AKSI KACER SILIWANGI, MENGHENTAK DARI AWAL - AKHIR


1967 CUP BALI

Kacer Siliwangi Makin Menggigit

Di Bali, nama kacer Siliwangi semakin disegani. Selama bulan September hingga Oktober, dilombakan setiap pekan tak pernah zonk. 3 Oktober, kembali turun di 1967 Cup di gantangan Legian, hasilnya borong juara 2 dan 1.

Pada sesi awal, penampilan Siliwangi diakui kurang menggigit. Jago milik Mr. Irul BML SF ini rupanya berada di gantangan yang posisinya kurang baik, kanan-kirinya tidak ada burung yang mengapit.

 

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk hwamey, murai batu, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon / vocher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER. Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda motor, hingga mobil baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021.

 

Pada sesi berikutnya, Mr. Udin selaku mekanik pun lebih selektif sebelum menggantang, mencari titik yang sekiranya ada burung lain di kanan-kirinya. Benar saja, begitu melihat musuh penampilannya lebih ngotot, langsung tancap gas sejak awal digantang.

Sayapnya sampai bergetar, mulutnya terbuka begitu lebar sampai tampak mau sobek, menandakan powernya dikeluarkan total. Materi lagu lovebird, cililin, menggelontor kasar nyaris tanpa jeda.

 

 

Para juri pun tanpa ragu menancapkan koncer A di bawahnya. Hasil dua kali turun, juara 2 dan 1, sudah cukup mengantarkan Siliwangi dinobatkan jadi Kacer Terbaik di 1967 Cup.

“Kalau setingan sebenarnya biasa saja, sangat simpel. Cukup saya kasih EF jangkrik secukupnya saja, sampai tampak kenyang beberapa saat sebelum naik. Dia di gantangan memang diupayakan diapit burung minimal di dua sisinya, syukur 4 sisi bisa terapit semuanya,” jelas Udin kepada burungnews.com.

 

Mr IRUL BML DKK DI GANTANGAN LEGIAN, KACER SILIWANGI TERBAIK

 

Aksi memikat yang ditunjukkan Siliwangi, rupanya membuat ada yang kepincut. Seseorang tampak menghampiri Mr. Irul dan langsung menanyakan apakah Siliwangi hendak dilepas. Ia bahkan langsung mengajukan pinangan dengan mahar 30 juta rupiah.

Mr. Irul belum mau melepasnya, karena harga yang ditawarkan dianggap belum sesuai dengan kualitas yang sudah ditunjukkan oleh Siliwangi. “Ini tadi bukan penampilan burung kagetan. Catatan prestasinya sudah panjang, dari bulan September hingga Oktober saja tiap hari Minggu kita turunkan, selalu masuk kejuaraan,” jelas Mr. Irul.

 

 

Di Bali, sejumlah gantangan mulai buka secara reguler. Mr. Irul juga berharap gelaran lomba yang lebih resmi, prestis, dan dikemas akbar juga segera bermunculan. “Biar kami juga bisa segera menguji ketangguhan jagoan di level yang lebih tinggi, tanpa harus menyeberang jauh ke Jawa,” imbuhnya.

Secara umum, di Bali persaingan di kelas kacer juga cukup seru dan ketat, tidak terpaut jauh dengan kelas lain yang lebih favorit seperti murai batu, anis merah, dan cucak hijau.

 

 

Hujan yang mulai turun, sedikit banyak bisa mengganggu perfoma burung, bila tidak ditangani dengan baik. Ada kalanya proses rutin seperti penjemuran tidak bisa maksimal karena cauca yang mulai kurang bersahabat.

Untuk tetap menjaga kondisi burung tetap fit, bisa dengan memberikan paduan Leman – Quattrick. Produk ini bisa didapatkan melalui market place seperti bukalapa, shoope, dan tokopedia. [bilal, maltimbus]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: 1967 cup bali kacer siliwangi

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp