BAMSOET GELAR LOMBA DI HALAMAN RUMAHNYA. AJAK.KICAUMANIA AKTIF LESTARIKAN BURUNG

ROAD TO PIALA KETUA MPR RI 2022

Halaman Rumah Dijadikan Lokasi Lomba, Bamsoet Ajak Lestarikan Burung Khas Indonesia + VIDIO

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak komunitas pecinta burung terlibat aktif dalam mengedukasi masyarakat untuk mencintai satwa, serta terlibat aktif dalam kegiatan penangkaran burung khas Indonesia. Demikian dikatakan saat saat membuka Lomba Burung Berkicau Road to Piala Ketua MPR RI 2022 di halamam tempat tinggalnya, Blackstone Beach Bali, Minggu (27/3/22).

Menurutnya, melestarikan burung khas Indonesia agar tidak punah adalah kewajiban bersama, apalagi bagi masyarakat yang mengaku sebagai pecinta burung. "Komunitas pecinta burung memiliki peran strategis memberikan edukasi pentingnya menjaga burung khas Indonesia dari kepunahan,” ujarnya.

Bentuk edukasi itu mulai dari hal-hal sederhana, seperti mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan perburuan liar, serta menjaga habitat burung di kawasan alam aslinya.  

 

BAMSOET DIDAMPINGI SEKJEN RGN ASEP DM. EVENT SESUNGGUHNYA DIGELAR DI HALAMAN GEDUNG DPR/MPR

 

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM dan Keamanan ini menuturkan, Lomba Burung Berkicau Road to Piala Ketua MPR RI 2022 diikuti oleh 700 peserta. Secara keseluruhan, ada 32 sesi atau kelas perlombaaan, seperti Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, Kenari, Cendet, Anis Merah, LB Fighter, dan SRDC.

"Burung yang kerap memenangkan perlombaan memiliki nilai ekonomis tinggi. Sampai saat ini burung jenis murai batu yang telah memenangkan berbagai kontes harganya ada yang sudah mencapai Rp 1,2 miliar. Kita harap nantinya nilai jual burung pemenang di gelaran ini bisa pecahkan rekor di atas Rp 1,2 miliar," kata Bamsoet, panggilan beliau, seusai lomba.

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, Indonesia merupakan negara keempat yang memiliki spesies burung terbesar di dunia setelah Kolumbia, Peru, dan Brasil. Tercatat setidaknya ada sekitar 1.812 spesies.

Akibat habitat asli yang mulai rusak ataupun perburuan liar, banyak spesies burung yang terancam punah. Beberapa di antaranya adalah jenis burung berkicau yang menjadi keunggulan Indonesia, seperti Kucica Hutan, Cucak Rawa, Jalak Suren, kacer dada putih (poci) yang habitatnya di Pulau Sumatera, hingga burung kacamata atau pleci.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

 

"Sebagai negara megadiverse atau negara yang memiliki keanekaragaman hayati, Indonesia memiliki tanggung jawab moral agar 1.812 spesies burung, 515 spesies mamalia, dan banyak lagi satwa yang hidup di alam Indonesia, tidak punah akibat ulah manusia,” harap Bamsoet.

Kelestarian lingkungan secara umum termasuk burung-burung yang hidup di dalamnya, memungkinkan para anak cucu kita masih bisa melihat dan menikmati langsung beragam burung khas Indonesia.

 

 

Sementara, Asep DM yang dipercaya mengawal jalannya lomba menambahkan, antusiasme kicaumania Bali sungguh luar biasa. Kemasan lomba juga sengaja dikonsep sederhana dengan membuka satu lapangan, melombakan 32 kelas.

"Berhubung event ini baru tahap Road to Piala Ketua MPR RI, maka kemasan dibuat standar dengan harga tiket ekonomis. Kita bersyukur event tetap meriah dan kondusif, peserta duduk manis dengan suasana nyaman, sambil menikmati pemandangan," ujar Asep DM.

 

 

Ada pun untuk event sebenarnya, Piala Ketua MPR RI, akan digelar Komplek MPR/DPR/DPD RI. Sudah barang tentu, event akan dikonsep kolosal. Asep dan kawan-kawan juga yakin gelaran bakal lebih meriah dibandingkan Piala Ketua DPR RI yang digelar 2 tahun silam.

"Eventnya Insya Allah digelar beberapa bulan ke depan, Agustus. “Tadi beliau Bapak Ketua MPR sudah memberikan arahannya, tinggal nanti kita susun konsepnya. Yang jalas akan buat kolosan dan meriah sekali nantinya. Bersiaplah dari sekarang, nanti pada saatnya setelah semua fik, segera kita publish brosur dan jadwal lombanya.”

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Di blok tengah, sebuah gelaran yang begitu menantang akan digelar pada 24 April 2022. Penjurian dikonsep transparan, para juri harus menuliskan ajuan koncer masing-masing di papan besar yang terletak di 4 sisi lapangan (satu juri  disediakan satu papan), sebelum menancapkan bendera koncer. Panitia akan membuka jenis burung murai batu, cucak hijau, kacer, dan anis merah. [maltimbus, terimakasih Giri Prakosa]

 

BROSUR SOLO FAIR FACTOR, KLIK DI SINI

BROSUR DAN AGENDA LOMBA LAINNYA, KLIK DI SINI

 

VIDIO ROAD TO PIALA KETUA MPR RI DI HALAMAN RUMAH BAMSOET:

 

KATA KUNCI: road to piala ketua mpr ri 2022 piala ketua mpr ri bambang soesatyo bamsoet asep dm solo fair factor

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp