Menangi Kelas Utama, MB Lowe dan CH Banyumili Raih Predikat Burung Terbaik

Murai batu Raja Odeng andalan Mr. SWD keluar sebagai pemenang kelas utama di Ayumi Cup 2. Borong sejumlah gelar juara, murai batu Lowe (Mr. Paul Intan) dan cucak hijau Banyumili (Bima) meraih predikat burung terbaik.

Lomba burung berkicau Ayumi Cup II yang diadakan pada Minggu, 1 Juni 2022 di Gantangan BBC, Belang Wetan, Klaten Utara berlangsung sukses. Tidak hanya didominasi oleh pemain lokal Klaten, lomba kali ini juga diikuti oleh pemain luar kota seperti Jogja, Solo, Sukoharjo, Sragen, dan Boyolali.

 

 

MIMI AYUC. SUKSES GELAR AYUMI CUP 2

 

Dibukanya kelas komunitas untuk Murai Batu Akaratu, Cucak Hijau KCIK, dan Love Bird LKB menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta. Di kelas ini, hampir semua gantangan terisi penuh peserta, hanya satu - dua gantangan saja yang kosong. Joyo, salah satu punggawa KCIK mengungkapkan apabila kesuksesan lomba kali ini tak lepas dari koordinasi dan kerjasama antara EO penyelengggara dan pihak komunitas.

Parang Raja, amunisi andalan Yusuf NA keluar sebagai pemenang di kelas Cucak Hijau Komunitas setelah tampil menonjol dengan membawakan materi lagu kapas tembak dan prenjak betina. Sebagai salah satu cucak hijau yang sedang naik daun akhir-akhir ini, Parang Raja sebelumnya sudah menang di latber PLBC dan New Joleno.

 

YUSUF NA. CH PARANG RAJA JUARA KELAS CUCAK HIJAU KOMUNITAS

 

Laga tak kalah seru yang tersaji di kelas Murai Batu Komunitas akhirnya dimenangkan oleh Kaisar Muda, amunisi milik Antok Simbey. Di kelas Love Bird Komunitas, Nobita milik Den Brewok keluar sebagai yang terbaik setelah mengumpulkan poin tertinggi.

Di kelas utama Murai Batu Ayumi, penampilan stabil yang ditunjukkan oleh Raja Odeng dari awal sampai akhir penilaian mengantarkan amunisi milik Mr. SWD ini keluar sebagai pemenang. Langsung tancap gas sejak awal digantangkan, murai batu ekor putih ini langsung mencuri perhatian juri dengan aksi bongkar materi dan gaya tarung ngeplay.

 

BEGAL SF. MB RAJA ODENG JUARA KELAS UTAMA

 

Raja Odeng juga berhasil menduduki podium ketiga di kelas Murai Batu Faiz setelah berikan perlawanan sengit pada Leo Jr dan Lowe. Dihubungi burungnews.com, Mr. SWD mengungkapkan apabila Raja Odeng adalah amunisinya yang baru selesai mabung. “Raja Odeng itu bulu baru, satu-satunya murai yang nggak kupegang, ada perawatnya sendiri. Kalau lihat video, memang sudah kerja, tapi belum maksimal,” papar punggawa Begal SF ini.

Penampilan tak kalah luar biasa juga ditunjukkan oleh murai batu Lowe andalan Mr. Paul Intan yang juga dalam kondisi bulu baru. Dimainkan di kelas Murai Batu Faiz dan Murai Batu PLBC, murai batu ekor putih ini langsung mencuri perhatian dengan seabreg materi lagu rancak yang dibawakan.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

Di kelas Murai Batu Faiz, Lowe yang digantangkan lebih dulu dibanding burung-burung lain langsung jadi pusat perhatian dan tontonan karena penampilannya yang ngotot dan beringas. Lagunya terdengar jelas dan powerful, durasi kerjanya pun mumpuni. Kalah rapi dan sedikit nggembos di akhir-akhir, Lowe harus puas di posisi runner up di kelas ini.

Kembali tampil gahar di kelas Murai Batu PLBC, Lowe berhasil mengunci podium pertama setelah tampil sempurna dari awal sampai akhir penilaian. Di kelas ini penampilan Lowe terlihat lebih ngotot, menekan lawan di sebelahnya dengan tonjolan lagu panjang-panjang dan berubah-ubah. Dengan hasil akhir juara 1 dan 2 ini, Lowe akhirnya dinobatkan sebagai murai batu terbaik di event kali ini.

 

SIGIT KAPAL. MB MAKAKO JUARA 3, 3, DAN 1

 

Makako, amunisi milik Sigit Kapal juga berhasil menorehkan hasil positif di event kali ini dengan meraih podium 3, 3, dan 1. Dikenal sebagai salah satu kuda hitam yang diperhitungkan, murai batu ekor hitam yang dikawal oleh Pondra ini mampu menunjukkan kinerja terbaiknya meski dalam kondisi bulu kurang utuh.

“Makako ini sebenarnya agak dipaksakan tadi, tapi alhamdulillah masih mau nampil dan nyantol. Kalah tos terus tadi, pas kelas reguler tadi kalah tos jadi juara 3, pas penentuan murai batu terbaik juga kalah tos sama Lowe. Belum rejeki,” ungkap Pondra.

 

BIMA KRAPYAK. CH BANYUMILI RAIH PREDIKAT CUCAK HIJAU TERBAIK

 

Di kelas cucak hijau, Banyumili milik Bima dinobatkan sebagai cucak hijau terbaik setelah meraih juara 1 dan 3. Di kelas utama Cucak Hijau Ayumi, Bima keluar sebagai kampiun setelah tampil maksimal dengan membawakan materi lagu kasar-kasar dan powerful.

Penampilan Banyumili di kelas Cucak Hijau Faiz pun sebenarnya cukup bagus dan digadang-gadang akan menjadi pemenang, namun keputusan juri menempatkan Banyumili di podium ketiga. Di kelas lain, gelar juara diraih oleh Argolawu, Superstar, dan Shara.

 

 

Secara keseluruhan, Ayumi Cup 2 berlangsung ramai dan kondusif terutama untuk kelas murai batu dan cucak hijau. Mewakili seluruh juri dan panitia, Mimi Ayuc mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi kicaumania di event kali ini. [asept]

 

SUASANA LOMBA

 

PENGURUS KCIK DI AYUMI CUP 2

 

KOMUNITAS KCIK

 

KOMUNITAS AKARATU

 

KOMUNITAS LKB

 

DATA JUARA AYUMI CUP 2, KLIK DI SINI

AGENDA DAN BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: ayumi cup ii

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp