AA' TEGUH, PENGEPUL ANIS DAN BREEDING MURAI BERGARANSI SAMPAI JALAN DI LAPANGAN


TEGUH JAYA - BANDUNG

Pengepul dan Breeding Murai Batu, Garansi Jantan dan Mau Jalan Lapang

Bila Anda membeli trotol anis merah dan murai batu, garansi jantan itu sudah biasa. Adakah yang garansinya lebih dari itu, selain jantan, juga ada garansi burung kelak mau jalan di lapangan dan bunyi setelah kurun waktu tertentu?

Bila itu yang Anda cari, ini dia yang berani memberikan garansi lebih. Namanya Teguh Adi Putra atau kerap disapa Aa’ Teguh. Dia adalah pengepul anis merah sejak tahun 2016, yang kemudian juga berkembang menjadi breeder murai batu mulai tahun 202o yang lalu.

 

KANDANG MURAI MILIK AA TEGUH

 

Aa’ Teguh yang masih muda, tinggal Rancaekek, Bandung. Burung-burung yang berasal darinya memakai ring Teguh Jaya atau HK Team. 

Dengan garansi “penuh” yang tidak tanggung-tanggung, trotolan murai batu dan anis merah ring Teguh Jaya semakin banyak diminati dan jadi incaran kicau mania. Garansi yang diberikan memang luar biasa, beda denan yang lain.

 

 

Untuk murai batu, garansi jantan dan garansi jalan lapangan setelah mabung pertama. Bila Anda membeli anis merah, selain garansi jantan, juga ada garansi bunyi paling lama 8 bulan.  

Bagaimana bila jika tidak kunjung bunyi? Aa’ Teguh siap menggantinya dengan yang sudah bunyi. Nah beda sekali kan, sebab kebanyakan pengepil atau breeder lainnya, hanya mau mengganti dengan trotol.

 

INDUKAN MURAI BERKUALITAS

 

Teguh paham kualitas burung, termasuk murai batu. Sudah barang tentu, Teguh tidak asal-asalan memasukkan materi indukan. Memiliki cukup banyak burung yang berhasil diorbitkan, kemudian diseleksi dengan ketat.

Hanya calon indukan yang dianggap memiliki keunggulan dan kelebihan, seperti materi mewah, volume dahsyat, dan tentunya sudah prestasi lapangan, disimpan untuk dijadikan indukan. Selain itu, di tempatnya juga ada banyak indukan spek ekor panjang. Sebagian yang jadi kesayangannya, ada nama Predator jantan 29 cm x betina 15,5 cm; Nuklir jantan 24 cm x betina 15 cm, Hanoman Blorok jantan 23 cm x betina 14cm, dan yang lainnya.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

Sekarang di tempat Aa Teguh sudah ada 19 petak kandang yang sudah terisi indukan, dan akan menambah lagi. Kandang yang digunakan untuk breeding murai batu dibuat permanen, kontruksi kandang tertutup, hanya bagian depan dan atas kandang dibuat terbuka.

Di dalam kandang juga dibuat senyaman mungkin untuk burung. Glodok tempat bertelur, ada pepohonan kecil yang ditempatkan dalam pot. Wadah air untuk mandi burung, ditempatkan di lantai dan harus sering diganti.

 

TROTOL MURAI, GARANSI SAMPAI JALAN DI LAPANGAN

 

Extra foding (EF) seperti jangkrik sangat menentuk,an produktivitas indukan. Setiap hari, Teguh juga memberikan puluhan ekor jangkrik, ditambah sedikit kroto segar dan cacing untuk pasangan indukan yang siap kawin.

Selain itu, dia juga menambahkan beberapa pakan racikan herbal buatan sendiri untuk diberikan ke jangkrik sebelum dimakan oleh burung.

 

 

Anakan yang sudah menetas baru akan dipanen jika usianya sudah mencapai 7 sampai 8 hari, kemudian ditempatkan dalam box atau kotak yang sudah dilengkapi lampu penghangat. Setelah seminggu anakan dipanen, pasangan induk akan kembali memulai produksi lagi.

Dari tahun 2016 sampai saat ini menjadi pengepul anis merah, permintaan pasar semakin melonjak. Untuk mendapatkan trotol anis merah terjamin kualitasnya dan bergaransi resmi, Teguh langsung ke petani di Pupuan Bali.

 

TROTOL ANIS MERAH, SELEKSI KETAT LANGSUNG DARI PETANI

 

Dia sendiri yang memilih atau menyortir trotolan anis merah. Pilihannya pun terbukti tidak meleset, jebolan ring Teguh Jaya sudah banyak prestasi lapangan. Sekadar contoh, beberapa di antaranya Sorondoy Pacul Garut Team, Ramaons HK Jaya SF, B3ko H. Daud, Inova H. Odis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Setiap tahun saat musim trotolan anis merah, saya silaturrahmi ke temen-temen Bali, sekaligus ke petani untuk langsung untuk sortir anis merah. Saya seleksi yang benar-benar bagus, saya menjual anis merah mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen.”

 

 

Aa’ Teguh pun bersyukur, sejak pertama jadi pengepul anis merah hingga saat ini, selalu ada rezeki sampai bisa buat modal breeding murai batu. “Rencana ke depan saya akan membuka sekolah mastering murai batu,” ungkap Teguh.

Meski garansi yang diberikan sungguh tidak tanggung-tanggung, bandrol trotolan anis merah dan murai batu ring Teguh tidak mahal-mahal amat, masih dalam batas wajar. Trotol anis merah tersedia dari harga 1,3 juta sampai 2 juta rupiah, sedangkan harga murai batu dari 3,5 juta sampai 10 juta rupiah. [irul bali, maltimbus]

 

 

KATA KUNCI: teguh jaya breeding murai batu

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp