BUPATI SLEMAN & KA DINAS PARIWISATA DIY

PIALA PAKUALAMAN

Dihadiri Bupati Sleman, Dibuka dengan Sendratari

 

 

Bupati Sleman H. Sri Purnomo, M.Si berkenan hadir dan memberi sambutan pembukaan dalam laga Piala Pakualam 5, Minggu 7 Mei 2017. Dari Kadipaten Pakualaman diwakili oleh Sentono Dalem KPH. dr. Kusumo Parasto.

Acara seremonial dilakukan tepat jam 09.00, diawali dengan tarian sendratari dari Pura Pakualaman. Selanjutnya, penyerahan Tropi Pakualam dari KPH Kusumo Parasto kepada Mr. H. Bagiya Rakhmadi selaku ketua PBI Pusat. H. Bagiya kemudian menyerahkan kepada panitia yang diwakili H. Astono dan H. Samsulhadi.

 

SENDRATARI DARI PURA PAKUALAMAN

 

Mr. Bagiya Rakhmadi dalam sambutan singkatnya mengungkapkan, bila PBI bukan semata organisasi pelomba burung, tapi justru lebih menjadi organisasi pelestari burung. “Kami ingin mewujudkan cita-cita sebagai pelestari burung, bukan semata penyelenggara lomba burung, baik melalu penangkaran, maupun dengan cara melepas liarkan burung-burung yang dilombakan dibarengai dengan upaya memelihara serta menjaga alam yang menjadi habitat burung.”

Sebagai penyelenggara lomba, PBI juga ingin menunjukkan tanggung jawab dan profesionalisme baik dalam penyelenggaraan secara umum, mapun dalam penilaian secara lebih khusus.

 

MR BAGIYA & KPH KUSUMO PARASTO

 

Bupati Sleman dalam juga mengaku menyambut gembira kegiatan lomba burung, kaitannya dengan upaya mempromosikan Kabupaten Sleman sebagai salah satu destinasi wisata, termasuk wisala lingkutan seperti kontes burung berkicau.

Hal itu juga ditegaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY bapak Aris Rianto. Dukungan terhadap even lomba burung dari Dinas Pariwisata DIY bukan kali ini saja, tapi sudah berlangsung rutin dalam beberapa tahun terakhir, termasuk even Piala Raja yang dianggap paling prestise di tanah air.

 

SAMBUTAN SENTONO DALEM KADIPATEN PAKUALAMAN

 

“Kenapa kami bersedia memberikan dukungan secara terus menerus, karena even lomba burung benar-benar mampu mendatangkan tamu dari luar kota dalam jumlah yang siginifikan. Banyak di antaranya juga mengajak keluarga dan rekan-rekannya. Pulang juga pasti bercerita secara getok tular tentang berbagai destinasi di Jogja. Secara promosi wisata, kami nilai sangat berhasi dan efektif.”

Sejumlah karangan bunga ucapan juga tampak berjajar di ara panggung kehormatan. Misalnya dari Topsong pakan burung juara, burungnews.com, Mr. Deko Adipati Samarinda, Sien Ronny SF Surabaya, Mr. Andi – Rejo BF Sragen, dan Mr. Prio AK 47 Bandung.

 

PELEPASAN BURUNG

 

Sampai tulisan ini dibuat, rata sesi baik di lapangan A maupun B dipenuhi peserta. Memang dari sisi penonton, tampak menurun dibanding even sebelumnya. Ya, orang-orang yang menonton tidak tampak sampai sesak, tapi gantangan penuh-penuh.

Kontes yang dipandu MC kondang Samsudi dan Suwarjono ini, berlangsung tertib. Tidak ada saling tunggu, juga senyap tanpa teriakan peserta.

 

 

SUMPAH JURI

 

BUDI BOGEM & ANDRI BOLANG

 

YOGI KUDA HITAM & YOGI NAGA HITAM

 

YONO PLAZA, BAMBANG HONDA, MR BAGIYA, CAHYO MATRIK

 

CUCAK HIJAU, FULL PESERTA

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp