LOVE BIRD MERAH PUTIH SUKA CABUL.


MENGATASI LOVE BIRD CABUT BULU

Cabul Itu Karakter, Sulit Disembuhkan, Benarkah?

Banyak yang frustrasi mengatasi love bird cabut bulu atau dikenal cabul. Ditambah lagi, ada EO yang tidak akan menilai love bird cabul meski durasinya hebat. Benarkah cabul sulit disembuhkan? Ini solusinya.. 

Love bird cabul atau cabut bulu sudah bukan pemandangan langka di kalangan love bird lovers. Hampir semua pemain pernah punya gaco cabul. Kebanyakan, gaco-gaco berdurasi hebat punya kebiasaan cabul.

 

 

SEJAK DIKOLONI LOVE BIRD MERAH PUTIH SUDAH TIDAK SUKA CABUL.

 

Mulai dari Suro andalan Hadis Tanoshi yang sudah dipinang Sinyo Hezkia Febrianto dari Mojokerto 300 juta Rupiah, Audi andalan Pram 101 dari Pandawa SF Jombang, Gara andalan Wak Kaji Jaddab dari Mojokerto. Konlet andalan Khoirul Gondrong dari Klewas Klewes SF, Merah Putih andalan Haikal Pratama Jombang yag kini parkir di kandang ternak karena cabul,dan banyak lagi.

Saking susahnya menyembuhkan cabul, banyak yang beranggapan, love bird cabul itu sudah bawaan lahir atau karakter. Seperti takdir yang tidak bisa diubah. "Saya tidak setuju kalau love bird cabul itu dibilang sakit. Kalau sakit, kok bisa koncer setiap hari. Contohnya Suro," kata Hadis Tanoshi.

 

SURO KETIKA MASIH JADI ANDALAN HADIS TANOSHI.

 

Hadis lebih sepakat kalau love bird cabul itu karena karakter. Atau bisa juga karena birahi yang berlebihan. "Kalau gak punya karakter cabut bulu, meskipun didoping atau pakai pakan tinggi protein, tetap saja tidak akan cabul. Cabul itu bisa karena karakter. Dan kalau karakter, sulit disembuhkan. Beda kalau karena birahi, masih bisa diterapi," cetusnya.

Ini senada dengan Wak Kaji Jaddab, pemilik love bird Gara yang prestasi dan reputasinya sudah melegenda. Saking jengkelnya karena tidak bisa lomba di salah satu EO yang menyebut love bird cabul itu burung sakit, ia berkelakar: "Biarlah tidak bisa lomba di EO itu, selama love bird saya punya kepala dan bisa ngekek. Toh, masih banyak lapangan yang menerima love bird cabul."

 

Waktu, adalah cara terbaik untuk membuktikan dan jadi pengadil dengan cela paling kecil. TOPSONG telah melewati waktu yang begitu panjang, sudah teruji dan terbukti menjadi kepercayaan kicaumania Indonesia, pilihan para juara. Anda juga kan?

 

Menurut Lukman "Haikal Pratama", pemain sekaligus breeder spesialis hybrid black cheeked dan nyasa dari Denanyar Jombang, love bird cabul bukan burung sakit. "Beda banget antara burung sakit dan cabul. Soal ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar, para pecinta love bird tentu tahu beda love bird sakit dan cabul," katanya.

Seperti Hadis dan Wak Kaji Jaddab, ia menyebut love bird cabul itu ada dua penyebab. Yang pertama karena karakter, dan yang kedua karena birahi. "Apapun penyebabnya, baik karena karakter ataupun birahi, sama-sama sulit disembuhkan. Kita hanya bisa meredam, tapi ketika bulunya sudah tumbuh subur, biasanya akan cabul lagi kalau terapinya kita sudahi," ungkapnya.

 

SURO SAAT MASIH DI TANGAN HADIS TANOSHI.

 

Terapi? Jadi ini solusi dari love bird cabul? Hadis Tanoshi mencoba meredam kebiasaan Suro yang suka cabul dengan cara dikoloni atau dijodohkan. Wak Kaji Jaddab pun juga begitu. Dan Haikal Pratama punya cara yang sama. "Iya, cara paling cepat untuk meredam kebiasaan cabul ya dengan koloni atau dijodohkan," katanya.

Beda dengan love bird balibu. Biasanya, akibat perawatan mandi jemur yang salah, love bird balibu suka cabul. Apabila salah perawatan ini terus didiamkan, dan membiarkan love bird balibu suka cabul, maka akan jadi kebiasaan yang sulit disembuhkan.

 

SINYO DAN LOVE BIRD SURO.

 

Love bird balibu yang dimandikan sampai basah kuyub, biasanya direnangkan, itu akan memicu cabut bulu. Tapi kalau masih balibu, bisa kita sembuhkan, caranya tidak usah dimandikan sampai bulunya tumbuh kembali. Pemberian pakan yang memicu peningkatan birahi juga harus dihentikan. Cukup diberi milet putih aja," bilang Haikal.

Pakan yang bisa meningkatkan birahi love bird balibu antara lain Canary seed, kangkung dan biji matahari. "Pakan racikan juga bisa memicu love bird cabul. Karena di situ dicampur rempah-rempah dan bahan lain yang tujuannya memang untuk mendongkrak birahi," katanya.

 

 

"Jadi kalau masih balibu tapi sudah cabul,jangan kawatir. Segera redam dengan cara hentikan mandi dan pemberian pakan pendongkrak birahi. Sekitar dua atau tiga pekan, terapi ini bisa menyembuhkan kebiasaan love bird balibu yang suka cabut bulu," lanjutnya.

Tapi untuk gaco dewasa, terapinya hanya bisa dilakukan dengan cara koloni atau penjodohan. "Kalau dibilang menyembuhkan, itu kurang tepat. Yang benar adalah, kita hanya bisa meredam dan menurunkan kebiasaan cabul. Nanti, kalau gaco itu kita mainkan lagi, pasti cabul lagi," ungkap Hadis.

 

GARA ANDALAN KAJI JADDAB.

 

Pemberian kayu manis pernah dilakukan Haikal Pratama. Namun, pemberian kayu manis akan menurunkan birahi gaco secara signifikan. Sehingga gaco itu tidak bisa dipakai lomba untuk jangka waktu tertentu.

Sinyo Hezkia Febrianto punya kiat lain untuk meredam kabiasaan Suro yang suka cabul. Yakni dengan cara dimasukkan ke ruangan berpendingin atau AC, untuk harian di rumah. "Di rumah, Suro saya masukkan kamar ber-AC. Dengan cara ini, cabulnya berkurang drastis. Bulu di bagian dada sudah tertutup," katanya.

 

GARA ANDALAN KAJI JADDAB MOJOKERTO.

 

Sinyo juga tidak berani berspekulasi melepas Suro dari pasangannya, karena sebelum lomba Suro harus kawin dulu agar performanya bisa maksimal. "Suro itu kalau mau main harus kawin dulu. Kalau tidak kawin, durasinya tidak bisa maksimal. Dan kalau dilepas dari pasangannya, Suro akan cabut bulu," ungkapnya.

 

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

KONSLET ANDALAN GONDRONG.

 

Pastikan gaco Anda selalu dalam kondisi terbaik. Berikan Moncer1, asupan paten para juara. Dari Super Kicau Grup yang terpercaya.

 

KHOIRUL  GONDRONG DAN KONSLET LOVE BIRD ANDALANNYA.

BERITA LAINNYA

KATA KUNCI: mengatasi love bird cabut bulu

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp