LOVE BIRD SURO SELALU PAKAI UNTULAN


TIPS CETAK LOVE BIRD KONSLET

Suro Vs N-Max, Sama-sama Pakai Untulan Tapi Beda Cara

Suro, love bird 300 juta milik Sinyo ternyata pakai untulan. Begitu juga N-max andalan Irawan Ade ZLD, juga pakai untulan. Tapi, caranya yang berbeda. Berikut detail yang dijabarkan Sinyo dan Irawan kepada Burungnews.

Tidak percuma Hezkia Febrianto, atau yang akrab dipanggil Sinyo, membeli Suro 300 juta Rupiah dari Hadist Siswanto yang sama-sama dari Mojokerto. Di berbagai kontes, Suro berhasil mendominasi prestasi puncak.

Seperti di Kontes Special Garda BC di Bumi Garda, Nglele, Sumobito Jombang pada Sabtu, 7 Juli. Suro yang dikawal sendiri oleh Sinyo, berhasil meraih juara I di kelas Love Bird A dan B. Di laga ini, Suro mendapat lawan tangguh, N-Max, love bird biru cobalt yang baru saja lepas paud namun berdurasi maut.

 

 

SINYO DAN LOVE BIRD SURO

 

Meskipun N-Max hanya mampu menjadi runner up Suro, namun intensitas ngekek N-Max sangat rajin dan mencatat durasi mengagumkan. Aksi N-Max ini sempat membuat Sinyo was-was.

"Burungnews harus bisa membongkar perawatan Suro dan N Max, dan ditulis untuk berita lomba Garda ini, agar para pemain love bird yang turun di Garda punya wacana baru. Ini tantangan dari panitia Garda kepada Burungnews," kata H Malik, Ketua Pelaksana lomba Garda BC.

Banyak persamaan antara Suro dan N-Max. Mulai dari tipe konslet, rajin ngekek dan mengandalkan durasi. Soal perawatan pun, ternyata ada kesamaan.

Suro, ternyata love bird jantan, begitu juga N-max. Sama-sama konslet ngunci atau permanen. Dan untuk mencetak konslet permanen, kuncinya terletak pada untulan. Baik Sinyo maupun Irawan sepakat soal ini.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1  dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

Bedanya, untulan Suro dipisah satu sesi sebelum main, atau sekitar 15 menitan. Sedangkan N-Max, dipisah di rumah dan pasangannya tidak dibawa serta ke lapangan. "Tepatnya harus melihat birahinya. Kalau birahi Suro belum maksi, saya pisah satu sesi sebelum gantang. Tapi kalau birahinya sudah stabil, saya pisah dua atau tiga sesi sebelum naik," ungkap Sinyo.

Untuk perawatan harian, Sinyo menyiapkan ruangan khusus untuk Suro dan pasangannya. Yakni ruangan dengan pendingin atau AC, untuk meminimalkan cabut bulu yang jadi kebiasaan buruk Suro. "Sejak pakai AC, bulu Suro tidak rontok lagi. Saya yakin, dengan perawatan ini, Suro tidak akan cabut bulu lagi," cetus Sinyo.

"Karakter love bird beda-beda loh. Cara memakai untulan pada N-Max tidak bisa diterapkan pada gaco lain. Yang susah adalah menemukan karakter. Harus rajin eksperimen dan rajin mencatat. Kalau setelan sudah ketemu, maka cara perawatan itulah yang harus dipertahankan," kata Irawan.

 

 

IRAWAN ADE ZLD DAN LOVE BIRD N MAX

 

Yups, itulah sekelumit perawatan kunci yang membuat Suro dan N-Max mantap di jalur podium. Soal perawatan lainnya, baik Suro maupun N-Max, sama-sama pakai pakan milet putih kiloan. Minumnya pun air mineral biasa atau air galon.

Bagaimanapun juga, kualitas individu burung juga sangat menentukan pencapaian prestasi. Tugas perawat adalah menemukan setingan yang pas agar gaco bisa top form saat digantang. "Jangan sakiti burung, karena love bird itu tipe burung yang sangat peka. Sekali saja kita kasar, maka setiap ketemu kita, ada rasa takut dan mempengaruhi performanya saat digantang," kata Irawan Ade ZLD yang juga breeder love bird dan murai batu dari Nganjuk.

 

 

KATA KUNCI: garda bc suro n-max

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp