ANAKAN KACER MASIH DALAM PEMBESARAN

MASCOT BF

TANGKAR KACER JUARA, ANAKAN LARIS MANIS

Selain sukses sebagai breeder murai batu terbesar di Jabodetabek, Mascot Bird Farm milik Kurnia WS yang kesehariannya ditangani Basuki ternyata sukses menangkarkan kacer. Tidak kurang dari 6 pasang indukan kacer yang produksi, selain 100 kandang murai batu.

BASUKI DI KANDANG KURNIA / MASCOT BF

Sudah setahun Kurnia menangkar kacer. Puluhan ekor anakan sudah diproduksi. Bandrolnya lumayan, antara 2,5 – 5 juta rupiah per ekornya, umur makan sendiri atau sekitar 2 bulan.

Anakan kacer dari Mascot BF sudah tersebar luas di Jabodetabek. Produknya memang laku keras. Sebabnya, ada beberapa kandang yang memakai penjantan burung eks juara. “Salah satunya Dewa Langit, burung ini dulu sering jawara. Anakannya banyak diinden.”

ANAKAN KACER SIAP DILEPAS KE PASAR

Tiga tahunan yang lalu, Dewa Langit masih menjadi andalan Kurnia di arena lomba. Sudah banyak juara diraihnya, dan melesatkan nama Kurnia sebagai kacermania yang disegani. Sampai akhirnya volume suaranya agak terganggu.

Dari situlah awal mula Dewa Langit masuk kandang ternak. “Anakan Dewa Langit yang lebih mahal, 5 juta, tapi juga malah yang paling laris, harus inden dulu,” tandas Kurnia.

 

 

TEKNIS SAMA DENGAN MURAI

Secara teknis, menangkar kacer tidak beda dengan murai. Mulai kontruksi kandang, proses penjodohan, dan lingkungan serta suasana kandang.

Material kandang menggunakan bahan dinding batako, dilengkapi pepohonan yang menyerupai taman kecil di atas lahan ukuran masing-masing setiap petak kandang lebar 1,5 meter x panjang 2 meter x tinggi 3 meter.

Mengantisipasi panas, lantai kandang sebagian dipleseter berlapis pasir. Bilamana musim kemarau, untuk mengurangi cuaca panas, di bagian atas dialirkan paralon yang berfungsi menyemprotkan air ke seluruh atap kandang.

Bak mandi dan kotak sarang menggunakan  box dari papan triplek. Penempatan bisa di pojok bagian atas. Bak mandi yang terleak di lantai kandang, diberi saluran air, sehingga praktis mengisi dan membersihkannya.

 GELODOK DARI BOX TRIPLEK. PERHATIKAN PENEMPATANNYA

Pakan harian dengan ekstra fooding cacing dan jangkrik. Jangkrik dikasihkan di bak sebanyak-banyaknya, biarkan burung makan semau dia, dengan selingan cacing.

 

PENJODOHAN

Kacer betina dimasukkan dalam sangkar, kemudian sangkarnya dimasukkan ke kandang ternak. Sang pejantan dibiarkan bebas. Pantau  terus, sampai keduanya saling mengenal, akrab, dan sering mendekat ke sangkar betina. Setelah yakin jodoh, betina bisa dilepas dari sangkar kecil, tetapi tetap harus diawasi. Kalau salah satu tampak lebih agresif, ulangi lagi ke langkah awal. Kalau dalam satu dua hari tampak aman, bisa diteruskan.

 PASANGAN INDUK DARI EKS JUARA, ANAKAN HARUS INDEN

Pasangan akan segera menyusun sarang dan selanjutnya produksi. Anakan dipanen dari kandang setelah umur di atas 5 hari. Umur 2 minggu, anakan dipasangi ring, dengan kode Mascot. Di usia ini anakan ditempatkan di boks khusus dilengkapi lampu penghangat.

Asupan untuk piyikan diberikan hingga makan sendiri, yaitu jangkrik halus diselingi adonan voer berikut kroto bersih. Usia melewati 2 bulan atau sudah bisa makan sendiri, anakan sudah mulai dipasarkan.

Anda ingin tahu lebih jelas, silakan datang ke farm Mascot di Jl Tugu Jaya No. 35, Kampung Serap, Depok Jawa Barat. Pin BB 7C1C1DFC,  HP 082113322808

 

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp