OBAL-ABUL SF. THOLE & SANTET JUARA 1

PPBB POSMA SEMBEGO, YOGYAKARTA

Lomba Tanpa Teriak, MB Thole & Anak Tiri Naik Podium

Tampil beringas dengan suara meledak-ledak, murai batu Thole sungguh menyita perhatian publik yang hadir di gelaran perdana PPBB Posma Sembego pasca libur pandemi, Sabtu 6 November 2021. Sementara murai batu Anak Tiri, burung rusak yang baru datang di Jogja, dipoles satu pekan langsung menyalip.

Kontes PPBB Posma Sembego kali ini ternyata bisa berjalan tertib, tanpa suara teriakan, jauh lebik baik dari gelaran di tempat yang sama sebelum-sebelumnya. Benar-benar hanya suara burung yang terdengar saling bersautan, memperlihatkan kehebatan masing-masing saat bertempur. Apalagi, jumlah pesertanya juga dibatasi, semua kelas menggunakan format 30-G.

“Terima kasih kepada kawan-kawan semua, atas partisipasinya dan telah berkenan menjaga ketertiban sehingga lomba tanpa teriak bisa bisa kita nikmati bersama. Kalau sekarang bisas, tentunya kita upayakan ke depannya situasi seperti ini bisa kembali tercipta, bahkan harus lebih baik lagi. Mohon maaf bila masih ada kekurangan, ” jelas Lilik, ketua panitia kepada burungnews di akhir lomba.

 

TWISTER GOLD, salah satu pakan burung yang disebut paling cocok untuk murai batu, hwamey, anis merah, kacer oleh para kicaumania yang sudah mencoba dan kemudian terus memakainya, termasuk untuk jenis burung pemakan serangga lainnya. Tersedia juga TWISTER SEAWEED, ANTI STRES, MASTER, serta TWISTER TROTOLAN untuk meloloh pemakan serangga dan TWISTER BUBUR untuk meloloh pemakan bijian.

INGAT! Sekarang sudah tersedia kupon/voucher hadiah langsung tanpa diundi dalam kemasan semua varian TWISTER (burung berkicau, lovebird, perkutut, merpati) dan/atau NICE (anjing, kucing). Dapatkan ratusan hadiah menarik seperti kompor gas, kulkas, TV LCD, sepeda MOTOR, hingga MOBIL baru. Berlaku sampai 31 Desember 2021. (Kupon yang baru diterima setelah 31 Desember, tetap berlaku, hadiah bisa diurus lewat kios/agen tempat membeli pakan tersebut)

 

Murai batu Thole milik Angga & Imex dari Obal-Abul SF tampil beringas. Melihat lawan langsung berontak dengan suara meledak-ledak. Gaya kerjanya nekan-nekan sembari memuntahkan irama lagu yang sangat variatif. Suaranya terdengar lantang, pertanda volumenya memang lebih dari cukup. Para juri pun tanpa ragu memilihnya menjadi juara di kelas murai batu A.

Imex dan Angga saat ditemui di pedok, menyebutkan bila Thole burung mudah kerja, asal tidak ada teriakan yang berlebihan atau ada kendaran lalu lalang. Kalau sudah jalan, bongkar lagu habis-habisan dan kerajanya nekan-nekan. “Thole kalau lomba teriak atau melihat mobil lewat, ya langsung tidak mau jalan,” ujar Imex sambil tersenyum.

 

 

Jago Abal-Abul lainnya, kacer Santet juga tak mau kalah. Santet yang turun di kelas kacer B tampil ngotot. Sekali mendapat serangan dari lawan langsung dibalas dengan tembakan suara panjang-panjang.

Santet membawakan irama lagunya merdu, dibawakan dengan speed rapat dan suara keras. Lawan benar-bena dibuat kewalahan untuk membendung serangannya. Keperkasaan Santet membuat dirinya berdiri gagah berada di urutan pertama.

 

 

Kembali kelas murai batu, Anak Tiri milik Ari Krupuk, burung yang baru dibeli dari Pantura satu pekan lalu, langsung menyodok di urutan pertama kelas murai batu B. Ari Krupuk memang bertangan dingin. Jago yang satu ini dibeli dalam kondisi burung rusak, dalam satu pekan di tangan Ari Krupuk sudah mau tampil bahkan langsung juara.

Setingan pakan Anak Tiri memang tidak persis seperti sebelumnya. Ari sedikit memofifikasi, menu jangkrik dikurangi hingga separuh, pemberian kroto yang awalnya full harian, kini dalam satu pekan 2 kali diberikan.

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Setelah dikurangi foodingnya, tiga hari berturut-turut diberikan Moncer-1, beberapa tetes ke dalam cepuk dicampur dengan air. Setelah rutin dicoba, perubahan Anak Tiri memang sangat terlihat berbeda.

“Anak Tiri saya beli dari Pantura baru sepekan, dalam kondisi rusak tidak mau jalan lapangan. Makanya saya dapat harga lumayan miring. Setelah diberikan treatmen dan terlihat mulai ada perubahan menggembirakan, baru bawa lapangan ternyata mau jalan dan juara 1,” jelas Ari Krupuk yang sengaja menurunkan cukup sekali saja.

 

 

Banyak kicaumania yang menjadikan sebagai sarana klangenan, ketemu sesama rekan kicaumania yang sebelumnya memang kerap turun di Sembego, selain menyiapkan dan memanaskan burung untuk turun di berbagai ajang yang lebih besar. Ada Balekambang Kumandang Solo pada 14 November, Piala Raja pada 28 November, kemudian di Semarang pada 12 Desember juga ada gelaran d’Pongs Bird Festival.

Bagi Anda para pembaca burungnews.com, kabar gembira senantiasa disampaikan terus menerus. Saat ini, kesempatan semakin terbuka luas bisa meraih MOBIL, MOTOR, dan ratusan hadiah menarik lainnya, langsung tanpa diundi.

Beli terus TWISTER (burung berkicau, lovebird, merpati) dan/atau NICE (kucing, anjing). Perhatikan baik-baik saat membuka kemasan, siapa tahu Anda yang beruntung mendapatkan kuponnya. Kupon yang diterima setelah 31 Desember 2021 tetap berlaku. [busro]

 

 

ARI KRUPUK. ANAK TIRI DIPOLES SATU PEKAN LANGSUNG JUARA 1

 

LILIK KETUA PANITIA. TERIMA KASIH ATAS SEMUA DUKUNGAN KAWAN-KAWAN

 

Burung yang sebelumnya bunyi tiba-tiba MACET dan memBISU? Berikan MONCER-1 selama beberapa hari, lihat perbedaannya dalam 5-7 hari, dijamin langsung JOSS kembali.

 

AGP KRU. JUARA 1 CENDET

 

JUARA 1 CUCAK HIJAU

 

SERDADU TEAM. JUARA 2 CUCAK HIJAU

 

PERTAMA di Surabaya dan Jawa Timur, lomba menyediakan DUA UNIT MOBIL! Siapkan jagoan Anda, tiket 3,5 juta (36-G) dan 5 juta (24-G). Tunggu brosur lengkapnya.

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: ppbb posma sembego murai batu thole murai batu anak tirii

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp