ANGGOTA SMBF, HIJRAH KE JALAN YANG LEBIH BAIK


SMBF MOJOKERTO

Dari Balap Motor, Suka Alkohol, Ganti Hobi Kicauan

SMBF (Servis Moral Bird Farm/Family), bukan sekedar nama yang dicomot begitu saja. Namun, sesuai namanya, komunitas ini sesungguhnya terdiri dari orang-orang yang suka balapan, suka alkohol, sampai akhirnya berhenti dan ganti menggeluti hobi kicauan setelah moralnya diservis.

SMBF boleh dibilang merupakan komunitas burung kicauan yang cukup lama, tidak saja di Mojokerto. Namun, juga sudah menyebar ke beberapa daerah. Misalnya, di Jombang, Sidoarjo, Lamongan, bahkan Kediri. Di Gresik, ada nama M Syarief atau Wiro Sableng, pengurus gantangan Bolodewo BC, yang berada di Wringinanom, yang gantangannya punya massa fanatik yang selalu datang meramaikan gelaran.

 

ANGGOTA SMBF, BUKAN PEMAIN LOKALAN

 

Di Mojokerto, anggota SMBF merupakan yang paling banyak jumlahnya. Mr Pi’i atau yang di facebooknya bernama Servis Moral, adalah salah seorang dedengkotnya. “Komunitas ini dulunya suka balap motor dan alkohol. Kemudian berganti menjadi hobi kicauan,” ucap Mr Servis Moral.

Di SMBF tidak ada kasta, yang dijadikan satu untuk hobi kicauan. Tidak ada bos atau juragan, begitu menurut pengakuan para anggotanya. Hijrahnya kelompok ini dari yang suka balapan motor dan minuman keras, karena ada beberapa anggota yang mulai sadar bahwa mereka tidak bisa terus menerus begitu jika tidak menyesal nanti.

 

 

Tidak sekedar berniat hijrah dari perbuatan negatif, mereka menurut seseorang juga belajar agama di sebuah pondok milik salah satu orangtua anggotanya. Maka, untuk mengisi waktu yang positif, hobi burung adalah jalan keluarnya. Pilihan terhadap hobi burung sebab hobi ini tidak ada matinya. Jika rajin atau serius dalam merawat burung gaco atau ternaknya, bisa jadi akan mengangkat harga jual dan bisa menutupi kebutuhan ekonominya.  

“Kita sebenarnya sama-sama berniat untuk menampilkan gacoan di arena latber, latpres, sampai even nasional dan yang paling penting adalah seduluran,” ucap Mr Servis Moral.

 

BERSAMA ANGGOTA SMBF GRESIK WAKTU DI EVEN KING BOLODEWO II

 

Ucapan seduluran, bukan sekedar slogan, namun anggota SMBF dikenal akrab bergaul dengan siapa saja atau komunitas apa saja. Dalam perebutan juara umum BC/SF, anggota SMBF bahkan sering sekali membantu komunitas atau duta even yang bakal punya gelaran. Terakhir di even Adhyaksa Feat BnR Mojokerto, Minggu 7 Juli 2019, SMBF membantu mendapatkan poin untuk Duta Memori Majapahit Cup 1.

Soal perlombaan, SMBF juga boleh dibilang bukan jago kandang saja, namun sering pula melabrak even-even besar tidak saja di Jawa Timur, namun beberapa kali pula ke Piala Raja atau Paku Alam.

 

 

“Tujuan kami bukan untuk menjadi pemenang, tapi mengenalkan gaco-gaco kami kepada para kicaumania. Tahulah sendiri, bagaimana kerasnya dunia kicauan di even besar itu,” jelas Mr Servis Moral.

Karena itu, meski tidak menang di even besar, yang terjadi malah ada beberapa gaco anggota SMBF yang justru laku dengan harga yang baik. Ini terjadi karena memang performa gaco mereka baik saat tampil di perlombaan, hanya saja memang belum beruntung. Menyiapkan gaco-gaco yang bagus untuk para anggotanya, lalu menjual dengan harga yang baik itulah tujuan mereka sesungguhnya.

AGENDA & BROSUR LOMBA,  KLIK DI SINI

 

SAAT MEMBANTU  DUTA MEMORI MAJAPAHIT UNTUK MENDAPATKAN JUARA UMUM BC

 

KATA KUNCI: smbf mojokerto

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp