MATA BERAIR, GEJALA UTAMA PENYAKIT SNOT PADA BURUNG


AANG DARI LBL TEAM BANDUNG

10 Cara Cepat Mengatasi Penyakit Snot pada Love Bird

Salah satu penyakit yang sering menyerang love bird adalah penyakit snot. Yang diserang adalah area mata. Dalam bahasa ilmiahnya yaitu Infectious Coryza.

Penyakit ini bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Bakteri yang menyebabkan snot adalah Haemophilus Paragallinarum yang infeksinya menyerang ke saluran pernafasan love bird kemudian ke bagian mata.

Jangan remehkan, bila tidak ditangani denagn baik, snot juga bisa berakibat pada kematian.

 

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Berikut ini beberapa hal yang ditengarai menjadi sumber penyebab burung terkena penyakit snot, antara lain:

  1. Terkena debu atau udara yang kotor
  2. Bakteri dari kotoran yang menumpuk di dalam kandang
  3. Asap yang masuk ke kandang love bird
  4. Lingkungan yang kurang bersih sehingga banyak penyakit yang membuat love bird mudah terkena snot.
  5. Love bird tertular snot dari unggas atau burung lainnya.

 

Gejala dan tanda-tanda love bird yang terkena snot:

  1. Matanya basah atau berair
  2. Matanya terlihat kemerahan
  3. Love bird sering memejamkan matanya
  4. Selalu menggembungkan bulu
  5. Sering tertidur
  6. Tidak bergairah dan kurang lincah gerakannya.
  7. Nafsu makan love bird menjadi berkurang.
  8. Jarang berbunyi


 

Para love bird lovers harus waspada terhadap penyakit yang satu ini. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi dalam menanganinya, sebab jika proses penyembuhannya kurang tepat akan mengakibatkan mata love bird menjadi bengkak sehingga dapat menurunkan daya tahan love bird, bahkan bisa dan sering menyebabkan kematian.

Aang dari LBL Team Bandung, salah satu love bird lovers yang sudah berpengalaman dari kota kembang, membagikan tips tentang cara mengatasi love bird snot, di antaranya:

  1. Memisahkan love bird yang terkena snot dari love bird lainnya.

Karena penyakit snot merupakan penyakit yang bisa menular, maka langkah pertama yang dilakukan adalah love bird tidak boleh dicampur. Segera dipisah dari love bird lainnya supaya tidak menular. Penularannya bisa melalui tempat pakan, tempat minum, dan udara.

 

  1. Tidak memandikan love bird

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah menyebarnya bakteri akibat love bird yang disemprot atau bakteri yang berada di kandang. Untuk menjaga atau mengsiolasi supaya tidak memperparah penyakit snot jika air sampai masuk ke dalam mata love bird.

 

 

  1. Mengurangi durasi penjemuran

Untuk mencegah mata love bird berair karena terkena debu, maka durasi penjemuran tidak boleh terlalu lama. Sekitar 15 menit saja sudah cukup, supaya mata love bird tidak iritasi akibat udara dan debu.

 

  1. Membersihkan mata dengan air hangat

Air hangat dioleskan di bagian mata sebelah luar untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel di sekitar mata love bird. Ini adalah  tindakan pertama, supaya bakteri dan kotoran yang menempel bisa hilang atau paling tidak banyak berkurang. Pembersihan bisa dilakukan dengan kapas atau kertas tisu dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

 

  1. Membersihkan mata dengan rebusan daun sirih

Daun sirih adalah salah satu cara alami yang bisa digunakan sebagai bahan antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri dan penyakit lainnya. Biasanya yang sering digunakan adalah daun sirih merah.

Teknik pemakaiannya yaitu dengan menggunakan beberapa lembar daun sirih yang direbus dengan air. Tunggu sampai air dari rebusan dingin, kemudian diteteskan pada mata love bird yang terkena snot.

 

 

  1. Love Bird Full dikerodong

Untuk mengatasi udara kotor, asap, dan menghindari menularnya penyakit snot pada love bird lainnya, selain dipisah juga perlu dikerodong selama proses penyembuhan.

 

  1. Memberikan asupan pakan secara teratur

Burung yang sedang dalam proses penyembuhan, asupan pakan harus diperhatikan baik gizinya, kualitas, dan tambahan extrafoodingnya.   Untuk memastikan kondisi kesehatan love bird harus selalu terjaga.

 

  1. Membersihkan kandang love bird secara teratur

Beberapa sebab terjadinya snot pada love bird adalah karena bakteri yang membuat daya tahan love bird menurun, maka masalah kebersihan kandang harus selalu dijaga tiap hari. Makanan dan minuman juga harus diganti tiap hari supaya selalu bersih. Sebelumnya kolak tempat makan dan minumnya juga mesti dibersihkan.

 

  1. Memberikan vitamin selama proses penyembuhan

Pakan tambahan berupa vitamin bagi love bird perlu diberikan dalam proses penyembuhan ini. Pemberian vitamin pada love bird akan meningkatkan vitalitas love bird dan mempercepat proses penyembuhan penyakit snot.

 

 

  • Memberikan obat khusus anti snot pada love bird.

Sekarang sudah banyak sekali obat anti snot yang dijual di pasaran. Salah satu yang banyak dianjurkan karena sudah banyak terbukti adalah perpaduan pemberian Leman’s (diberikan melalui mulut) dan pemberian Snotgo (diteteskan ke mata).

Bila di kios sekitar Anda belum tersedia, Anda bisa membelinya melalui Buka Lapak atau Toko Pedia, atau menghubungi nomor hotline 0822.4260.5493 (Jatim Tapal Kuda), 0811.3010.789 (Jombang dan sekitarnya), 0815.4846.9464, 0815.7833.9142(wa) (Solo Raya), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar).

 

 

KATA KUNCI: snot

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp