MURAI BATU JAWARA KETIKA MEMBUKA PARUH

MB JAWARA MILIK H. DURO KEDIRI

Juara 2 dan 3 di Rimba Raya BC, Namun Tawaran Melejit di Angka 50 Juta

Nama murai batu Jawara milik H. Duro dari Pretel BC Kediri kian melambung. Usai meraih juara 2 dan 3 di gantangan Rimba Raya BC, Jawara bahkan sempat ditawar seseorang dengan nilai 50 juta, namun belum dikasihkan oleh pemiliknya. Berikut perawatan Jawara yang ternyata tidak ribet.

H. Duro pemilik murai batu Jawara yang beralamatkan di Dusun Karangdinoyo, Desa Kepung, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengaku belum terlalu lama main murai. Namun, pemuda yang perawakannya biasa saja ini ternyata mempunyai keahlian menyetting murai batu yang baru dibelinya dari keponakanya di Kota Santri Jombang untuk menjadi burung yang handal di lomba.

 

 

 

Bermula dengan mencoba-coba bermain si ekor panjang, kini H. Duro sangat diperhitungkan ketika turun di gntangan yang berada di Pare maupun Kediri. Dijuluki Bos Air mineral di wilayah Pare H. Duro sangatlah low profil. Ia berteman akrab dengan siapa saja.

Tidak hanya sebagai Bos Air mineral beliau juga peternak ekor panjang di rumahnya. Sudah ada 25 kandang dibuatnya. Sekarang masih diisi 5 jodoh, rencana masih memburu gaco lagi untuk dimasukkan di kandang ternaknya.

 

H DURO DAN MAS KRIS JOKI MURAI BATU JAWARA

 

Jawara sendiri dibeli dari dari keponakannya dengan harga yang cukup fantastis setara sepeda motor Honda Beat baru atau setara 20 juta rupiah. “Pada waktu itu, saya memang sudah ada feelling dengan ini sehingga tanpa basa-basi langsung saya beli dan boyong ke Pare Kediri,” ujarnya.

Benar saja, tidak lama setelah berada du tangan H. Duro murai batu yang diberi nama Jawara itu langsung menunjukkan bakatnya. Dibawa di latber dan latpres di sekitaran Pare, Jawara langsung meraih beberapa juara.

 

 

“Perawatan Jawara tidak ada yang ribet. Pagi dengan menu jangkrik 5 pagi dan 5 sore, serta dikasih pur sirpi. Mandi pun hanya usai lomba saja karena birahi terbaiknya seperti itu. Tanpa setingan yang khusus ketika naik gantangan, hanya di tambah uler hongkong 3 terhantung lihat burungnya,” ucap H. Duro sambil tertawa dan santai.

Prestasi yang diukir Jawara sangatlah banyak, dari kelas latber sampai dengan cup. Kini para Bos besar sedang menggebu-gebu memilikinya, tapi H Duro masih sayang melepas burung itu.

 

KANDANG TERNAK H DURO

 

Jawara menurut H.Duro punya tonjolan cililin, love bird, kapas tembak, dan kenari yang disambung berulang-ulang.

“Burung masih muda dan memiliki bakat yang luar biasa serta dilengkapi gaya yang aduhai. Banyak yang melamar Jawara dengan tawaran melebihi dugaan,  kemarin waktu bermain di Rimba Raya BC masuk no 2, 3, namun sudah ada yang berani melamar dengan harga 50 juta. Tapi pemiliknya, yaitu H. Duro tidak mau melepasnya kalau tidak laku 80 Juta,” cetus Kris yang sebagai jokinya.

 

 

Prestasi tiap minggu terus diukir Jawara. Rencana H Duro memakai burung ini buat teman jalan-jalan diluar Kota bahkan Untuk event sekelas SHR BC dan SMM bakal beliau datangi untuk mengetes seberapa kuatnya di even teratas Wilayah Jawa Timur. (ANGGA)

AGENDA & BROSUR LOMBA, KLIK DI SINI

 

 

KATA KUNCI: mb jawara h. duro kediri rimba raya bc

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp