Pelepasan Ratusan burung Endemic


Warta PBI CAB. KAB. BLITAR

Ratusan Burung Endemik Dilepaskan

Visi dan Misi PBI Cab. Kab. Blitar benar-benar dilaksanakan, selain membina penangkar, juga melakukan pelepas liaran burung endemik

Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Kabupaten Blitar kembali melakukan aksi peduli lingkungan. Kali ini dengan melaksanakan penanaman pohon dan pelepasan ratusan burung endemic seperti Prenjak , Glatik, Kolibri, Perci danjenis burung endemic lainnya.  Kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan Jambore Pegiat Lingkungan dan Kemah Bhakti Saka Kalpataru di kawasan Wisata Puspa Jagad, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, 30 November hingga 1 Desember 2019.

 

Ainur Rofiq (Paling Kiri), Ketua PBI Cab. Kab. Blitar

 

Ketua PBI Cabang Kabupaten Blitar, D. Ainur Rofiq, ST. M.Si. mengatakan, penanaman pohon dan pelepasan burung ini sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi alam dan satwa yang ada di daerah. “Saat ini satwa liar seperti burung-burung liar di daerah tidak banyak kita jumpai lagi di alam. Hal ini dikarenakan burung-burung tersebut terus diburu. Karena  itu, kegiatan pelepasan burung ini sebagai bentuk kepedulian PBI Cab. Kab. Blitar bersama para penangkar burung di Kabupaten Blitar atas kondisi yang ada saat ini,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Ainur Rofiq, dalam kegiatan ini PBI Cabang Kabupaten Blitar melepaskan sekitar 250 ekor burung endemik lokal. Harapannya, untuk menyadarkan masyarakat agar menjaga alam dan satwa serta tidak melakukan perburuan secara liar. “Kegiatan ini kita mengajak sekitar 15 anggota PBI Cabang Kabupaten Blitar, untuk mewakili teman-teman penangkar burung,” jelasnya.

 

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia atau hubungi 08113010789

 

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Andrik P., dikatakanya, kelestarian satwa liar di Kabupaten Blitar merupakan tanggung jawab bersama. Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian alam dan satwa liar yang ada di Kabupaten Blitar. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk melestarikannya," ungkap pria yang juga anggota Fraksi Demokrat, di sela-sela kegiatan Jambore Pegiat Lingkungan dan Kemah Bhakti Saka Kalpataru.

Sementara itu, Wakil Ketua PBI Cabang Kabupaten Blitar,  Satya Nova Trilaksana, ST. menerangkan kalau kegiatan pelepasan burung ini merupakan program yang sesuai dengan visi misi PBI yangg ingin menjaga alam. "Ini sesuai visi dan misi PBI, termasuk menjaga keberadaan burung di alam dan juga mengedukasi masyarakat sekitar agar ikut menjaga apa yang sudah kita lepas hari ini. Kalau inisiatif itu datang dari masyarakat sendiri tentu sangat bagus dan kami dari PBI InsyaAlloh pasti mendukung penuh," tandasnya.

 

Sinyo Speed, Wakil Ketua PBI Cab. Kab. Blitar, Saat melepas Burung Endemic

 

Ditambahkan pria yang kerap dipanggil Sinyo Speed ini, PBI juga membina para penangkar burung yang selama ini banyak dimanfaatkan masyarakat, misalnya utk lomba. Ke depan. PBI punya cita-cita besar, burung yang dipelihara masyarakat itu sepenuhnya dari hasil tangkaran, tidak ada yang dari hasil tangkapan dari alam lagi.

"Strategi kita tetap komitmen terhadap konservasi dengan secara bertahap mengurangi jenis lokal non penangkaran dengan diiringi upaya intensif untuk menggiatkan upaya konservasi. Yakni melalui penangkaran dan penyediaan habitat penghijauan (ex-situ dan in-situ)," jelasnya.  Sehingga nantinya lomba burung yang digelar berwawasan konservasi dan seluruh insan PBI punya rasa tanggung jawab kepada konservasi, adanya keseimbangan Ekosistem.

 

PBI Cab. Kab. Blitar, Gerakan Peduli Lingkungan

 

"Ini akan menyadarkan masyarakat bahwa satwa burung itu bukan warisan nenek moyang kita melainkan titipan utk anak cucu kita. Kira-kira begitu filosofinya," terang Sinyo Speed.  Diharapkan, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan dinas terkait lainya   bisa mendukung dan mengapresiasi kegiatan seperti ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Ir. M. Krisna Triatmanto, M.Si. mengatakan, kegiatan dalam rangka peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa ini dilaksanakan pula dengan menggelar Kemah Bhakti Saka Kalpataru. Kegiatan ini diikuti sekitar 130 peserta dari siswa SMA dan SMP di Kabupaten Blitar.  Selain itu, ada pula acara Kemah Bhakti Saka Kalpataru .”Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini, diantaranya pada pegiat lingkungan, Karang Taruna Puspa Jagad,  dan PBI Cabang Kab Blitar,” katanya.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Giat PBI cabang Kabupaten Blitar tahun 2019 sangat beragam, seperti mengumpulkan para peternak dan pelestari burung endemic untuk menyamakan presepsi yakni pelestarian. Kegiatan lainya dengan keikutsertaan bersama para pegiat lingkungan hidup dalam kegiatan bersih sampah serentak dalam World Cleanup Day yang dilaksanakan di daerah Kesamben. Kedepan, PBI Kabupaten Blitar terus menggelorakan semangat cinta lingkungan dan satwa. Hijau bumi ku, biru langitku. Salam Lestari.

AGENDA LOMBA, KLIK DI SINI

 

Penanaman Pohon, Penghijauan

 

PBI Cab. Kab. Blitar Gerak Nyata Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup

 

Sambut kehadiran TEAM PROMO TWISTER di event-event terpilih, termasuk BnR Award 15 Desember. Dapatkan sampelnya, coba dan buktikan kualitasnya, berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

KATA KUNCI: pbi cab. kab. blitar

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp