SANGKAR PARALON, IDENYA BERAWAL DARI PARALON BEKAS YANG BERTUMPUK DI PENGEPUL RONGSOKAN

SANGKAR PARALON, KEDAMEAN, GRESIK

Bisa Pesan Sesuai Keinginan, Tahan Banting dan Harga Bersaing

Sangkar paralon belum banyak yang tahu, namun soal kekuatannya melebihi sangkar pada umumnya. Bisa pesan sesuai keinginan, mulai yang diukir macam-macam pun akan diterima, yang penting cocok harga.

Sangkar paralon terus terang belum banyak yang tahu. Beberapa love bird lovers dan kicaumania yang ditanya soal sangkar paralon beberapa di antara mengaku tidak tahu. Harus diakui, sangkar paralon memang belum terlalu dikenal. Konon, yang menekuni sangkar dari bahan pipa paralon ini baru ada Kecamatan Damean, Kabupaten Gresik dan satunya lagi ada Jogjakarta.

 

 

 

 SANGKAR BISA DIUKIR SESUAI DENGAN PERMINTAAN PELANGGAN

 

“Sangkar paralon adalah sangkar yang bahan utamanya dari paralon bekas, bisa pula paralon baru tapi tentu harganya lebih mahal,” ungkap Iwan Didik Siswanto (42), yang ditemui Burungnews.com di rumahnya, di Dusun Tempel, Desa Tanjung, Kecamatan Damean, Kabupaten Gresik.

Iwan mengaku bahwa ide pembuatan sangkar paralon belum lama, sekitar 3 bulan yang lalu. Lelaki yang pernah menekuni pembuatan wadah jam dinding dan ukiran dari batok kelapa ini mengaku idenya tidak sengaja. Waktu itu, ia sedang mengantar istri bekerja dan melihat limbah paralon bekas yang bertumpuk. Dari situlah ia mulai berpikir, enaknya diapakan paralon-paralon yang bertumpuk di pengepul rongsokan tersebut.

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Ide membuat sangkar paralon mulai bergejolak di benak Iwan, yang akhirnya  dipraktekkannya. Dasar keahlian membuat berbagai macam kerajinan membuat Iwan tidak kesulitan dalam mengerjakan pembuatn sangkar paralon. Dari tebok yang merupakan bagian paling bawah sangkar, sampai rangka sangkar, semuanya berasal dari pipa paralon yang dipotong-potong dan ukir sedemikian rupa. Hanya jeruji yang bisa berasal dari kawat atau bambu. Semua dilakukan Iwan dengan manual alias handmade.  

Segala macam model sangkar bisa dibuat Iwan. Mulai dari sangkar perkutut, pleci, love bird, kenari, sampai murai batu yang ukurannya besar.  Model bulat, loncong, sampai kotak pun bisa dibuat Iwan. Untuk yang model kotak, Iwan hanya perlu memanaskan sedikit paralon yang sudah berbentuk bulat, supaya berubah menjadi kotak.

 

TAK HANYA BULAT, TAPI SANGKAR PARALON JUGA BISA MODEL OVAL

 

Iwan mengaku bahwa hasil karyanya selalu terserap pasar. Begitu selesai beberapa buah, diposting di media sosial, tak lama langsung sudah ada yang memesannya. Pemesan sangkar paralonnya yang terjauh menurut Iwan, baru datang dari Malang dan Jogjakarta.

“Saya tahunya di Jogjakarta ada pembuatan sangkar paralon justru dari pemesan saya yang dari Jogjakarta.  Ia pesan kepada saya 10 buah, namun dalam bentuk ambrukkan (belum dirakit) yang nanti begitu sampai akan dirangkai sendiri. Ini lebih ngirit ongkir,” katanya.

 

SANGKAR PARALON, LEBIH KUAT DARI SANGKAR PADA UMUMNYA

 

Iwan menjelaskan bahwa sangkar paralon hasil karya bisa bersaing secara kualitas dan harga  dengan sangkar produk yang sudah terkenal. Bahannya tahan banting dan kalau terjatuh tidak akan rusak. Dan, yang lebih penting bisa pesan sesuai keinginan.

“Pernah ada yang pesan untuk sangkar pleci. Bentuknya eksklusif dan ada ukirannya, begitu selesai diminta untuk tidak diuplood di fecebook atau tidak boleh ada yang menyamainya,” ucap Iwan.

 

 

Iwan mengaku bahwa ia menerima pesanan khusus sesuai dengan gambar dan selera pemesannya. Bahkan, yang beberapa bahannya dari gading pun akan diterima, yang penting cocok di harga.

Meski mengaku bisa mengerjakan segala macam sangkar dari paralon, Iwan mengaku justru yang paling banyak dari jenis sangkar pleci. Untuk sangkar love bird harganya sekitar 320 ribu, pleci 160 ribu-220 ribu, kenari, cucak hijau dan murai sekitar 500 ribu.

 

SEMUANYA DIKERJAKAN SECARA MANUAL PAKAI TANGAN

 

“Harga di atas hanya patokan untuk sangkar polosan, kalau mau yang khusus yang harga sedikit lebih mahal,” pungkas Iwan mengakhiri obrolannya.

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

SEMUA BAHAN DARI PARALON, KECUALI JERUJINYA 

 

 

Kini mengakses burungnews.com lebih mudah dan cepat dengan download/unduh APPS burungnews di PLAY STORE (android) atau bila Anda menggunakan Apple / IOS bisa diunduh dengan membuka GOOGLE PLAY.

KATA KUNCI: sangkar paralon kedamean gresik tahan banting harga bersaing

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp