MURAI BATU ALBINO: BETINA, BETINA MATA MERAH, JANTAN

SEPASANG MURAI ANTIK DIHARGAI HAMPIR SATU MILYAR

 

 

 

Burung warna antik, seperti albino, ada yang suka mengoleksinya. Salah satu kolektor yang memiliki cukup banyak koleksi antik adalah Agung Budiman, kicaumania lawas dari Yogyakarta.

Ada beberapa jenis yang ia koleksi. Untuk murai batu misalnya, Agung memiliki tiga ekor. Satu jantan, dan dua betina. Satu betina di antaranya mata merah.

 

ANIS KEMBANG JANTAN

 

Koleksi lainnya ada anis kembang jantan dan betina, kacer albino yang ia beri nama “Kanjeng”, Pleci Albino yang diberinya nama Kharisma, pernah diikutkan pada Beauty Contest PCMI dan meraih juara, ada juga jenis Sanger.

 

ANIS KEMBANG BETINA

 

“Semua koleksi albino saya itu burung lokal Indonesia. Murai misalnya, itu dari Medan. Sanger juga hasil breeding lokal sini,” jelasnya.

Agung Budiman pernah memiliki cendet yang cukup melegenda dan disegani, yaitu Monster. Selain murai batu, juga jenis-jenis branjangan.

Agung juga tokoh plecimania hingga di komunitas PCMI menjabat sebagai Penasehat. Agung masih menyimpan cita-cita hendak menggelar kontes Pleci Internasional. Ia kerap mengikuti kontes pleci di Singapura dan Malaysia.

AGUNG BUDIMAN (KANAN), BERSAMA ANTON YUWONO LBC

 

Maka Agung pun banyak mengoleksi sangkar dan aksesoris. Beragam sangkar dan aksesoris untuk pleci dan burung yang lebih besar seperti kenari, anis merah, dan lainnya yang diimpor dari Cungkok ia miliki.

 

PLECI ALBINO

 

Bagaimana bila ada orang yang tertarik ingin memiliki koleksi Agung Budiman, boleh kah? “Ya boleh saja, tapi ini burung koleksi, kalau memang ada yang benar-benar minat tentu boleh.”

Tapi Agung menggaris bawahi bila itu semua adalah burung koleksi yang menurutnya memang benar-benar antik. “Saya dapatnya juga tidak gampang karena barangnya memang benar-benar langka. Harus sabar dan perlu waktu lama. Saya tidak menawar-nawarkan untuk dijual, bahkan kalau ada lagi yang semacam itu, saya juga masih mau beli lagi,” imbuhnya.

 

KACER ALBINO

 

Lain cerita kalau ada yang cari, minat, dan tertarik dengan koleksinya. “Untuk murai batu misalnya, boleh diambil tapi minimal harus satu pasang. Ambil yang jantan, pilih salah satu betinanya karena ada dua. Koleksi saya yang murai hanya tiga itu. Satu pasang saya hargai 750 juta!” ujar Agung lagi.

 

SANGER ALBINO, HASIL TERNAKAN LOKAL

 

Nah.... Anda mungkin juga kolektor sejati yang tertarik dan enteng saja merogoh kocek sedalam itu? 

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp