TIM ASIKA CANARY

Menghindari Kenari Mati Akibat Gigitan Semut Merah

 

 

Meski kedatangannya tidak diundang, semut tetap datang untuk mencari makanan. Antara lain sisa-sisa ekstrafooding yang tercecer di lantai, buah ataupun sayur, serta kotoran burung pun bisa menjadi daya tarik. Tapi sebenarnya, semut tidak menyerang burung, hanya mencari sisa-sisa makanan yang tercecer  atau juga mencuri makanan dari wadah pakan. Tapi karena kedatangan semut mengusik ketenangan burung, maka muncul naluri untuk mengusir pengganggunya dengan kemampuan yang ada.

Tentu saja semut tidak akan pergi begitu saja akan memberikan perlawanan. Karena jumlahnya banyak, satu-atau dua ekor semut mungkin bisa menggigit beberapa bagian tubuh burung dan melepaskan racunnya. Gigitan paling berbahaya adalah semut merah, yang bisa mematikan burung-burung berpostur kecil seperti burung-burung finch, prenjak dan sebagainya.

Seekor kenari hanya mampu bertahan hidup beberapa jam saja setelah mendapat gigitan semut merah. “Kenari saya mati setelah digigit semut merah, padahal kenari itu sudah langganan juara satu,” ungkap Agus AF, pentolan tim Asika Canary dari Pondok Wage, Sidoarjo.

Sedia payung sebelum hujan, antisipasi serangan semut dan jangan sampai mengalami kasus serupa yang dialami Agus. Banyak cara bisa diterapkan, misalnnya dengan menyemprot insectisida di setiap lubang semut yang ditemui, membasahi lantai setiap kali akan merawat burung, memakai kapur anti semut, mengoleskan stempet pada beberapa bagian yang mungkin akan dilewati semut dan sebagianya.

 

Lindungi Pakai Kapur Anti Semut.

 

KAPUR ANTI SEMUT

Kapur anti semut sangat efektif untuk mencegah kedatangan semut. Caranya, daerah yang kerap dilewati semut cukup dicoret dengan kapur anti semut, daerah yang sudah dibatasi coretan itu pun tidak akan dijajah semut sampai beberapoa bulan kedepan, selama bekas coretannya masih membekas. Kapur anti semut bisa dibeli di toko-toko pertanian atau juga apotik yang tersebar di banyak tempat.

 

ALAS PELEPAH PISANG

Seringkali tidak disadari oleh pemain untuk mencari tempat yang bebas dari semut ketika meletakkan burung di lapangan saat menunggu jadwal lomba. Padahal, di tanah ataupun digantungkan di dahan pohon, sama-sama tidak aman dari gangguan semut. Tak sedikit burung jawara bernilai jutaan rupiah mati karena keteledoran pemilik memilih tempat yang aman dari semut.

Tips meletakkan biurung ketika berlomba, cari tempat yang rindang dan relatif bersih. Pastikan tidak ada semut yang bisa mengganggu ketenangan burung. Sangkar jangan diletakkan begitu saja di lantai atau tanah tanpa alas samasekali

Agar lebih safe, pakailah kerodong atau koran bekas sebagai alas, atau bisa juga pakai pelepas pisang seperti yang dilakukan Yazid Asika Canary ketika berlomba di Pakde Karwo Cup di Surabaya, Minggu (16/10).

 

Semprot Pakai Obat Serangga Hingga Lubangnya.

 

LUBANG SEMUT DISEMPROT BAYGON

Basmi semut sampai ke lubangnya adalah upaya yang cukup efektif untuk mengantisipasi serangannya. Caranya, cari  setiap lubang semut yang ada di sekitar eumah atau tempat penyimpanan burung, tuangkan ciran insectisida atau baygon cair ke dalam setiap lubang semut yang berhasil ditemukan.

Tapi yangperlu diwaspadai, jangan sampai cairan baygon atau insectisida itu mencemari pakan atau air minum burung. Simpan di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak dan jauhkan dari areal untuk merawat serta menyimpan burung.

 

MINYAK TANAH CEPAT KERING

Minyak tanah juga bisa mengusir semut seperti halnya oli, stempet, kapur semut, dan yang lain. Tapi untuk pemakaian jangka panjang, minyak tanah tidak sebagus antisipator yang lain karena mudah menguap dan mengering.

 

PAKAI OLI , SEMUT OGAH DATANG

Ketika digantungkan di dalam rumah atau tempat penjemuran, gantungan sangkar adalah satu-satunya jalan yang akan dilewati semut. Untuk mengantisispasinya, ada banyak cara. Bisa memakai kapur anti semut yang dicoretkan di sekitar gantungan, mengoleskan oli atau setempet di gantungan sangkar juga efektif mencegah kedatangan semut.

 

Kaki Tempat Jangkrik Di Kasih Oli.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: kenari tips semut merah

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp