JURI DAN PANITIA ANNIVERSARY SMS

ANNIVERSARY SOLIDARITAS MURAI BATU SURAKARTA

Sukses Terapkan Lomba Tanpa Teriak, MB Asoka Jr dan Basudewo Buktikan Kualitas

Anniversarry Solidaritas Murai Batu Surakarta (SMS) yang diadakan pada Minggu, 29 Mei di Gantangan Kram Otak, Sukoharjo berlangsung seru dan menarik. Tampil gemilang, murai batu Asoka Jr, Basudewo dan Selamet buktikan kualitasnya.

Bertepatan dengan satu tahun terbentuknya komunitas Solidaritas Murai Batu Surakarta (SMS), Saprol dan kawan-kawan mengadakan lomba burung berkicau khusus murai batu di Gantangan Kram Otak BC Sukoharjo pada Minggu, 29 Mei 2022. Meski hanya melombakan murai batu, event yang menggandeng juri independen ini dihadiri pemain dari Solo, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Sragen, dan Semarang. Dalam event ini tampak juga komunitas Borneo Solo Raya (BSR) yang meramaikan gelaran.

 

 

MOTOR PENGGERAK KOMUNITAS SMS

 

Dibukanya kelas murai batu komunitas dengan tiket terjangkau diharapkan bisa memberikan ruang bagi para anggota komunitas SMS yang didominasi oleh akar rumput untuk menunjukkan kualitas gacoannya. Peserta diijinkan duduk di pinggir gantangan untuk memantau burungnya sehingga gelaran berlangsung kondusif dan tanpa teriak.

 

 

Diawali dengan pemotongan tumpeng dan sumpah juri, lomba diawali dengan kelas Opening Murai Batu SMS pada pukul 11:00 WIB. Peserta yang merupakan anggota SMS berkomitmen untuk memberi contoh dengan duduk tertib di pinggir gantangan, tanpa teriak sehingga suara kicauan burung bisa dinikmati.

 

KOMUNITAS SMS BERFOTO SETELAH SESI OPENING

 

Keberhasilan konsep tanpa teriak yang diterapkan di sesi pembuka ini diikuti oleh kelas-kelas berikutnya, terbukti dari 13 kelas yang dilombakan suasana tetap kondusif tanpa teriakan ekstrim. Ketegasan panitia yang tanpa pandang bulu apakah kawan atau bukan menjadi kunci keberhasilan event ini.

Munyer yang memantau langsung kelas murai batu pastol langsung mendiskualifikasi gantangan 16 yang dianggap bukan pastol. “Gantangan 16 diskualifikasi, bukan pastol,” tegasnya sambil mengangkat tangan kanannya setelah berdiskusi dengan juri. Hal ini merupakan bukti ketegasan panitia dalam menerapkan aturan.

 

MUNYER. TEGAS DALAM MENERAPKAN ATURAN LOMBA

 

Laga seru yang tersaji di kelas utama Murai Batu Anniversary (16G) akhirnya dimenangkan oleh Predator yang disusul oleh Siluman dan Naruto. Di kelas Murai Batu Solidaritas, penampilan maksimal murai batu Basudewo mengantarkan amunisi milik Mbah Gito Saritem SF ini menduduki posisi runner up.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Tampil mencolok dengan gaya sujud-sujud sembari bongkar lagu, Basudewo yang menempati gantangan pinggir menjadi tontonan menarik bagi peserta. Meski sujud-sujud, materi lagunya yang gonta-ganti dan panjang terdengar jelas.

 

SARITEM SF. MB BASUDEWO JADI TONTONAN

 

“Kami sangat bersyukur Basudewo tampil maksimal. Lagunya ditumpahkan semua. Lebih bangganya lagi Basudewa jadi pusat perhatian dan jadi tontonan peserta lain,” ungkap Aris.

Penampilan tak kalah gemilang juga ditunjukkan oleh murai batu Asoka Jr yang meraih podium pertama di kelas Murai Batu Surakarta. Meski masih bulu baru dan turun perdana paska mabung, Asoka Jr tampil menonjol dibanding rival-rivalnya.

 

KOMBAT BC. MESKI BULU BARU, ASOKA JR BERHASIL NAIK PODIUM

 

“Asoka Jr tadi main dua kali, tiket 300 sama 200. Pas tiket 300 nggak masuk, kurang hoki. Baru pas tiket 200, Asoka Jr jadi juara pertama. Meski menang tapi masih banyak PR, ini settingannya belum saya beri full karena bulunya masih basah. Nggak sia-sia kita datang jauh-jauh dari lereng Merbabu turun ke sini,” ungkap Aris Kombat.

Hasil positif juga didapatkan oleh Bolo Selawase bersama murai batu Selamet yang menduduki podium kedua di kelas Murai Batu Bursa. Berikan perlawanan sengit pada Restu, Selamet berhasil menunjukkan potensinya sebagai salah satu ancaman di masa yang akan datang.

 

BOLOSAKLAWASE.  MB SELAMET RUNNER UP DI KELAS BURSA

 

Bom Bom yang mengawal Selamet mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil yang didapat di event kali ini. Meski belum ada penawaran, Bom Bom mengaku puas dengan penampilan yang ditunjukkan murai batu milik Mr. Andi Tower ini di kelas bursa. “Kita sudah tahu resiko main di kelas bursa, seandainya ada yang minat dan benar-benar serius ya kita kasihlah,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, Anniversary SMS berlangsung tertib, kondusif, tanpa teriak, dan nyaris tanpa protes sama sekali. Seiring dengan bertambahnya usia, diharapkan SMS bisa lebih baik lagi sebagai wadah bagi murai batu mania di Surakarta. [danu]

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

JURI ANNIVERSARY SMS

 

KOMUNITAS BORNEO SOLORAYA. RAMAIKAN GELARAN

 

SUASANA KELAS UTAMA MURAI BATU ANNIVERSARY

 

PESERTA DUDUK TERTIB DI PINGGIR GANTANGAN

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

 

 

KATA KUNCI: anniversary sms

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp