ROMDON ARS, MUNTILAN MAGELANG: Gairah Trucukan Mania Sudah Meledak-Ledak, Bisa Melempem Karena Wajib Sangkar

Di antara para trucukan mania, nama Romdon dari Muntilan, Kabupaten Magelang, termasuk dituakan. Padahal, ia mengaku masih baru. Romdon mulai menyukai trucukan pada Agustus 2019 yang lalu.

Jagoan milik Romdon memang kerap juara. Hitam Putih namanya. Romdon membelinya dari Ucok, Comal Pekalongan. “Waktu itu burung sudah mulai prestasi, tapi belum semoncer setelah saya pegang,” jelasnya.

Hal yang membuat Rondon tertarik dengan trucukan, antara lain karena nada suara ropelannya. Menurut Romdon, lagu ropel trucukan itu enak  didengar. Wajar bila jadi favorit juga untuk dijadikan master. Apalagi harganya  secara umum relatif masih terjangkau.

 

Apapun problem "bunyi" pada burung Anda, dari mulai MACET sampai hanya mau tampil angot-angotan, berikan MONCER-1, tunggu beberapa hari, langsung JOSS.

 

“Saya juga penasaran dengan pola rawatan trucukan untuk lomba. Tidak selalu mudah, tapi saya juga tidak malu bertanya kepada yang lebih berpengalaman. Pelan-pelan pun ketemu pola rawatan dan stelan lomba yang pas untuk Hitam Putih.”

Hitam Putih kini termasuk salah satu jago yang disegani. Romdon kerap membawanya ke luar kota, bahkan hingga ibu kota Jakarta, dan tetap mampu berbicara banyak.

 

SEBAGIAN CATATAN PRESTASI TRUCUKAN HITAM PUTIH:

  • Piala Sumpah Pemuda Magelang, kelas A dan B juara 2, September 2019
  • Piala Sumpah Pemuda Kulonprogo Yogyakarta, kelas A dan B juara 1, September 2019
  • Piala Sumpah Pemuda Krajan Godean Yogyakarta, kelas A dan B juara 3, September 2019
  • Piala Radja Tembakau Temanggung, kelas A juara 1, Desember 2019
  • Anniversary KTS Semarang, kelas A, B, dan C juara 1 + best player, 2019
  • Anniversari TMJ Jakarta, kelas A juara 3, B juara 1, C juara 1 , + BOB juara 1

 

Romdon juga aktif digaris depan membela kawan-kawan trucukan bila ada masalah. Misalnya terkait dengan antusiasme yang sempat menggebu-gebu mengikuti Presiden Cup, tetapi kemudian surut karena disebutkan ada aturan wajib sangkar.

“Pada prinsipnya teman-teman trucukan mania sangat berterimakasih dan mengapresiasi uluran tangan dari Bang Boy yang akan membuka kelas trucukan di Presiden Cup tahun ini. Semoga situasinya sudah kembali normal sehingga semua bisa berjalan sesuai rencana.”

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Gairah untuk mengikuti gelaran akbar ini pun sangat sangat besar, bahkan meledak-ledak. “Kita yakin kelas ini bakal full peserta. Trucukan mania itu banyak sekali loh jumlahnya.”

Namun, para trucukan mania disebut Romdon langsung bergejolak menyatakan keberatan begitu mendengar informasi kelas ini wajib sangkar. “Harap maklum, kami para trucukan mania rata-rata kan ekonomi pas-pasan, sedangkan harga sangkar baru 800 ribu, belum dengan ongkos ke ibu kota. Banyak jago trucukan yang harganya tidak sampai segitu kok.”

Romdon dan para trucukan mania pun berharap Bang Boy bisa mendengar jeritan hati mereka. “Setahu kami, Bang Boy itu kan orangnya bijaksana, selalu memikirkan dan peduli pada kicau mania akar rumput. Selalu berinovasi bagaimana memjukan dunia kicaumania, bukan sebaliknya. Kesediaan membuka kelas trucukan kami nilai juga sebagai bagian dari upaya untuk menaikan prestis trucukan. Itu sangat kami apresiasi, kami semua sangat berterimakasih dengan upaya besar ini.”

Para trucukan mania berharap Presiden Cup bisa jadi ajang pesta rakyat, dalam artian bisa pakai sangkar bebas. “Biar kami semua kicaumania kalangan ekonomi pas-pasan atau akar rumput bisa ikut berkumpul di satu titik, bisa hepi bersama-sama, tanpa harus terbebani dan terhalang atau ter”lock  down” oleh wajib  sangkar.”

Presiden Cup rencananya baru akan digelar pada bulan Oktober tahun ini, menggunakan 6 lapangan. 4 lapangan wajib sangkar BnR, 2 lapangan wajib sangkar Ebod. Brosur rencananya juga baru akan dipublish pada awal bulan April yang akan datang.

Hal ini ditegaskan oleh Bang Boy pada postingan 16 Maret 2020 yang lalu, bersamaan mengumumkan dibukannya 6 kelas trucukan.  [maltimbus]

 

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

KATA KUNCI: romdon ars trucukan mania trucukan hitam putih bang boy presiden cup 6 trucukan 6 kelas di presiden cup

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp