TO SHUKA PUPUAN, JAGA KELESTARIAN BIAR ATM TIDAK PERNAH KOSONG


TO SHUKA, PENGEPUL DARI PUPUAN BALI

Anis Merah Ibarat ATM Abadi, Harus Bisa Jaga dan Merawat Agar Tidak Punah

Menjadi pengepul anis merah yang sukses, ternyata berawal karena kesukaan atau kecintaannya pada jenis burung yang masih terjaga dengan baik habitat dan populasinya di Bali. Ratusan ekor trotol yang dikumpulkan To Shuka dari Pupuan, belum mampu memenuhi permintaan agen-agen di Jawa.

Sejak 2017-2021 permintaan akan trotolan anis merah ring TS (To Shuka) meningkat drastis. Menurut To Shuka, permintaan pasar anis merah setiap tahun terus bertambah.

 

Burung Trotol, temasuk jenis anis merah, sangat rentan sakit. Salah urus bisa berakibat kematian. Berikan Super-N, burung tetap sehat. Buktikan!

 

"Sejak saya menjadi pengepul anis merah tahun dari 2017 sampai saat ini, memang permintaan trotolan anis merah  di pulau Jawa semakin meningkat," ungkap To shuka.

To Shuka tidak begitu saja menggeluti dunia bisnis pengepul anis merah. “Saya sebenarnya juga meneruskan dari orang tua, mengepul burung-burung anis merah asli Pupuan yang sejauh ini memang banyak diburu. Karena sejak kecil sudah dikenalkan pada anis merah, akhirnya jadi cinta mati.”

 

PULUHAN TROTOL ANIS MERAH DI TEMPAT TO SHUKA

 

Sumber trotolan anis merah yang kemudian dipasangi ring TS, selain dari membeli langsung ke petani, juga mengambil di kebun sendiri. “Kebetulan kebun sendiri masih ada, masih jadi tempat yang nyaman buat anis merah untuk beranak pinak. Sebagian kita ambil, sebagian kita biarkan tumbuh dewasa dan kelak akan menjadi indukan penerus sehingga dari kebun sendiri akan terus bisa diambil anakannya. Konsep ini juga masih tetap dipertahankan oleh para petani-petani lain di seputaran Pupuan sini,” imbuh To Shuka.

Dengan jam terbangnya yang panjang, To Shuka, juga orang  tuanya dulu, paham dalam membedakan trotolan jantan atau betina. “Trotolan ring TS bergaransi jantan, bila kelak ternyata jadi betina, kita siap ganti utuh atau ganti dengan trotolan lainnya.”

 

Ingat BREEDING, ingat TWISTER TROTOLAN. Piyik sehat, tidak mudah mati, lebih cepat besar, cerdas dimaster suara burung lain, lebih cepat bunyi. Coba, buktikan, bagikan testimoninya.

Ayo terus beli TWISTER yang cocok untuk burung Anda. Pakai Twister, dobel-dobel untungya, burung sehat dan lebih gacor, bisa mendapatkan ratusan vocher / kupon hadiah langsung tanpa diundi seperti kompor gas, kulkas, sepeda motor, hingga mobil baru.

 

To Shuka juga memberikan pelayanan lebih lainnya. Mereka yang membeli ring TS akan mendapatkan banyak bonus, seperti kaos, kopi hitam khas Pupuan, dan masih ada bonus dalam wujuh yang lain.

Gabungan antara jaminan jantan dan pelayanan yang baik itulah, yang membuat permintaan terhadap ring TS terus meningkat. Kini, agen ring TS sudah tersebar di berbagai wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Semoga anis merah semakin menjadi primadona di lomba-lomba burung, sehingga permintaan pasar meningkat, perekonomian petani anis merah semakin meningkat juga."

 

Tak hanya mencegah dan mengobati burung sakit, Leman’s juga lekas memulihkan kondisi burung. Cocok untuk usia trotol hingga dewasa.

 

To Shuka kembali menyakinkan, bila pemanfaatan atau panen anakan anis merah oleh para petani di Pupuan dan Bali pada umumnya benar-benar dilakukan secara bijaksana. “Kami tetap memperhatikan dan peduli dengan pelestarian. Dalam satu musim tidak semua anakan kami panen semua, sebagian kami biarkan tumbuh jadi dewasa dan menjadi indukan baru.”

Ya, kalau para petani anis merah serakah, misalnya mengambil semua anakan, atau bahkan menangkap dengan jaring hingga kena termasuk indukannya, dalam waktu tak lama juga bakal habis, tidak bisa panen lagi, ya akhirnya mereka sendiri juga yang rugi.

 

ANIS RING TS SAAT TURUN DI LAPANGAN

 

“Sekarang para petani ibarat sudah punya ATM abadi, setiap diambil langsung “terisi” kembali, tinggal menjaga dan merawat saja. Menjaga dan merawat kebun, membiarkan sebagian anakan anis merah tumbuh dewasa dan menjadi indukan baru, adalah salah satu bentuk rasa syukur kami juga. Biar anak cucu kita kelak juga masih bisa menikmati ATM-nya”

Bagaimana dengan masa depan anakan atau trotol anis merah yang telah beralih ke tangan konsumen. Adakah jaminan kelak pada waktunya bakal bisa teler dengan  gaya dan materi yang bagus?

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Cocok untuk indukan, juga untuk meloloh anakan / baby, sehat, cepat bongsor. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

"Kalau masalah teler bagus, materi mewah saya tidak bisa menjamin. Dari melihat bodi pun saya tidak bisa menjamin. Sebenarnya saya lebih percaya ke trah induk bagus dan tidaknya anis merah,” tandasnya.

Masalahnya, trotol kan dipanen langsung dari sarang di kebun, di alam bebas. “Jadi, kami tidak bisa pula mendeteksi atau menandai secara pasti ini loh anakan dari indukan yang kakak-kakaknya dulu keluar bagus-bagus. Yang bisa dilakukan hanya mencoba mengurut dari daerahnya.”

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

To Shuka lantas memberikan contoh pada catatan burung-burung asal Pupuan, termasuk ring TS yang kini menjadi jawara. “Dari nomor ringnya, bisa ditelusuri dapat dari petani yang mana, atau hasil kebun sendiri. Dari situ kita bisa perkirakan indukannya akan kembali bertelur tidak jauh-jauh amat. Sekali lagi, dari sini kita hanya bisa memberikan perkiraan bahwa peluang trah bagus yang lebih besar, bukan memberikan jaminan.”

Dari situ pula yang membuat ada perbedaan harga trotolan, selain melihat tongkrongan atau bodi burung. To Shuka melepas trotolan anis merah pada rentang harga 850 ribu – 1,5 juta rupiah. [irul, maltimbus]

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: to shuka pupuan anis merah bali pengepul anis merah pemanfaatan secara bijak pelepasliaran anis merah mereka bertaruh nyawa demi menjaga kelestarian burung

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp