H. BIRLY & MADOS MENGAPIT DEWA AMOY DAN OBAMA


LB DEWA AMOY DI PIALA PAKUALAM

Raih Kuatrik & Banyak Menuai Pujian, Ini Cara Merawatnya

Banyak love bird mania di blok tengah dan timur baik yang ada di lapang maupun hanya membaca hasil lomba pensaran dan bertanya-tanya. Siapa itu Dewa Amoy, nama yang sepintas masih cukup asing. Lawannya jauh lebih mereka kenali, karena kerap juara di kawasan blok tengah, timur, bahkan juga di blok barat.

Kalau Dewa Amoy bisa juara 1 sampai 4 kali di even sekelas Piala Pakualam, tentu itu bukan burung biasa. Di Pakualam, yang harus dihadapi memang burung-burung yang kerap juara dan sudah telanjur punya nama besar. Sekadar punya materi bagus saja tidak cukup, sekadar tampil apik juga masih kurang.

 

 

DEWA AMOY. CANTIK WARNA DAN GAYANYA, RAJIN, DURASI PANJANG, VOLUMEN TEMBUS.

 

Untuk bisa juara harus merupakan perpaduan dari banyak unsur. Materinya bagus, tampilnya juga maksimal. Cukup? Belum, masih perlu satu faktor lagi, yaitu hoki atau dewi fortuna. Semua hal itu sepertinya memang dimiliki H. Birly dari Pekalongan yang menurunkan Dewa Amoy dan Obama.

Hampir semua burung terbaik memang turun dan bertarung di sini. Jadi, kalau ngedrop sedikit saja penampilannya, hasilnya bisa berubah. Harus bentul-betul tampil ngotot, tanpa lelah, dan mengeluarkan materi terbaiknya. Dengan dukungan dewi fortuna, kesempatan menang pun jadi terbuka lebar.

 

OBAMA IN ACTION. HARIAN BERDUA DENGAN PASANGAN, TIAP PAGI MANDI SENDIRI.

 

Minggu, 6 Mei 2018, sepertinya memang lagi jadi harinya H. Birly yang mengibarkan bendera Bipuzz SF. Dua jagonya menang secara meyakinkan. Love bird Dewa Amoy merebut juara 1 sebanyak 4 kali, ada pun Obama mencuri sekali juara 1. Poin yang begitu penting untuk mengantarnya merebut juara umum SF, sekaligus mencatatkan rekor sebagai “pendatang baru” yang langsung melesat dan merebut juara SF.

Penampilan Dewa Amoy memang luar biasa. Pengakuan ini datang juga dari para lawannya. Sebut saja Ferry Yong – Kurnia BF Banjarnegara. Jarang loh, om Ferry melayangkan pujian yang tegas dengan nada superlatif.

Dalam komentar atas postingan hasil Piala Pakualam di fanpage burungnews.com, Ferry mengatakan secara terbuka. “Dewa Amoy memang sangat layak merebut juara.” Bukan hanya layak, Ferry menambahkan kata ‘sangat’. Seuatu yang menunjukkan dan menekankan ada keunggulan, kelebihan, bahkan tak berlebihan disebut istimewa.

 

SUDAH SAATNYA JAGOAN MAU TAMPIL MAKSI. Gunakan Moncer1 dari Super Kicau, asupan paten para juara. Bisa diberikan dengan beragam cara, bisa teteskan langsung pada paruh (bila burung terbiasa dipegang tangan), teteskan pada minuman, oles dan campur dengan makanan atau EF, atau suntikkan pada EF seperti jangkrik.

Untuk tahap awal, berikan setiap hari selama sepekan. Lihat dan perhatikan perubahan yang terjadi. Selanjutnya bisa diberikan mulai H-2 atau sesuai kebutuhan. HATI-HATI BARANG TIRUAN.

 

 

Para love bird mania tentu sangat mengenal Ferry Yong. Baik sebagai peternak, penyeting, maupun pelomba. Sebagai sesama peserta, Ferry tentu mencoba mengamati dan membandingkan lawan-lawannya, temasuk Dewa Amoy. Ferry paham pakem love bird, dan bisa menilai burung mana yang layak juara dan tidak.

Selain sangat rajin nyaris tanpa jeda, burung warna biru ini punya gaya nyeklek yang menawan, durasinya panjang, volumenya tembus. Soal stabilitas, bisa juara sampai 4 kali melawan burung-burung mumpuni sudah lebih dari cukup membuktikan. Komentar spontanitas dari Ferry Yong juga menjadi salah satu bukti objektivitas.

 

JUARA SF BERKAT POIN PENTING DARI LB DEWA AMOY & OBAMA

 

Lalu, siapa itu Dewa Amoy (juga Obama). Apakah itu burung lawas dan terkenal yang ganti nama, kok seakan tiba-tiba datangnya, lalu tampil begitu memukau, dan memborong juara? 

Dua jago itu dibeli H. Birly dari Mados, salah satu kepercayaan dari H. Fitri BKS di Jakarta. “Awalnya, beli Obama dulu sama aku. Terus merasa puas dengan kualitas dan penampilannya, beli lagi Dewa Amoy,” ujar Mados kepada burungnews.com.

Di tangan Mados, keduanya sudah kerap merebut juara di blok barat, dan kerap menyumbangkan poin penting untuk H. Fitri BKS. “Saya tak hapal berapa kali juaranya, banyak lah. Yang jelas, itu bukan burung yang tiba-tiba juara. Sebelumnya sudah berproses cukup panjang, sekarang bisa dikatakan sudah cukup matang.”

Di Piala Pakualam, Mados memang secara khusus datang ikut mengawal dua jago tersebut. Kehadirannya tak sia-sia, selain dua jago yang berasal darinya tampil apik dan menuai banyak pujian, sekaligus juga mengantarnya sebagai juara umum SF.

Bagi H. Birly, merebut juara SF di Piala Pakualam adalah hal yang sesuatu banget. Sesuatu yang agak sulit dibayangkan sebelumnya. "Senang sekali pokoknya, sekarang tambah semangat. Selain jago-jago yang sudah ada, juga mulai mantau-mantau buat memperkuat amunisi, pengin berprestasi lagi di laga-laga akbar berikutnya," ujar H. Birly.

 

 

Materi dan stabilitas burung Mados memang di atas rata-rata. Kemampuan mengendus, lalu merawat dan nyeting burung dari Mados juga tak main-main. Demikian juga dalam hal menjaga kepercayaan. Buktinya, H. Fitri BKS saja sangat mempercayainya.

H. Birly pun tak sayang merogoh kocek dalam-dalam, karena memang sudah mengecek juga baik materi maupun stabilitas penampilannya. “Ya H. Birly harus mengeluarkan dana yang cukup fantastislah, tapi berapa persisnya biar kami berdua saja yang tahu. Yang jelas itu sepadan dengan kualitasnya. Alhamdulillah, beliau juga puas dengan Dewa Amoy maupun Obama.”

Bagaimana dengan perawatannya. Mados menyebutnya simpel, tidak neko-neko. “Masalah hati harus nyambung, itu tentu lah karena barang hidup, punya nyawa. Pemilik, perawat, dengan burung mesti ada rasa saling sayang.”

Di rumah, setiap pagi keduanya mandi pagi. Mandi sendiri dengan menaruh cepuk di sangkar. Kesehariannya, baik Obama maupun Dewa Amoy selalu satu sangkar dengan betinanya.

Betina baru dipisahkan di lapang, lalu mandi lagi. Jemur sebentar, setelah kering lalu krodong, tinggal gantang.

 

BERITA TERKAIT :

KUATRIK DEWA AMOY ANTAR BIPUZZ SF JUARA UMUM, KLIK DI SINI

DATA JUARA PIALA PAKUALAM, KLIK DI SINI

 

KATA KUNCI: h birly pekalongan bipuzz sf love birdf dewa amoy love bird obama piala pakualam mados

MINGGU INI

AGENDA TERDEKAT

Developed by JogjaCamp