MR. ANDY DONK, MB SUARA SAKTI, & PIAGAM MURI

MR. ANDY DONK BERDUKA

Sang Legendaris Suara Sakti Tutup Usia

Siapa tak mengenal nama Suara Sakti, murai batu legendaris milik Andy Donk. Namanya tetap diingat meskipun sudah cukup lama tidak turun. Namun, Andy harus menerima takdir, Suara Sakti harus tutup usia pada Senin 7 Mei 2018 jam 14.15, di usianya 21 tahun.

Dalam suasana duka, Mr. Andy Donk mengabarkan hal ini secara langsung kepada burungnews pada Senin sekitar jam 17.53. Di media sosial, berita meninggalkan Suara Sakti juga sudah beredar luas.

 

 

SUARA SAKTI (SS), 18 TAHUN BERKARIER, 200 KALI JUARA 1

 

Mr. Donk sudah memiliki, merawat, dan melombakan Suara Sakti (SS) sejak usia muda, sekitar 2 tahun. Jadi Andy merawat SS selama 19  tahun. Hanya usialah yang benar-benar bisa memisahkannya.

Meski Andy Donk mengoleksi jago tak hanya jenis murai batu, tapi harus diakui namanya berkibar tinggi karena prestasi Suara Sakti. Begitu cintanya, Andy sampai berjanji tidak akan melepas atau menjual SS sampai kapan pun.

Padahal pernah ada yang nawar mendekati 500 juta. Karena tetap bersikokoh tak mau melepas, sampai Mr. Donk ditantang untuk buka harga. Merasa “tidak kuat” terus menerus ada yang menawar, Andy Donk sampai harus memasang iklan di media Agrobis Burung (Agrobur), yang intinya SS itu tidak jual.

 

MR ANDY DONK & MR G, SELAMAT JALAN SS

 

“Waktu itu semua kicaumania hanya baca Agrobur, tidak ada yang lain. Jadi setelah itu, orang baru benar-benar yakin kalau SS memang tidak dijual.”

Kini, sang legenda sudah meninggalkan kita. Nama besar Suara Sakti, akan terus dikenang oleh pecinta murai batu dan kicaumania pada umumnya. Semasa hidupnya, segudang prestasi sudah diraihnya. Baik even regional, maupun nasional di lintas EO.

 

Penghargaan Dari Muri

Sepak terjang Suara Sakti tak perlu diragukan lagi, berbagai gelar juara sudah diraihnya. Kualitas SS yang mumpuni, dengan kestabilan, kemapanan, dan stamina prima yang dimilikinya, membuat SS tetap eksis di papan atas dengan aksi borong juara.

Pujian yang tak pernah berhenti antara lain datang dari Heri IP, eks pebulutangkis nasional juga pelatih nasional yang dikenal sebagai murai mania juga. Setiap kali melihat murai yang dianggap bagus atau juara, Heri biasanya selalu membandingkan dengan SS.

 

ARMADA MR DONK, PERNAH MENGAWAL SUARA SAKTI

 

“Itu burung memang bagus, tapi kalau ketemu SS pas lagi bagus-bagusnya pasti lewat,” kalimat itu kerap dilontarkan Heri IP saat menyaksikan laga murai batu.

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) akhirnya menangkap juga sinyal ada burung legendaris dengan prestasi tak tertandingi. Pada 3 Mei 2009, bersamaan dengan gelaran Gebyar Demokrasi di Candi Prambanan, Muri memberikan penghargaan sebagai peraih juara 1 terbanyak, 102 kali.

 

REKOR MURI, SAAT EVEN GEBYAR DEMOKRASI, 3 MEI 2009 DI PRAMBANAN JOGJA

 

Penghargaan kepada SS, juga datang dari Mr Prio selaku penanggung jawab even Piala Pasundan I Bandung, yang diberikan pada 16 April 2017. Suara Sakti mendapat penghargaan khusus murai batu ekor putih “Legend” yang diserahkan langsung oleh Mr. Prio.

Pada tahun 2015, SS yang sudah meraih juara satu sebanyak 200 kali dipensiunkan dari lomba, dan hanya dijadikan teman hiburan oleh Mr. Donk. Melihat kondisi SS yang masih sehat dan bugar, Mr. Donk berkeinginan untuk memasukkan SS di kandang ternak miliknya.

 

BREEDING menjadi harapan dan masa depan lomba burung di tanah air. Para kicaumania semakin sadar untuk meninggalkan burung tangkapan alam, dan beralih ke burung hasil breeding. Pemerintah juga semakin ketat dalam mengawal regulasi terkait lingkungan hidup.

Ingat breeding, ingat TOPSONG BREEDING. Cocok untuk indukan, juga untuk lolohan basah baby. Tersedia dalam kemasan 1, 5, 10, 15, dan 25 kg. HOTLINE 0813.2941.0510.

 

Menjelang rontok bulu, bulan Oktober 2017 Suara Sakti dicarikan betina untuk dijadikan jodohnya. Setelah memantau dan mencari informasi, Mr. Donk menjatuhkan pilihan betina dari hasil tangkaran Mr. “G” KBM BF Kebumen.

Namun sayang, Tuhan berkehendak lain. Murai legendaris yang kesohor namanya, Senin 7 Mei 2018 telah tutup usia meninggalkan kita untuk selamanya. Selamat jalan Suara Sakti, namamu akan selalu dikenang sebagai murai batu legendaris.

 

PENGHARGAAN DI PIALA PASUNDAN I BANDUNG, 16 APRIL 2017

 

VIDEO KISAH PERJALANAN MR. DONK BERSAMA MB SS, KLIK DI SINI

VIDEO PERTARUNGAN SS TERAKHIR KALI DI IBC JOGJA (22 APRIL 2018), KLIK DI SINI

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: mr. donk murai batu suara sakti

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp