ARY BENDOL & KENARI SAPURATA, SIAP GO PIALA PAKUALAM JOGJA

Mr ARY BENDOL NGANJUK

Kenari Sapurata & Cucak Hijau Sule Go Pakualam, Ini Persiapannya

 

 

Ary Bendol, juragan sangkar ukir sekaligus spesialis pengorbit kenari jawara dari Warujayeng, Nganjuk memastikan berangkat ke Piala Pakualam Jogja, 7 Mei besuk. Sejumlah jago kenari dan cucak hijau disiapkan.

Jago-jago itu sebelumnya sudah moncer dan menunjukkan perfoma terbaiknya. Kenari Sapurata dan cucak hijau Sule, meraih hasil yang memuaskan saat dipanaskan di Deklarasi Panji 14 Cup di Arena Kebokicak Jombang, 30 April.

Sules dua kali juara 1 plus sekali runner up, nyaris hatrik. Ada pun Sapurata menduduki peringkat kedua. Bagi Ary Mbendol, hasil ini sudah bisa menjadi tolok ukur daya saing di even yang lebih besar seperti Piala Pakualam.

Karena itu Ary mengaku tidak punya tips atau persiapan khsusus. Kedua jagoanya sangat fighter. Kapan pun dan ke mana pun dibawa, bisa dikatakan selalu siap. Begitu digantang, selalu tampil.

Diakui Ary, pertempuran dan persaingan di Piala Pakualam memang beda level. “Tentu kita sadar, Jogja, Klaten, dan sekitarnya itu gudanya kenari berkualitas dari sisi materi. Belum lagi jago yang datang dari luar daerah, seperti Bali, Malang, Jakarta, Bandung. Karenanya kalau mau main kenari di sana, tidak boleh asal rajin, asal gacor, asal tampil. Materi lagu juga harus jadi salah satu pertimbangan. Berita baiknya, Sapurata termasuk yang memenuhi spek tersebut.”

Sapurata adalah kenari bongsor berdarah F3. Warnanya termasuk yang disukai banyak kenarimania, kuning bon alias warna cerah. Hariannya, Sapurata selalu dimasukkan umbaran, sekaligus dijemur. Waktu penjemuran ini kurang lebih 3 jam, lihat kondisi.

Untuk asupan pakan jangan berlebihan. Kasih secukupnya, kira-kira pas sampai sore hari. Maksudnya biar kita tidak membuang pakan sisa. Karena pakan mesti fresh terus, tiap hari harus diganti yang baru.

Kalau mau lomba, tiga hari sebelumnya bisa ditambahkan ekstra fooding seperti telur puyuh, kroto, serta buah dan sayur yang diberikan bergantian. Soal sayur harus benar-benar diperhatikan kebersihannya, terutama dari residu obat-obatan.

Kalau kita beli sayur seperti sawi atau selada, dari petaninya sudah sangat sering disemprot pestisida. Untuk antisipasi bisa dicuci dengan desinfektan sesuai dosis. Tentu lebih aman kalau misal bisa menanam sendiri, apalagi bila Anda tinggal di tempat yang berudara sejuk.

Kembali ke even Pakualam, kontes ini akan digelar pada 7 Mei di lapangan Pemda Sleman, lokasi digelarnya Valentine Jogja Vaganza. Pesanan tiket terus membubung, ada yang sudah habis, sebagian lainnya sudah menipis. Anda belum pesan tiketnya, atau sudah pesan tapi belum "diamankan", segera hubungi Abah Yosi di 0817.0422.330.

Para peserta juga banyak yang memburu cenderamata yang sudah disiapkan secara eksklusif. Ada yang tematik Pakualam, ada pula tema umum seperti burung-burung langka. Cenderamata sudah bisa didapatkan pada hari Sabtu saat pengambilan tiket di lokasi lomba. 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

CENDERAMATA PAKUALAM CUP 5, WAJIB ANDA KOLEKSI:

 

KATA KUNCI: ary bendol nganjuk sapurata sule

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp