KENARI POTENSI TERSERANG FLU DAN PILEK KARENA VIRUS.

Waspadai Kenari yang Mengeluarkan Cairan dari Hidungnya

Perubahan cuaca yang mencolok berdampak pada kenari kesayangan, burung mudah mengalami sakit flu atau pilek dengan gejala lubang hidung selalu mengeluarkan cairan. Kalau sudah demikian, burung akan kehilangan nafsu makannya hingga berdampak pada kematian.

 

 

Dampak dari flu tersebut meliputi :

-              Nafas burung terganggu seraya disertai bunyi atau singkatnya pernafasan tidak lancar lagi.

-              Kenari kerap mengalami bersin-bersin dan batuk.

-              Kedua mata kenari bersangkutan terlihat sayu dan berair

-              Kenari pun terlihat lemas, lesu serta kedinginan.

-              Kalau hujan turun, kenari cenderung mengembangkan bulunya.

 

Tanda-tanda demikian harus benar-benar diperhatikan oleh si empunya agar kenari tidak terlanjur sakit “kebablasan” hingga mati merana. Andaikan kenari benar-benar gajala sakit flu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni: mengkarantina kenari yang sakit tadi dari burung lain yang masih sehat supaya tidak menularkan virusnya.

Kenari ini dimasukkan sangkar tersendiri dan diletakkan di dalam ruangan yang tidak terkena angin (ruangan tertutup). Sangkar diupayakan dikerodong. Di dalam sangkar diberi lampu bohlam (5 watt) karena fungsinya dapat menghangatkan tubuh si kenari sendiri.

 

DI MUSIM PENGHUJAN, BURUNG LEBIH RENTAN TERGANGGU KESEHATANNYA. Kondisi yang basah atau lembab memang kondusif bagi pertumbuhan dan penyebaran bibit penyakit.

Banyak  sekali obat-obatan yang tersedia di pasaran, mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Yang selama ini paling banyak dipakai dan cespleng adalah Super N, dari Super Kicau. Anda juga bisa mencoba dengan Lakurus, obat dengan spektrum yang lebih luas, mengobati lebih banyak penyakit.

 

Persediaan pakan dan minum tetap reguler seperti biasanya. Selain pakan, kenari juga diberi multivitamin seperti BirdVit, Vitabolis dan lain-lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Multivitamin ini bisa dicampur pada minuman atau pakannya.

Mengupayakan kenari sakit tadi jangan dimandikan dan dijemur sebelum kondisinya benar-benar pulih. Saat sakit, kenari tadi dihindarkan dari suara burung lain, apalagi memasternya dengan burung lain. Terkecuali kenari ini sudah sehat, maka bebas didengarkan suara burung lain.

Hanya dengan cara-cara demikian, maka kenari akan sehat kembali dan pulih dari sakitnya. Malahan setelah sakit hilang, ia bisa gacor lagi seperti sedia kala termasuk bisa diikutkan lomba.

 

KENARI SEHAT. AKTIF BERGERAK DAN PANDANGAN TAJAM.

 

Adapun ciri kenari yang sembuh dari flu dan pilek setelah diterapi atau pun diobati di antaranya :

-              Cairan/lendir dari dalam hidung dalam waktu 4-7 hari akan hilang dengan sendirinya.

-              Kenari sudah aktif bergerak.

-              Mata kenari sudah kembali normal alias tidak sayu dan punya pandangan tajam kembali.

-              Kenari tadi tidak mengembangkan bulu-bulunya saat hujan turun.

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: waspadai kenari yang mengeluarkan cairan dari hidungnya

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp