SAUNG BRANJANGAN SADANG


SAUNG BRANJANGAN SADANG, CILACAP

Tak Hanya Menikmati Suara Burung, Juga Mengembangbiakkan

Saung Branjangan Sadang (SBS), berawal dari komunitas burung berkicau yang tak semata memelihara, tetapi juga aktif mengembangbiakkan. Hobi burung memang punya peran meningkatkan perburuan, sehingga sejumlah burung yang banyak digemari terancam punah.

Di Cilacap komunitas ini mulai muncul pada awal tahun 2019. Para pecinta burung dari sekitar kota Cilacap seperti mereka semua memiliki kebiasaan mencari burung-burung unggul di lota Cilacap, sehingga kota ini menjadi pusat bertemunya para pecinta burung.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

Berawal dari obrolan ringan beberapa pecinta burung berkicau, komunitas ini mulai terbentuk atas prakarsa beberapa penghobi burung berkicau di Cilacap seperti Pak Yulis Handowo (Ketua), Edi Supriyanto (Pembina), Ito Sage (bendahara). Ketiganya adalah para penggemar burung branjangan.

Mereka kemudian sering mengadakan Kopdar rutin, untuk menjaring para pemula penghobi burung branjangan. Mereka pun bisa sering bertemu saat menggantang, sehingga baik sebelum maupun setelahnya ada waktu ngobrol agar semakin akrab.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Tentu bukan semata ngobrol omong kosong, meskipun dalam suasana santai, juga bisa saling bertukar pengalaman bagaimana memelihara, merawat, menampilkan, dan memahami branjangan yang bagus itu yang seperti apa, baik secara fisik maupun secara performa materi lagunya.

Komunitas kicau mania Saung Branjangan Sadang juga menjalin hubungan dengan komunitas-komunitas kicau mania lain baik masih di wilayah BARLINGMASCAKEB maupun sekup yang lebih luas.

 

 

Jalinan itu semakin luas dan bisa dibilang tanpa batas, karena satu sama lain juga sudah terhubung melalui jejaring sosial seperti whatsapp, facebook, dan lainnya. Anggotanya pun terus tumbuh dan berkembang.

Struktur organisasi Saung Branjangan Sadang tidak mengikat, karena organisasi ini lebih mengedepankan kebersamaan karena kesamaan minat atau hobi.

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Ketua misalnya, tidak semata-mata merupakan penanggung jawab utama organisasi, namun ia lebih sebagai figur yang dihormati oleh anggota dan sering menjadi acuan bagi para anggota dalam berorganisasi.

Adapun bendahara, memiliki peranan dalam hal mengelola keuangan organisasi. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini bisa saja mendatangkan keuntungan, hal inilah yang menjadi salah satu tugas dari seorang bendahara, mengelola dan mengalokasikan keuangan organisasi.

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

Koordinator Lapangan, Om Syamsul, figur yang bertanggung jawab terhadap segala hal mengenai penangkaran dan jual beli burung yang dilakukan oleh para breeder anggotanya. Juga merancang atau melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan komunitas, misalnya mengadakan lomba kicau mania, pameran kicau mania atau pun kegiatan lain.

Kegiatan pendukung itu seperti memproduksi pakan khusus branjangan, krodong khusus branjangan, sangkar branjangan, dan lainnya.

Saung Branjangan Sadang ke depannya juga akan melaksanakan kegiatan yang bersifat peduli sosial baik bagi anggota maupun non anggota. SBS punya motto “ Guyub Rukun, Seduluran Selawase”. [maman, maltimbus]

KATA KUNCI: saung branjangan sadang

BERITA LAINNYA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp