IVAN DAN JOKO DC BERSAMA ANGGOTA MMM, BERPOSE DI DEPAN KANDANG BREEDING IVAN BF


PROGRAM PELIPUTAN MMM-IVAN BF MOJOKERTO

13 Pasang Indukannya Cukup Produktif, Mulai Pikirkan Pemasaran Luar Kota

Ivan BF baru sekitar dua tahun berdiri, namun 19 kandangnya hampir terisi semua dan hasil trotolannya cukup produktif. Selama ini orang tahunya mengenai kandang breeding Ivan BF hanya lewat teman ke teman. Mulai memikirkan pemasaran trotolannya luar Mojokerto itulah yang tengah dipersiapkan anggota Polri yang bertugas di Mapolres Mojokerto tersebut.

Ivan pemilik kandang breeding murai batu Ivan Bird Farm, yang berlokasi di Griya Pekukuhan Asri , Desa Pekukuhan, Kecamatan Mojosari, Mojokerto sebenarnya sudah lama hobi burung kicauan, terutama murai batu. Hanya saja kalau untuk urusan kandang breeding, lelaki beranak dua ini mengaku baru sekitar dua tahun secara serius menekuninya.

 

 

IVAN BF JUGA MASUK DALAM KEANGGOTAN APBN

 

Sebuah rumah berukuran cukup besar, tak jauh dari tempat tinggalnya pun khusus dibeli demi membangun kandang breeding murai batunya. Dua orang karyawan dipekerjakan untuk mengurusi kandang breeding yang mulai terisi semua tersebut. Seorang karyawan konsentrasi full di kandang breeding, sedang yang satu lagi khusus menangani gaco lomba.

“Semua ada 19 kandang, yang terbagi dalam dua blok, yaitu kandang depan dan kandang belakang. Yang sudah berpasangan dan produksi ada 13, sedang yang lain masih berisi betina dan tinggal menunggu jantannya,” ujar Ivan yang gaconya bernama Sasuke beberapa kali merajai gantangan.

 

 

Selama dua tahun menekuni breeding murai batu, Ivan mengaku ada beberapa kendala, namun berkat saling tukar-menukar pengetahuan dengan pengemar murai batu yang lain, terutama anggota KLB dan MMM, kendala itu bisa teratasi.

Demi menjaga kandang agar nyaman dan produktif, Ivan misalnya pernah sampai rela merubah bentuk kandang agar sesuai dengan kondisi alam. “Kandang terkena sinar matahari, air hujan, dan sirkulasi udara yang baik, itulah yang menurut saya kunci keberhasilan sebuah kandang breeding murai batu. Ya, sebisa mungkin sesuai dengan alam,” katanya.

 

JOKO DC (KIRI) DAN IVAN, BAKAL BAHU MEMBAHU MEMAJUKAN MMM

 

Di anggotaan MMM, Ivan boleh dibilang masih baru. Tapi, menurut Joko DC, Ketua MMM, Ivan merupakan salah satu orang yang mempunyai peran penting dalam kesuksesan gelaran 2 Tahun Anniversary MMM, pada 14 Februari 2021 lalu.

Ivan mengakui jika kandang breedingnya yang produktif menghasilkan trotolan selalu terserap pasar meski orang tahunya soal Ivan BF hanya dari teman ke teman. Ivan mengaku jika konsentrasinya selama ini masih seputar pekerjaan di kantor dan belum memikirkan serius soal pemasaran hasil trotolannya.

 

IVAN BF, UNTUK TROTOLAN DILENGKAPI PENGHANGAT YANG SUHUNYA BISA DISESUAIKAN

 

“Beberapa kali bertemu dengan Mas Joko dan anggota MMM yang lain, ternyata saya malah mengenal beberapa anggota yang jago di bidang pemasaran trotolan sampai luar kota yang jauh, ya inilah namanya simbiosis mutualisme, ya mungkin sama-sama merekalah saya nanti akan bekerja sama,” ucap Ivan yang mengaku diantaranya sempat mendatangkan indukan dari trah Senopati milik Berly BF, Arafat BF, dan Renal Tanjung MMS.

Soal gaco lomba, Ivan mengaku mempunyai gaco andalan yang bernama Sasuke. Hanya saja kondisinya saat ini sedang masuk kandang. “Saya ingin mempunyai trotolan keturunan dari Sasuke, ya nanti pasti akan ke lomba lagi Sasuke jika kondisinya memang baik,” pungkas Ivan. [RANTO]

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

TROTOLAN BETINA DI IVAN BF MOJOKERTO

 

SALAH SATU INDUKAN DI IVAN BF, EKORNYA MENCAPAI 22 CM

 

 

 

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: kandang breeding murai batu ivan bf mojokerto

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp