PIALA KRETEK 6

PIALA KRETEK 6 KUDUS | MINGGU, 7 JULI 2024

Semua Kelas 24-G, Hadiah Utuh Tanpa Potongan

PBI Cabang Kudus siap menggelar lomba burung berkicau bertajuk Piala Kretek 6 pada Minggu, 7 Juli 2024 di Museum Kretek, Kudus. Dibatasi hanya 24 Gantangan (24-G), semua kelas hadiah utuh tanpa potongan.

Selain dikenal sebagai Kota Kretek, Kudus juga dikenal sebagai pusat dan gudangnya kicaumania dan burung-burung berkualitas di Eks Karesidenan Pati (Pantura Timur). Dunia perburungan benar-benar tumbuh dan berkembang. Salah satu EO perburungan yang telah diterima oleh pemain-pemain lokal Kudus adalah Pelestari Burung Indonesia (PBI).

 

[adop_konten]

 

BARU... TOPSONG PREMIUM, mengandung enzim alami serangga, burung lebih gacor, daya tahan lebih tinggi. Tersedia TOPSONG PREMIUM ANIS MERAHMURAI BATUHWAMEY (PREMIUM GOLD), LARK / BRANJANGANMINI PELETBEO.

Segera dapatkan di kios langganan Anda, buktikan perbedaannya.

 

Salah satu agenda tahunan PBI Cabang Kudus yang selalu dinanti-nanti oleh kicaumania adalah Piala Kretek. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Piala Kretek 6 yang akan diadakan tahun ini akan menggunakan 1 lapangan.

Lomba akan digelar di lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau, tepatnya di Museum Kretek Kudus. Lokasi yang luas, nyaman, dan teduh tentu akan memanjakan peserta untuk mempersiapkan dan mensetting gaco-gaco andalannya. Sebagaimana lomba-lomba kekinian, pagar lomba berjarak 1 meter untuk peserta dan 3 meter untuk penonton.

 

 

PENJURIAN AJUAN TERBUKA, SISTEM PBI YANG TERBARU

PBI mulai menerapkan penjurian dengan ajuan terbuka. Secara teknis, di akhir penilaian juri akan menancapkan bendera nilai 38 atau bendera mentok, di bawah burung yang ia pilih. Dengan cara ini, ajuan setiap Juri akan terlihat / ketahuan oleh semua peserta.

Pada format 24-G, tiap Juri bisa mengajukan 5 burung yang dapat nilai mentok, pada 36-G bisa menjadukan 7 nilai mentok, dan pada 48-G ajuan mentoknya adalah 8 burung.

Cara penilaian adalah sistem blok dorong, bergeser searah jarum jam. Dengan sistem ini, tidak ada komunikasi dan koordinasi antar juri, atau juri dengan korlap/IP. Semua pilihan dan keputusan juri, sepenuhnya adalah mandiri dan menjadi tanggungjawab pribadi juri yang bersangkutan.

Pada 24-G dan 36-G menggunakan 1 korlap, 48-G menggunakan 2 korlap. Korlap bertugas mencatat apabila juri ada pelanggaran/ bekerja tidak sesuai juknis. Korlap tidak boleh komunikasi dengan juri, apalagi mengarahkan.

Burung yang berhak dapat koncer A atau B, pada prinsipnya adalah yang masuk nominasi. Nominasi ditentukan dari 2 grade/ peringkat ajuan mentok tertinggi.

Bagaimana bila ada lompat grade, misalnya hasil perhitungan bendera 38, hanya ada ajuan 4 dan ajuan 2, tidak ada ajuan 3. Apabila di grade tertinggi (ajuan 4) ada 2 atau lebih burung, maka A dan B wajib ditancapkan di burung grade tertinggi/ ajuan 4. Apabila ajuan tertinggi (ajuan 4) hanya ada 1 burung, koncer A wajib ke ajuan 4, B bisa ke ajuan 2.

Burung yang melakukan pelanggaran di menit-menit awal (2 menit awal), akan dapat bendera peringatan 1, masih layak juara dengan ketentuan burung kinerja dan kualitas di atas rata-rata / nonjol. Bila kembali melakukan pelanggaran, dapat 2 bendera pelanggaran, otomatis lepas dari bendera nominasi.

 

 

JADWAL PIALA KRETEK 6

 

Melombakan total 27 kelas, Piala Kretek 6 akan melombakan burung murai batu, cucak hijau, kacer, cendet, kenari, anis kembang, anis merah, dan cucak rowo dengan bandrol harga tiket 1100K, 550K, 330K, 220K, dan 110K. Mengingat setiap kelas dibatasi hanya 24 Gantangan (24-G), panitia berharap calon peserta segera memesan dan mengamankan tiket sekarang juga. Maklum, semua kelas hadiah utuh tanpa potongan.

Pemenang juga akan mendapatkan tropi berbentuk orang yang sedang menghisap rokok kretek dan gerbang kudus kota kretek, salah satu ikon kota Kudus yang terinspirasi dari daun tembakau sebagai bahan baku pembuatan rokok kretek.

 

TROPI MASKOT PIALA KRETEK 6

 

TROPI PIALA KRETEK 6

 

Selain pemenang di masing-masing kelas, panitia juga akan memberikan penghargaan khusus untuk murai batu ring terbaik, cucak hijau terbaik, cendet terbaik, dan kenari terbaik. Di lomba kali ini juga ada perebutan juara umum SF dan BC.

Pemesanan tiket dapat dilakukan dengan menghubungi Mr. Paejan Dawe [081.947.074.877]. 2 X 24 jam belum transfer, masuk daftar tunggu. Pesanan tiket ditutup pada Kamis, 4 Juli 2024 pukul 24:00 WIB. Pengambilan tiket akan dilayani Sabtu, 6 Juli 2024 pukul 16:00 WIB di Museum Kretek, Kudus. [rilis]

 

KATA KUNCI: piala kretek 6

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp