KETUA DPR-RI BERTEMU JAJARAN RGN

PIALA KETUA DPR-RI

Kicaumania Se-Indonesia Akan Berkumpul di Senayan, Hari Ini Tiket Bisa Diambil

Kicaumania Indonesia bakal memenuhi komplek DPR-RI pada Minggu, 15 September 2019. Bukan untuk demonstrasi, melainkan menghadiri Pameran dan Lomba Burung Berkicau Piala Ketua DPR-RI.

Ini adalah acara Pameran dan Lomba Burung pertama yang digelar di komplek parlemen. Tidak tanggung-tanggung, langsung membuka 3 lapang dengan total 72 kelas/sesi. Hampir semua burung yang biasa dilombakan di tanah air juga dibuka, mulai dari Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, Love Bird, Kenari, Hwa Mei, Jalak Suren, Trucukan, Branjangan, Tledekan, dan banyak lagi.

Menurut Ketua DPR-RI Bambang Soesatyo, Pameran dan Lomba Burung Berkicau merupakan upaya mendekatkan rakyat dengan wakil rakyatnya. Kali ini sasarannya adalah para penghobi burung, setelah sebelumnya ada kegiatan gowes, pesta rakyat, dan pertunjukan musik.

 

 

 

“Ini adalah rumah rakyat, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan positif. Kegiatan yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. Masyarakat juga bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung dengan cara yang santun,” ujar Bambang Soesatyo, Jumat (13/9).

Tak semata lomba burung saja, tetapi juga ada kegiatan pendamping seperti pameran UMKM, baik berupa kuliner ataupun kerajinan tangan. Ada juga pameran burung hasil penangkaran masyarakat yang peduli dengan kelestarian burung Indonesia di bawah naungan Asosiasi Penangkar Burung dan Unggas Indonesia (APBUI).

Kegiatan lomba yang dalam beberapa tahun terakhir semakin masif baik dari jumlah peserta, jumlah penyelenggara, hingga frekuensi, memang sempat membuat kawatir para pemerhati lingkungan.

 

Yang di desa, di kota. Yang ikut lomba atau sekadar didengar suaranya di rumah. Dari generasi ke generasi sudah memakai TOPSONG.

 

Karenanya upaya penangkaran, khususnya burung-burung yang dilombakan bisa menjadi solusi. Tujuannya, penangkapan burung di alam bisa menurun hingga pada saatnya benar-benar bisa nihil, berganti memanfaatkan hasil breeding.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya sosialisasi menjaga kelestarian hutan dan burung. Diharapkan masyarakat sudah tidak lagi mengambil burung di hutan lagi, melainkan membelinya dari para penangkar yang sudah ada,” harap Bambang Soesatyo.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menambahkan, pihaknya juga mengundang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memfasilitasi masyarakat dalam hal perizinan.

 

 

“Nanti akan ada stand BKSDA dari KLHK untuk menerima pengajuan izin pendaftaran burung yang dipelihara atau perizinan mendirikan penangkaran,” sebut pria yang juga Pembina APBUI ini.

Sementara, Ketua Panitia Lomba, Wisnu Muhammad Daya mengatakan, digelarnya event ini tujuannya untuk mengangkat UMKM dan industri kreatif di dunia hobi burung berkicau. Dia mencontohkan pameran dan lomba seni ukir sangkar burung yang turut memeriahkan.

“Di dalam dunia perburungan ini terbukti mampu membuka lapangan usaha dan lapangan kerja baru untuk masyarakat. Sehingga wakil rakyat dapat melihat potensi ini agar dapat dikembangkan menjadi UMKM yang potensial,” kata Wisnu.

 

Burung mau tampil maksi dan stabil di segala cuaca, serta terjaga kesehatannya. Berikan LEMAN'S secara teratur, cukup 1 tetes untuk harian, bisa dicampur pada minuman, atau oleskan pada EF. Sudah banyak yang membuktikannya, jangan sampai ketinggalan...

 

Selain itu, Wisnu juga berharap kicaumania bisa mematuhi segala peraturan yang diberlakukan pemerintah. Tujuannya, agar dunia hobi burung berkicau tetap berjalan dan burung di alam terjaga.

“Seperti diketahui, ada beberapa jenis burung yang dilindungi yang dilarang dipelihara nanti di 2020. Namun pemerintah memberikan kelonggaran untuk mendaftarkannya agar bisa tetap dipelihara. Silakan kicaumania nanti daftarkan burungnya,” ujar Ketua Organisasi Kicaumania (KM) ini.

Wisnu mengungkapkan, event ini bakal dihadiri kicaumania dari seluruh Indonesia. Dari data pendaftaran, tercatat ada peserta dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi.

“Persiapannya sudah 90% selesai, tinggal pelaksanaannya saja. Kami akan berusaha memberikan fasilitas terbaik agar rakyat kicaumania yang antusias datang tidak kecewa,” kata Wisnu.

 

ARIZA PUTRA KETUA HARIAN RGN DAN PRIO SUTRISNO KETUA UMUM RGN

 

Piala Ketua DPR RI ini akan menggunakan penjurian dari Radja Garuda Nusantara (RGN). Sebelumnya RGN sukses menggelar Piala Pasundan, Mahakarya Borobudur, dan Festival Bogor Vaganza.

Ketua Umum RGN, Prio Sutrisno mengaku bangga mendapat kepercayaan menggelar Piala Ketua DPR RI. Menurutnya, pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik dan menerjunkan juri-juri terbaiknya.

“Agar maksimal, kita kerahkan orang-orang terbaik. Khusus kelas love bird jumlah gantangan dibatasi 42 nomor, dan kelas utama dibatasi 25 nomor gantangan,” ungkap Prio.

 

 

Untuk memenuhi antusias komunitas jenis burung tertentu, Prio juga memutuskan menambah 1 lapangan yang tadinya 2 lapangan. Sehingga, dipastikan acara ini akan heboh karena kicaumania se-Indonesia akan berkumpul satu titik.

“Sejak awal dibuka pendaftaran hampir semua kelas tiket sold out. Namun permintaan ditambah kelas terus berdatangan. Sehingga kita tambahkan kelas-kelas untuk memenuhi keinginan komunitas seperti Jalak Suren, Trucukan, Tledekan, Pleci. dan lainnya. Kelas tambahan pun langsung sold out begitu dirilis,” sebut CEO Radja Company ini.

Prio berharap dukungan dari kicaumania Indonesia untuk turut menyukseskan event ini agar menjadi event tahunan. Prio juga meminta kerjasamanya peserta agar menjaga kebersihan dan mentaati segala peraturan yang berlaku di DPR RI.

 

 

“Terima kasih banyak kami diberikan kesempatan menggelar lomba di komplek DPR RI. Ini adalah rumah rakyat Sehingga harus kita jaga bersama agar setiap tahun Kita bisa berkumpul lagi di sini,” pungkas Prio.

Bagi Anda yang sudah pesan tiket, hari ini bisa diambil mulai jam 13.00 di komplek Gedung DPR-RI. Yang belum pun bisa melakukan pembelian langsung selama persediaan masih ada, atau bila ada tiket cancel.

Rencananya, seluruh panitia, team juri, tamu Undangan bahkan juga peserta, akan mengenakan pita hitam sebagai penghormatan tehadap hari berkabung nasional atas wafatnya Prof. Dr. BJ Habibie.

 

BROSUR & JADWAL PIALA KETUA DPR-RI, KLIK DI SINI

KATA KUNCI: piala ketua dpr-ri rgn prio sutrisno wisnu muhammad daya

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp