KRU B16, RAYAKAN KEMENANGAN CROSSER (dok. ikrom trend kicau)

3M MASTERPIECE ARENA + DATA JUARA

Ada yang Nuduh Sudah Tua Banget, MB Crosser Umur 7 Bulan dengan Ring Emas SMM Jadi Rebutan + VIDIO

Crosser, nama yang lagi viral, tak hanya di blok barat, tetapi juga meluas hingga ke blok timur. Semua itu karena aksinya yang menawan di CRKB Tangerang (12/3) dan 3M-Masterpiece Arena, Minggu 26 Maret 2023.

Jagoan hasil kebun sendiri dari B16 Aviary milik H. Sadat itu meraih podium 2 dan 1 di kelas utama tiket termahal 1,1 juta (3M-A dan 3M-B). Menariknya, setelah ramai diperbincangkan pasca tambil di CRKB, ada yang menuduh dan kemudian jadi polemik luas, menyebut bila Crosser itu burung yang sudah tua, pakai banget.

 

SENYUM H SADAT LIHAT PENAMPILAN CROSSER DI 3M (dok. ikrom trendkicau)

 

Polemik ini diceritakan oleh Nanda Putra, salah satu kepercayaan H. Sadat. "Padahal, dari paruhnya saja masih merah ping, menunjukkan masih muda belia. Itu real baru 7 bulan umurnya, baru sekali mabung. Kami sih menanggapi polemik itu dengan tertawa saja, he he he,” ujar Nanda Putra.

Apresiasi atas penampilan Crosser sejak tampil di CRKB memang luar biasa. “Waktu juara di CRKB, sesungguhnya belum punya nama. Sambil bercanda, kami bahkan sempat buat sayembara usulan nama,” imbuh Rony, mekanik H. Sadat lainnya.

Menariknya lagi, sebagian besar yang menghubungi langsung H. Sadat untuk mengajukan penawaran, justru datang dari blok timur. Adi Bonsai,  murai mania beken yang menjadi salah satu pengurus SMM, salah satunya.

 

 

"Kalau dari barat, salah satu yang sudah mengajukan penawaran, Utis,” ungkap Nanda.

Nilai penawaran sendiri cukup fantastis, bila mengingat burung baru tampil 2 kali, masih umur 7 bulan.  Menurut Nanda, ada yang langsung membuka harga 250 juta.

“Karena banyak sekali murai mania dari blok timur yang mengajukan penawaran, kami sempat salah, dikiranya menawar untuk dipakai Pak Hidayat Batubara atau MHB. Ternyata bukan, untuk bos yang lain. Kami mohon maaf bila sempat tersebar luas ke publik, mungkin itu salah, bukan maksudnya untuk numpang pansos dengan menyebut nama beliau.”

 

ANTOK JIP, SALAH SATU PENDIRI 3M. (dok. awank bnr)

 

Setelah tampil apik dan meraih juara 1 dan 2 di 3M, H. Sadat makin dibuat kewalahan menerima kontak dari para koleganya. Ia sampai harus meminta media untuk menghapus atau take down publikasi vidio aksi Crosser, dengan maksud supaya tidak terlalu banyak yang mencarinya. 

“Saya sampai diminta take down vidio Crosser yang sempat tayang di tik tok dan viral. Ji Sadat sudah benar-benar kewalahan menerima banyak pinangan, padahal belum berkenan untuk menjual, buka harga juga belum mau,” kenang Ikrom, salah satu pewarta dari Trendkicau.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Apakah segala keistimewaan Crosser itu menurun dari bapak dan ibunya? Setelah dirunut, induk  Crosser adalah jantan adiknya Meong, dikres dengan betina ekor panjang. Ada pun Meong dan adiknya (bapaknya Crosser), didapat dari hasil ternak Yongky Bangka. jantan - betina ori dari hutan di Bangka.

Sejak trotol, Crosser sudah dimaster sendiri di markas B16. "Kebeetulan, kami punya cukup banyak koleksi burung master yang bagus-bagus, tempat yang memadai dan cocok buat memaster. Alhamdulillah, burung-burung hasil didikan sendiri hasilnya cukup bagus. Crosser bisa menjadi pelapis dan suksesor dari Meong hingga Megaloman."

Bila mengamati lebih detil pada tubuh Crosser, di salah satu kakinya tampak tersemat ring warna keemas an. “Itu memang ring emas beneran, ring emas dari SMM,” tegas Nanda.

 

SUASANA PENILAIAN DI 3M MASTERPIECE ARENA (dok. awank bnr)

 

Terkait ring emas SMM, burungnews mengkonfirmasi kepada Dwi Jalu, sekjen SMM dan Abah Tatuk, Ketua SMM. Keduanya pun menjelaskan, bila ring emas SMM, sudah berjalan sekitar satu tahun.

“Ring emas SMM, bisa didapatkan oleh member, rekom, dan masyarakat umum yang belum jadi member atau rekom, tapi belinya lewat member atau rekom,” jelas Dwi Jalu.

Sementara itu, Abah Tatuk menambahkan bila ring emas, itu bukan sekadar nama, tapi bahannya memang emas asli. “Bukan hanya warna keemasan terus kita sebut ring emas. Selain kita punya data pembeli secara detil, itu juga ada surat resmi dari toko emas yang menunjukkan harga, karat, dan gramasi.”

 

CROSSER, PAKAI RING EMAS SMM, USIA 7 BULAN, PARUH MASIH MERAH PING

 

Secara SMM, program ring emas tidak diistimewakan untuk orang atau burung tertentu. Semua member, rekom, bahkan yang di luar bisa beli, meski harus “titip” lewat member atau rekom. “Bahwa di tangan pemakai kemudian diistimewakan, ya sah-sah saja. Mungkin karena bahannya emas beneran, jelas lebih mahal ketimbang ring konvensional, atau karena ada label SMM, atau gabungan keduanya. Tentu kita dari SMM juga ikut senang dan bangga bila burung yang memakai ring dari kami mulai tampil dan berprestasi.”

Sementara itu, dalam tampilan di vidio yang bisa dilihat di bawah berita ini, Rony menyebutkan, rencana berikutnya, Crosser kemungkinan akan menjajal kerasnya pertarungan di SMM.

Pembaca yang budiman, jangan lupa agenda penting di blok barat berikutnya, 2 April event Media Award bersama team juri KMI di Intercone Stadium. Di Bandung, ada Viking Bird Championsip.  Bergeser ke blok tengah, 9 April ada Wonogiri Fair Battle, lanjut Halal Bihalal Kicaumania di Goro Assalam Solo pada 23 April. Lihat brosur-brosurnya setelah data juara. [maltimbus]

 

BROSUR PIALA PESONA INDONESIA, KLIK STOP PRESS BERIKUT: 

 

DATA JUARA 3M-MASTERPIECE ARENA, 26 MARET 2023:

 

KATA KUNCI: 3m masterpiece arena mb crosser ring emas smm h sadat b16 aviary adik mb meong yongky bangka bf anto jip farid malang coumpaq nanda putra

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp