Peranan Burung Bagi Manusia dan Ekosistem

Apakah Anda makan burung? Jika Anda sudah makan kalkun atau ayam nugget, maka Anda sudah makan burung! Menyediakan sumber makanan adalah salah satu cara bahwa burung sangat penting bagi manusia. Di Amerika Serikat, lebih dari 230 juta kalkun dikonsumsi setiap tahun, dengan hampir 50 juta kalkun dimakan di Thanksgiving.

Peranan Burung

Anda mungkin akrab dengan burung sebagai makanan. Orang-orang selalu memburu untuk makanan burung. Mereka akhirnya menemukan bahwa unggas liar tertentu (bebek, ayam, kalkun) bisa dijinakkan. Penemuan ini menyebabkan perkembangan unggas, unggas yang dijinakkan petani meningkatkan daging dan telur.

Ayam mungkin jenis tertua dari unggas. Ayam yang dipelihara di Asia setidaknya 3.000 tahun yang lalu. Sejak itu, para petani telah mengembangkan unggas lainnya, termasuk bebek, angsa, Ayam Guinea, burung, dan kalkun. Di seluruh dunia, orang mengkonsumsi semua burung tersebut, dan bahkan burung lebih eksotis, seperti burung unta. Hari ini, ayam tergolong sebagai yang paling banyak mengangkat unggas sejauh ini. Petani di seluruh dunia menghasilkan ratusan juta ayam per tahun untuk daging dan telur. Bebek dan kalkun peringkat kedua dan ketiga dalam produksi di seluruh dunia. Bebek yang dipelihara untuk penghasil daging dan telur. Kalkun dibesarkan terutama untuk daging. Dapatkah Anda memikirkan cara lain bahwa burung adalah penting?

Burung dan Manusia

  • Di bidang pertanian, manusia memanen kotoran burung untuk digunakan sebagai pupuk. Kotoran ini memiliki kandungan tinggi nitrogen, fosfat, dan kalium, tiga nutrisi penting bagi pertumbuhan tanaman.
  • Ayam juga digunakan sebagai sistem peringatan dini penyakit pada manusia, seperti virus West Nile. Nyamuk membawa virus West Nile, menggigit ayam muda dan burung lainnya, dan menginfeksi mereka dengan virus. Ketika ayam atau burung lainnya terinfeksi, manusia juga dapat menjadi terinfeksi dalam waktu dekat.
  • Burung memiliki hubungan budaya yang penting dengan manusia. Burung adalah hewan peliharaan yang umum di dunia Barat. Burung sebagai Hewan peliharaan yang umum termasuk burung kenari, burung beo, kutilang, dan parkit. Kadang-kadang, orang bertindak kooperatif dengan burung. Sebagai contoh, orang-orang Borana di Afrika menggunakan burung untuk membimbing mereka untuk mendapatkan madu yang mereka gunakan dalam makanan.
  • Burung juga memainkan peran menonjol dan beragam dalam cerita rakyat, agama, dan budaya populer. Mereka telah ditampilkan dalam seni sejak zaman prasejarah, ketika mereka muncul di lukisan gua zaman dulu. Anak muda mungkin kenal dengan Big Bird, burung kenari sangat besar dari Sesame Street yang terkenal.
  • Bulu juga digunakan di seluruh dunia untuk menjejalkan bantal, kasur, kantong tidur, mantel, dan quilting. Bulu angsa lebih disukai karena mereka lunak. Produsen sering mencampur bulu angsa dengan bulu bawah untuk memberikan kelembutan ekstra.

Burung dan Ekosistemnya

Burung jelas anggota penting dari banyak ekosistem. Mereka adalah bagian integral dari rantai makanan dan jaring makanan. Dalam ekosistem hutan misalnya, beberapa burung mengambil makanan terutama dari tanaman. Lainnya terutama memakan hewan kecil seperti serangga atau cacing tanah. Burung dan telur burung, pada gilirannya, berfungsi sebagai makanan bagi hewan seperti rubah, musang, dan ular. Hubungan antara makan semua hewan dalam ekosistem membantu mencegah satu spesies menjadi terlalu banyak. Burung memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan alam ini. Selain menjadi bagian penting dari jaring makanan, burung memainkan peran lain dalam ekosistem.

  • Burung pemakan serangga. Mereka adalah cara alami untuk mengendalikan hama di kebun, di ladang, dan tempat-tempat lain. Sekelompok burung meluncur melalui udara bisa dengan mudah makan ratusan serangga setiap hari. Burung yang memakan serangga termasuk warblers, Blue Birds dan pelatuk.
  • Burung ikut berperan dalam penyerbukan bunga, itu karena mereka dapat memindahkan serbuk sari dari satu bunga ke bunga yang lain untuk membantu menyuburkan sel kelamin dan menciptakan tanaman baru. Kolibri, sunbirds, dan burung pemakan madu adalah penyerbuk yang paling umum.
  • Banyak burung pemakan buah membantu menyebarkan biji. Setelah makan buah, mereka membawa benih dalam usus mereka dan menyimpan mereka di tempat-tempat baru. Burung pemakan buah termasuk mockingbird, kepodang, kutilang dan robin.
  • Burung sering penting bagi pulau ekologi. Di Selandia Baru, Kereru dan Kokako adalah peramban penting, atau hewan yang makan atau menggigit pada daun, tunas muda lembut, atau vegetasi lainnya (Gambar di bawah). Burung laut menambah nutrisi ke tanah dan air dengan produksi mereka guano, kotoran mereka.

Kosa kata

penyerbuk: Hewan yang mentransfer serbuk sari dari satu bunga ke bunga lainnya.

guano: Feces dan urine burung laut, kelelawar yang tinggal di gua, dan anjing laut.

Ringkasan

Burung sangat penting untuk manusia dalam berbagai cara; mereka adalah sumber makanan dan pupuk.
Burung adalah penting bagi ekosistem dalam berbagai cara; mereka menyerbuki bunga dan menyebarkan benih.


sumber : http://www.sridianti.com/peranan-burung-bagi-manusia-dan-ekosistem.html

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: peran burung

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp