ARIK KANDIDAT, TIAP PEKAN LOMBA, SELALU BAWA PULANG TROPI


ARIK KANDIDAT PACITAN BERSAMA TRIO CENDET JBS

Tiap Pekan Juara, Tropinya Sudah Ribuan

Sudah bertahun-tahun Arik Kandidat aktif turun ke lomba burung, nyaris tiap pekan. Kicaumania muda asal Pacitan ini tak hanya lomba di seputaran Jawa Timur saja, tapi juga jauh sampai ke Jawa Tengah dan DIY, lintas EO

Arik sesungguhnya mempunyai gaco dari beragam jenis, namun ia cukup dikenal luas dan disegani sebagai pemain cendet. Ia selalu memiliki beberapa ekor jago sekaligus. Kondisi terakhir saat ini, Arik mengaku ada 5 jago cendet yang benar-benar dalam kondisi siap tempur.

 

ARI KANDIDAT DI LIAR'S PARTY, PARTY-NYA CENDET MANIA

 

Secara materi, kualitas, dan performa, tak perlu diragukan. Arik jelas tak sembarangan memilih jago. Itu bisa dilihat pada bukti prestasinya. Coba kita lihat sebagian prestasi dalam beberapa pekan terakhir:

  • Grebeg Suro Ponorogo
  • Bupati Cup Ngawi
  • Kapolres Cup Magetan
  • Liar’s Party Medaeng Sidoarjo (Dewa 99)

 

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Tanpa mengesampingkan yang lain, event Liar’s Party perlu digarisbawahi. Pertama, ini adalah acara “Pesta”-nya cendet mania, 7 kelas cendet full peserta. Ke dua, Dewa 99 juga dikenal reputasi penjuriannya yang ketat dan fairplay. Nah di sini, salah satu juaranya adalah koleksi milik Arik Kandidat.

Saat ini, Arik mengandalkan 3 jago cendet yaitu Jaguar, Baracuda, dan Suarez, atau ia menyebutnya trio JBS. “Sebenarnya yang lagi kondisi ada 5, memang. Tapi yang benar-benar sedang jadi andalan ada tiga, makanya saya sebut trio. Yang belakangan ini lagi benar-benar top perform dan bergantian meraih juara, sebagian besar bisa masuk 3 besar, itu Jaguar dan Baracuda. Satu jago lainnya Suarez, bulunya masih belum kering betul,” jelas Andik.

 

PRESTASI BARACUDA & JAGUAR DI LIAR'S PARTY SIDOARJO WITH DEWA 99

 

Trio JBS ini seakan melanjutkan era jago handal sebelumnya, yaitu Trio MSV (Misteri, Suarez, dan Vinales). “Sekarang yang dua jago, Misteri dan Vinales, sudah pindah tangan, tinggal Suarez. Dulu trio ini karirnya juga bagus, sering lomba ke sana-sini, semua burungnya juga stabil penampilannya, jadi juga pulang selalu bawa tropi. Di Piala Ngayogyakarto misalnya pulang dengan juara 1, 2, dan 3.” imbuhnya.

Di rumahnya, Arik menyebut sudah mengoleksi ribuan tropi. “Dari berbagai daerah, berbagai EO. Karena saya pada dasarnya sebenarnya tidak pilih-pilih EO. Benar-benar mengandalkan kinerja dan kualitas burung.”

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO  TWISTER  di event-event terpilih, termasuk Balekambang Kumandang Surakarta, 24 November dan BnR Award 15 Desember. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline  08112663908.

 

 

Burungnews pun mencoba mengkonfirmasi kepada salah satu pengamat dan pengorbit cendet asal Wonogiri yang cukup dikenal luas dan disegani. Dialah Nanda Prasetyo, yang sehari-hari berdinas di RSUD Wonogiri, dan tercatat sebagai salah satu juri utama di Radja Garuda Nusantara (RGN).

“Saya tahu burung-burung milik Arik Kandidat, khususnya pada jenis cendet, memang bagus-bagus. Ia jeli dan pinter milihnya, benar-benar paham cendet. Dia memang kerap meminta masukan kepada sahabat-sahabat cendet mania, termasuk pada saya, tapi bukan karena dia kurang paham. Masukan biasanya menyangkut apakah kita pernah tahu sedikit banyak sejarahnya, apakah burung stabil, punya kelemahan di mana,” jelas Nanda.

 

 

Nanda lantas mencontohkan pada Baracuda. “Ini burung yang menurut saya unik dan istimewa, karena selalu ingin bisa meladeni dan mengungguli musuhnya. Kalau musuh di sebelahnya punya volume keras, ia akan mengeluarkan volume lebih keras. Kalau sebelahnya ngerol panjang, ia akan melawan dengan ngerol lebih panjang lagi. Begitu seterusnya.”

Nanda bahkan juga masih menyimpan video penampilan Baracuda. “Tapi itu video diambil tidak di lapang, tentu saja penampilannya tidak sedahsyat saat menghadapi musuh. Tapi itu juga sudah lumayan bisa menggambarkan bagaimana keunggulan materi Baracuda.”

 

CENDET BARACUDA MILIK ARIK KANDIDAT

 

Dari ribuan tropi yang sudah ada, Arik mengaku merasa kurang lengkap karena ada satu EO yang ia belum memilikinya, yaitu dari PBI. Bukan karena tidak pernah turun di EO ini.

“Dulu sebenarnya sering, tapi jujur memang sulit sekali menembus juara di PBI. Entahlah, apakah secara materi menurut pakem mereka dianggap kurang, padahal secara saya pribadi dan teman-teman pecandu cendet lainnya, sudah dianggap di atas rata-rata. Itu yang membuat dalam beberapa event terakhir membuat saya memilih berpaling ke EO lain.”

 

 

Meski begitu, dengan sejumlah jagonya yang menurutnya sudah mengikuti selera kekinian dan sekarang sedang on fire, Andik pengin mencoba lagi peruntungannya di event Balekambang Kumandang, 24 November besuk.

Trio Jaguar, Baracuda, dan Suarez, saat ini disebutnya benar-benar sudah memenuhi selera kekinian. Materinya lengkap, mau dari sisi volume, lagu, gaya, semua oke. Tinggal berharap pada waktunya mau tampil maksimal.

 

BARACUDA, JAGUAR & SUAREZ, SIAP JAJAL BALEKAMBANG KUMANDANG

 

“Ada harapan di event Balekambang Kumandang. Dari hasil tanya-tanya ke teman-teman cendet, kelas cendet di sini bakal ramai, banyak cendet mania yang mau hadir. Hal ini membuat saya merasa tertantang juga. Selalu ingin ikut ambil bagian di lomba-lomba yang ramai.”

Alasan Arik lainnya, karena para punggawa PBI di Solo juga sudah memberikan semacam jaminan sebagaimana tersebar di media bila mereka bakal berbenah, benar-benar ingin menunjukkan bila mereka ingin sukses, terutama dari sisi penjuriannya. Sebab mereka berharap gelaran berikutnya bakal kembali lebih sukses bila para peserta merasa terpuaskan.

 

MAXIMUM. Pakan Jangkrik yang praktis, membuat jangkrik lebih sehat dengan kandungan nutrisi terstandar. Lihat video tutorialnya.

 

“Tentu saja ini kabar baik, saya ingin mendukungnya sekaligus juga ingin membuktikan, semoga apa yang disampaikan itu memang bisa berjalan sesuai rencana. Kalau memang nanti saya bisa merasakan aura fairplay, pasti di event berikutnya saya juga akan ajak kawan-kawan cendeter lainnya untuk selalu memberikan dukungan.”

 

JUARA DI LIAR’S PARTY SIDOARJO,  KLIK DI SINI

BROSUR DAN JADWAL BALEKAMBANG KUMANDANG,  KLIK DI SINI

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai  TOPSONG.

KATA KUNCI: arik kandidat trio cendet jbs balekambang kumandang 4

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp