H. ARIES & MB JHONSON. RAWAT SESUAI KEINGINAN DAN KEMAUAN BURUNG

TIPS H. ARIES BIKIN MB JHONSON STABIL

Mandi Sore, Atur Jadwal Lomba

 

 

 

Jhonson, murai batu andalan H. Aries Adava BF Indramayu, bisa dibilang salah satu dari sekian banyaknya murai langganan juara. Belakangan ini, Jhonsong sedang moncer-moncernya di berbagai gelaran di blok Jabar, khususnya di wilayah III Cirebon.

Terakhir kali tampil, Jhonson sukses memboyong gelar terbaik kelas bergengsi plus dua kali juara II di even Copa Savero 4, di lapang Pasar Gaya Palimanan, Cirebon (10/4). Beberapa pekan sebelumnya, selama dua bulan terakhir ini Jhonson juga sering masuk papan atas.

Jhonson memang memiliki kualitas materi di atas rata-rata. Namun, itu saja belum cukup dijadikan modal untuk bisa tampil stabil dan meraih juara.

“Materi memang sudah oke. Biar burung mau tampil stabil dan bisa prestasi, tentu butuh sentuhan yang berbeda. Sederhana saja sesungguhnya, kita harus memahami karakaternya. Setelah itu, perlakukan sesuai keinginan dan kebiasaan burung.”

Dengan dasar itulah, H. Aries memberikan treatmen mulai harian hingga stelan lomba. Mengawali pagi, jam 5 subuh Jhonson dikeluarkan, dibuka kerodongnya untuk diembunkan. Selanjutnya, diberikan 5 jangkrik. Ketika cuaca mulai terang, Jhonson diangin-anginkan, kemudian dijemur hingga jam 10 pagi.

“Setelah beres jemur, burung diberikan kroto secukupnya. Selanjutnya burung diangin-anginkan sebentar, lalu dikerodong dan dimasukan kedalam rumah,” ujar H. Aries, yang tengah menyiapkan Jhonson untuk berlaga di event bergengsi Ronggolawe “Piala Sumedang”, Minggu (24/4) pekan depan.

Pagi hari Jhonson tidak mandi, karena ia terbiasa mandi pada sore hari, sekitar pukul empat. Perawatan rutin harian berikutnya, setiap dua minggu sekali, hari Senin dan Rabu Jhonson banyak melakukan aktivitasnya di kandang umbaran untuk berolah raga dan memjaga kondisi fisiknya agar tetap prima. Kemudian, dua minggu sekali juga, setiap Selasa dan Kamis Jhonson diberikan cacing sebagai makanan tambahannya.

Selain perawatan harian, untuk menjaga agar penampilannya stabil dan maksimal pada saat bertarung, Jhonson dibiasakan main dua minggu sekali. “Saya tidak pernah memaksakan Jhonson untuk selalu main, meski pun sebetulnya bisa. Saya atur jadwal mainnya dua minggu sekali, sehingga ketika main tampil maksimal,” tambahnya.

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp