LOVE BIRD NYILET ATAU SANGAT KURUS

LOVE BIRD NYILET

Temukan Penyebab dan Solusinya di Sini

Love bird nyilet atau sangat kurus biasanya ditandai dengan tulang dada menonjol atau lancip tidak berdaging, kotoran berair atau mencret, berwarna putih dan nempel di sekitar dubur. Yang pasti, burung terlihat lesu dan kalau dibiarkan bisa mati.

Saat ini, bisa dibilang tidak sulit untuk menemukan love bird nyilet. Karena, tidak adanya lomba membuat sebagian pemilik tidak care lagi dengan love bird kesayangannya. Kebanyakan terjadi di kandang breeding.

 

 

Sebagai obat, terbukti efektif. Sudah sering mampu mengatasi kondisi kritis, apalagi cuma sakit "biasa". Di saat perubahan musim dari kemarau menuju penghujan seperti sekarang, juga sangat baik untuk mencegah dan menjaga agar burung tetap sehat dan selalu dalam kondisi fit, siap tempur. Bisa diberikan secara rutin 2-3 hari sekali sesuai kebutuhan. LEMAN'S, satu-satunya obat burung dengan formula + vitamin.

Lemans bisa dibeli lewat bukalapak, tokopedia, atau hubungi 08113010789, 0822.4260.5493, 0857.3383.888 (Jatim Tapalkuda), 0813.2880.0432 (Jogja dan sekitar), 0815.4846.9464 (Solo Raya dan sekitar), 0813.2799.2345 (Banyumas dan sekitar)

 

Karena daya beli love bird relatif lesu, harga anakan yang relatif murah, membuat pemilik kurang intens dalam merawat. Box breeding atau kandang breeding dibiarkan kotor dan tidak terurus. Inilah biang utama penyebab love bird nyilet, selain karena adanya penyakit lain seperti snot, dan lain-lain.

Cara untuk mengobati love bird nyilet, pertama-tama ambil burung dari dalam box breeding, dan dimasukkan ke sangkar soliter atau sangkar kapsul agar bisa dirawat secara intensif. "Box sangkar harus dibersihkan, disabun dan disikat agar kotoran yang menempel hilang," kata Cak Nun Tubles, breeder love bird eksotik dari Jombang.

 

CAK NUN TUBLES BREEDER LOVE BIRD WARNA MEWAH

 

Sedangkan cara menangani love bird yang terlanjur nyilet, kata Ainun, pada malam hari pakan dan minum harus dikosongkan atau diambil. Pada pagi hari burung diberi obat cacing. "Bisa combatrin atau obat cacing untuk unggas yang banyak dijual di pasar burung," katanya.

Langkah awal harus diberi obat cacing, karena kebanyakan love bird nyilet disebabkan oleh parasit ini. Pada penanganan awal ini tidak perlu diberi obat burung seperti Super N, Lemans dan lain-lain, karena yang harus dihancurkan adalah cacing dulu.

 

Hari ini belum pakai TWISTER? Segera merapat di kios-kios / agen terdekat, bila belum ada mintalah untuk menyediakan, biar Anda dan para kicau mania lainnya lebih mudah mendapatkannya. Coba dan buktikan kualitasnya, dan berikan respon melalui hotline 08112663908.

 

 

Setelah sehari pemberian obat cacing, baru bisa diteruskan memakai obat lain yang berguna untuk meningkatkan imunitas burung. "Biasanya saya pakai Lemans untuk mengobati burung sakit. Setiap hari semua burung juga saya beri Lemans satu tetes untuk menjaga agar tidak terserang penyakit, dan nafsu makannya tetap lahap," lanjut Cak Nun.

Burung yang nyilet tidak boleh diberi pakan sayur seperti jagung, kangkung, bayam, dan lain-lain. Ini dimaksudkan agar burung tidak mencret. Pakan yang disarankan adalah biji kenari sit atau harver yang relatif mudah dicerna.

 

PENYEBABNYA BISA KARENA KANDANG KOTOR

 

"Pada kasus burung nyilet, umumnya nafsu makan love brid sangat berkurang. Akan tetapi, jangan sampai burung ini dispet seperti saat meloloh piyikan. Biarkan burung makan semaunya. Biasanya setelah diberi obat cacing dan diteruskan dengan obat untuk meningkatkan imunitas, burung mulai mau makan meski sedikit," jelasnya.

Burung yang nyilet perlu perhatian khusus. Perkembangannya harus dipantau minimal sehari tiga kali. Dan bila burung sudah mulai doyan makan, penjemuran bisa mulai dilakukan, tapi tidak boleh lama. "Paling lama hanya lima menit, dan itu harus pada pagi hari sekitar jam delapan pagi," katanya.

Bila sudah terlihat sembuh benar, nafsu makan mulai lahap, mulai berikan sayur. Bisa jagung atau kangkung. "Saat inilah burung mulai dimandikan. Kotoran di sekitar dubur harus dibersihkan pakai sabun agar tidak ada kotoran yang lengket," pungkas cak Nun. [RAFF]

 

 

KATA KUNCI: love bird nyilet

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp