PENONTON BERDESAK-DESAKKAN, JANGAN ABAIKAN KEBERSIHAN, SERING CUCI TANGAN DENGAN SABUN

LOMBA BURUNG MERIAH LAGI

Kebersihan dan Kesehatan Jangan Diabaikan

Beberapa tahun lalu, saat pandemi menerpa, kita sebagai masyarakat di berbagai belahan dunia sempat mempunyai kebiasaan baru, dalam rangka menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Kebiasaan tersebut mulai jaga jarak, menghindari sentuhan langsung, memakai masker, dan membersihkan tangan hingga seluruh tubuh dengan sabun secara periodik.

Seiring dengan hilangnya pandemi, kebiasaan baik tersebut juga mulai ditinggalkan hampir secara keseluruhan. Sesungguhnya, beberapa hal terkait menjaga kebersihan dan kesehatan, tetap penting dan tidak boleh ditinggalkan, mengingat risiko terganggunya kesehatan untuk diri kita sendiri, keluarga, dan lingkungan yang lebih luas, tetaplah ada.

Hal ini antara lain disampaikan oleh Robert Pantau, kicau mania yang juga pemilik klinik kecantikan dan kesehatan tubuh LBC. Robert mengaku sering merasa miris dan kawatir, sebab kerap melihat para kicaumania benar-benar mulai meninggalkan beberapa kebiasaan yang seharusnya tetap dilakukan, baik ketka ada atau tidak ada pandemi.

 

 

Kebiasaan dimaksud, seperti yang paling sederhana adalah cuci tangan lebih sering dengan cara yang benar. Cuci tangan yang benar, tidak sekadar dibasuh, digosok, lantas dibilas dengan air saja. Penggunaan sabun tangan atau hand wash, sangatlah penting dan menjadi bagian tak terpisahkan, untuk memastikan kuman yang nempel bisa hilang.

“Di lapangan, sekarang semakin ramai. Kita sudah tidak menjaga jarak lagi, sudah kerap bersentuhan secara langsung seperti salaman atau jabat tangan. Belum udara juga tidak bersih-bersih amat, di musim kemarau ini banyak berdebu. Coba perhatikan kalau keringat bercucuran, campuran debunya terlihat jelas sekali. Berdekatan, bersalaman, boleh-boleh saja, tapi secara periodik perlu membersihkan tangan kita dengan cara yang benar, bukan semata kalau hendak makan atau minum saja, atau mau sholat saja bagi yang muslim.”

Dengan terus menjaga kebersihan, apakah itu tangan atau tubuh kita secar keseluruhan, risiko terhadap gangguan semakin kecil. “Itu sesungguhnya bukan hanya kepentingan diri kita saja. Pada saat yang sama, kuga menjaga keluarga kita, sahabat atua teman kita, tetangga dan lingkungan kita yang lebih luas. Jadi kebiaasaan membersihkan tangan dan tubuh kita secara periodik dan pada kondisi tertentu dilakukan lebih sering, adalah hal yang sangat mulia.”

Apa yang perlu dilakukan, adalah dengan selalu sedia dengan perangkat pembersih tubuh, setidaknya hand wash atau sabun (cuci) tangan. Sekarang banyak produk tersebut dalam kemasan yang kecil dan praktis, bisa dan mudah dibawa ke mana-mana.

LBC misalnya, sekarang juga memiliki produk yang bisa dibeli secara terpisah, baik secara off line di outlet LBC yang sudah tersebar di banyak kota, maupun lewat marketplace secara online, seperti tokopedia maupun shoope. Produk dalam keluarga LBC Traveling Day, antara lain terdiri dari hand wash, body shower, shampo, body lotion. [adv]

 

KATA KUNCI: robert pantau lbc cuci tangan sabung tangan hand wash jangan abai kebersihan tubuh saat lomba burung

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp