PANITIA DAN TEAM JURI ANNIVERSARY SMS

2nd ANNIVERSARY SMS FEAT KRAM OTAK + DATA JUARA

Tempat Lomba Senyaman-Nyamannya

Kalau saja tak ada banyak kendaraan roda 4 dan 2 terparkir, tidak menyangka di lokasi ini ada gantangan burung. Lazimnya, dari jarak sekira 50-100m, sudah terdengar jelas serak sore peserta, entah bersiul, niup peluit, tepuk tangan, teriak nomor gantangan, bahkan manggil nama juri.

Apalagi ini di perkampungan yang cukup tenang, jauh dari kebisingan lalu lalang kendaraan. Di sini senyap, bahkan sampai di bawah gantangan pun, kita hanya dengar suara burung. Sesekali ada celetukan yang cukup bisa didengar dari kanan kiri, sembari bercanda.

 

 

Tak tampak ada pagar, tidak ada juga panitia yang secara khusus menjadi petugas keamanan. Para peserta sebagian besar duduk. Ada puluhan kursi, ada bangku panjang baik dari papan kayu maupun bambau. Sebagian lagi memilih berdiri, atau duduk berjongkok.

Namun semuanya tertib. Secara umum tidak ada yang sampai berteriak keras. Sepertinya, bila sampai ada orang yang berteriak, bakal malu karena langsung ditonton oleh peserta lainnya.

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Begitulah yang terjadi dalam event 2nd Anniversary SMS (Solidaritas Murai Surakarta), Minggu 2 Juli 2023. Lomba bertempat di gantangan Kram Otak, Telukan, Sukoharjo. Gantangan masuk lumayan dalam, dari jalan utama Solo Baru – Sukoharjo.

Situasi adem ayem seperti itu, ternyata bukan hal baru. “Sudah jadi tradisi, lombanya ya seperti ini. Nyantai, suara burung harus bisa kita dengar bersama, ya juri ya peserta sama-sama bisa memantau dan mendengar dengan baik. Dengan begitu, kita bisa sama-sama menjadi “juri”. Jadi kelihatan semua burung yang benar-benar kerja dan berkualitas dan layak juara,” juar Mr. Munyer, pengelola Kram Otak.

 

MR MUNYER MENYERAHKAN PENGHARGAAN KEPADA KOMUNITAS

 

Rudy, kolega Munyer di Kram Otak, menggarisbawahi. “Ini memang gantangan kampung ya, fasilitasnya ya begini saja, sederhana, jauh dari kemegahan yang sekarang banyak ditunjukkan oleh beberapa EO baru. Tapi dari kesederhanaan ini, kita ingin kicaumania yang ke sini bisa merasa nyaman, tenang, dan penjurian pun bisa terima. Bisa Anda lihat, dalam setiap lomba di sini ya situasinya seperti ini terus. Selalu tertib dan senyap, selalu penuh canda tawa.”

Itulah salah satu alasan para murai batu mania yang tergabugn dalam SMS, memilih Kram Otak sebagai lokasi sekaligus juga pelaksana lomba dalam rangka Anniversary yang ke-2. “Ya kita ingin suatu lomba yang meninggalkan kesan yang baik. Yang selama lomba merasa nyaman. Saya kira di sini salah satu tempat yang pas,” ujar Abu, Ketua SMS.

 

 

Di sini pula untuk pertama kali ada kelas yang wajib sangkar SMS. “Pesertanya belum penuh, karena yang punya sangkar memang belum banyak. Memang belum lama kita perkenalkan sangkar seragam,” imbuh Abu.

Dari lomba-lomba pinggiran seperti ini, justru kerap muncul jago-jago baru yang kelak bakal menjadi jago papan atas nasional. Ya, secara perfoma dan kualitas, belum tentu kalah dengan di gantangan besar. Kadang kala, hanya soal kesempatan saja yang belum datang untuk bermain di event besar.

 

PERTAMA SANGKAR SMS DIPAKAI LOMBA

 

Sebagian besar peserta memang masih dari seputar Solo Raya. Namun ada juga yang datang cukup jauh. Ketika ada burung juara, yang kalah ternyata memberikan aplaus, memberikan selamat, dan mengakui keunggulan lawan.

Siapa para juara di Anniversary SMS? Kita simak di bawah ini. [maltimbus]

 

UNTUNG HANTU  LAUT DAN MB POLYPONIC

 

 

DATA JUARA 2nd ANNIVERSARY SMS @ GANTANGAN KRAM OTAK SKH:

 

Hati-hati, makin gencar beredar produk PALSU! Pastikan anda mendapatkan produk SUPER-N asli. Jangan ragu memastikan kepada kios/toko, minta ditunjukkan kardus yang ASLI adalah seperti di bawah ini. Perhatikan juga warna, bentuk, dan ciri BOTOL SUPER-N yang asli.

 

GALERI FOTO 2nd ANNIVERSARY SMS @ GANTANGAN KRAM OTAK SKH:

KLIK WAKTU POSTING (KIRI ATAS, BAWAH TULISAN BURUNGNEWS.COM) ATAU "KOMENTAR" (TENGAH BAWAH) UNTUK MEMBUKA DAN MEMBESARKAN FOTO GALERY

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

BROSUR BURSA KICAU SOLO RAYA:

 

BROSUR KAPOLRESTA SURAKARTA CUP:

 

 

BROSUR ROAD TO SOLO FAIR FACTOR:

 

BROSUR BUPATI CUP KLATEN:

KLIK WAKTU POSTING (KIRI ATAS, BAWAH TULISAN BURUNGNEWS.COM) ATAU "KOMENTAR" (TENGAH BAWAH) UNTUK MEMBUKA DAN MEMBESARKAN BROSUR / JADWAL

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: 2nd anniversary sms feat kram otak

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp